alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Seminar 'Kiri' di Universitas Negeri Malang Dibatalkan, Ini Ceritanya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf3b6fd44f9f0f508b457c/seminar-kiri-di-universitas-negeri-malang-dibatalkan-ini-ceritanya

Seminar 'Kiri' di Universitas Negeri Malang Dibatalkan, Ini Ceritanya

Seminar 'Kiri' di Universitas Negeri Malang Dibatalkan, Ini Ceritanya

Malang - Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang batal menggelar seminar yang dianggap berpaham kiri. Seminar rencananya menghadirkan peneliti LIPI Asvi Warman Adam sebagai salah satu narasumber. Bagaimana ceritanya?.

Kepala Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang Ari Sapto mengatakan pembatalan disepakati berdasarkan hasil rapat internal dewan dosen setelah adanya anggapan miring soal seminar itu yang viral di media sosial. 

"Karena ramai di medsos, kami dewan dosen rapat untuk membahasnya dan memutuskan secara bulat seminar dibatalkan," ujar Ari kepada wartawan saat ditemui di Universitas Negeri Malang di Jalan Surabaya, Kamis (11/10/2018).

Dikatakan Ari, seminar tersebut sebenarnya bermuatan sejarah. Karena tajuk seminar sendiri adalah 'Perubahan dan Kesinambungan Historis dalam Perspektif Keilmuan dan Pembelajaran'. Melihat judulnya saja sarat akan pembelajaran.

"Tetapi ada beberapa pihak di luar sana, yang memandang lain. Bahkan dikaitkan dengan kelompok kiri atau komunis. Padahal melihat temanya, seminar justru penguatan pada sebuah pembelajaran," ungkap Ari.

Tanggapan beredar di media sosial berawal pada Jumat (5/10/2018), panitia meng-upload rencana digelarnya seminar pada 24 Oktober 2018 mendatang.

"Ramai kemudian, saya Kajur kemudian mengundang dosen di hari Senin untuk bahas itu. Maka diputuskan untuk dibatalkan," tegasnya.

Ari menambahkan, keesokan harinya baru dirinya bertemu dengan anggota Kodim dan Korem yang datang menemui. Pada pertemuan tersebut hanya berlangsung obrolan ringan tanpa ada sebuah intervensi.

"Kami ngobrol-ngobrol saja dengan teman-teman dari Kodim dan Korem yang datang ke sini. Tidak ada intervensi atau apapun, lha wong kita sendiri yang batlkan seminar itu sehari sebelumnya dalam keputusan rapat dewan dosen," beber Ari menceritakan kronologis yang terjadi.

Secara etika panitia kemudian mengirim surat pemberitahuan kepada empat narasumber, bahwa seminar dibatalkan.

"Kemudian dikirim surat pemberitahuan pada 10 Oktober 2018 kemarin kepada empat narasumber termasuk saya. Yang isinya pembatalan seminar" tuturnya.

Dalam seminar itu, rencananya Asvi Warman Adam sejarahwan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sri Margana sejarahwan Universitas Gajah Mada, Abdul Syukur sejarahwan Universitas Negeri Jakarta dan Ari Sapto Kajur Sejarah Universitas Negeri Malang, menjadi narasumber.

Ari tak memahami ada persepsi lain ketika membaca surat pemberitahuan tersebut. Padahal, dirinya juga menerima selaku narasumber. "Kita kirim pemberitahuan, ternyata dinterpresentasikan lain. Dilarang hingga membuat seminar dibatalkan," sesalnya. (iwd/iwd)

sumber

Ane jujur memang ngga suka dengan kiri, tapi masalahnya seminar kiri itu yang menyelenggarakan adalah universitas. Jadi tidak apa-apa kalau mau ada pembahasan.

Di ranah pendidikan, seni, & hiburan sudah sepantasnya semua hal yang tabu bisa dibahas dan diekspresikan. Asal dibatasi ruang lingkupnya & tidak asal di tempat umum.

Apa-apa nggak boleh
Apa-apa dilarang
Apa-apa diintimidasi
Apa-apa dipersekusi

Lalu apa bedanya kita dengan komunis kalau apa-apa nggak boleh
Jangan coba" bikin seminar begitu emoticon-Kolombia
Betul apa yg ditulis sam vigo di trit forum sebelah...

Hati hati dengan kaum kiri milenial emoticon-Takut (S)
Quote:


emoticon-Traveller
hti fpi isis

itu pki berbaju agama
buzzer dapet bonus
Quote:


Sebelah mana gan emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Quote:


Tadi malam ane baca baca di forum sfth gan.. Real story based emoticon-Takut (S)
fyi, um itu kebanyakan radikal kanan ya, kakak ane aja kena DO karena ga sepaham dengan dosennya. info teman and juga ada pemilihan bem disabotase agar yang menang golongan ituuu
Quote:


Oalah di sfth, kirain dimana gan emoticon-Belo lama blom maen kesana..
gara2 medsos emoticon-Cape d...
putar ke kiri yoo, nona manis putar lah ke kiri, ke kiri, ke kiri, ke kiri dan ke kiri, ke kiri, ke kiri, ke kiri maniseee emoticon-Kaskus Radio
bikin acaranya diluar indo
Ane selaku alumni um. Selama ini malah isi nya banyak kanannya.
Kalau paham gt mah gag ada
Quote:
Memangnya kenapa kalau membahas soal kiri?? Takut?? Lebay bangat!!
Ini mah borok Indonesia kebodohan, kebohongan dan kejahatan ditutupi ya begini jadi penyakit sumber kebodohan negara.
'Perubahan dan Kesinambungan Historis dalam Perspektif Keilmuan dan Pembelajaran'.

tema yg menarik ini, pembicara sesepuh guru historia pulak. Kok bisa kontra? :

emoticon-Turut Berduka
Ngeri juga kalo gitu
Sampe batalin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di