alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Masa darurat diperpanjang, evakuasi dihentikan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf1eacdad7702f0d8b4578/masa-darurat-diperpanjang-evakuasi-dihentikan

Masa darurat diperpanjang, evakuasi dihentikan

Masa darurat diperpanjang, evakuasi dihentikan
Anggota Tim SAR mencari korban di lokasi terdampak likuefaksi di Kelurahan Petobo di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (11/10/2018). Hari ini adalah pencarian dan evakuasi terakhir.
Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah resmi memperpanjang masa darurat bencana yang melanda tiga wilayah daerah itu. Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyatakan, setelah memperoleh pertimbangan dan masukan kementerian/lembaga teknis terkait, bupati, stake holder, serta rekomendasi BNPB maka masa tanggap darurat diperpanjang 14 hari dari tanggal 12 hingga 26 Oktober 2018.

"Sebab masih banyak pekerjaan kedaruratan yang perlu ditangani lagi dan butuh waktu untuk diselesaikan," ujarnya kepada awak media di kantornya, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (11/10/2018).

Masalah yang belum selesai adalah pembenahan infrastruktur, jalan yang putus, misalnya air bersih, penataan pengungsi, hingga kecukupan logistik. Sehingga mereka membutuhkan tambahan waktu. Untuk rehabilitasi infrastruktur, kemarin Longki menaksir butuh antara Rp20-25 triliun.

Berdasar pantauan Beritagar.id, salah satu daerah yang paling rusak parah adalah kawasan desa Jono One, Kabupaten Sigi yang dilanda likuefaksi. Jalan Poros Palu-Palopo yang dulu lebar, kini rusak parah. Desa sebagian hunian dan warung hanyut berubah menjadi ladang jagung yang dulu berada sekitar 3 kilometer.
Masa darurat diperpanjang, evakuasi dihentikan
Sebuah SPBU di tepi jalan poros Palu-Palopo yang koyak oleh gempa Bumi, Jumat (29/9/2018). Jalan itu rusak parah dan putus di desa Jono Oge karena jalan hilang berubah menjadi ladang jagung.
Walau masa tanggap darurat berlanjut, namun evakuasi akan dihentikan mulai besok. Khususnya evakuasi di tiga lokasi Balaroa dan Petobo di Kota Palu, serta Jono Oge di Kabupaten Sigi.

Direktur Operasi Basarnas Brigjen (Mar) Bambang Suryo menjelaskan, masa evakuasi sesuai standar Basarnas selama tujuh hari. "Tapi jika kondisi di lapangan masih butuh evakuasi, maka evakuasi bisa disesuaikan," ujarnya kepada wartawan.

Bambang menyatakan, sejak dua hari lalu, penemuan korban meninggal makin jarang. Sehingga evakuasi makin tak efektif.

Kedua, koran yang ditemukan kondisinya sudah berat. Ada yang melepuh, sudah kelihatan tulangnya, sehingga keluarga korban paham. Dengan pemahaman ini, dia berharap keluarga korban lebih memilih untuk segera ditutup.

Tapi kalau ada warga yang menemukan korban, kami cek benar ada, maka akan kami evakuasi. “Jadi evakuasi tak ditutup sepenuhnya, kami tetap standby." kata dia. Di daerah lain jika ada aduan, Basarnas siap mengevakuasi.

Salah satu keluarga korban, Eddo Yudharma Putra (38 tahun) menyatakan pasrah dengan apapun keputusan tim penyelamat. Warga jalan Tangurante, Petobo itu kehilangan istri dan anak ketiganya pada Jumat dua pekan lalu. Rumahnya beserta isi dan anak istrinya lenyap digulung bumi.

"Saya pasrah saja. Karena pemerintah juga wakil tuhan," kata dia lewat pesan instan. Dia hanya berharap, tetap kuat menjalani hidup.

Perpanjangan masa tanggap darurat tanpa disertai evakuasi ini berbeda dengan ketentuan Undang-Undang nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Pada pasal 48 disebutkan, masa tanggap darurat salah satunya meliputi penyelamatan dan evakuasi masyarakat terkena bencana.

Longki menyatakan, persoalan logistik sementara masih ditata agar memenuhi kebutuhan pengungsi. "Pasti ada yang kurang. Semoga dalam dua pekan ini semua kami perbaiki," ujarnya.

Pengungsi akan direlokasi secara bertahap ke hunian sementara (huntara). Setelah tempat relokasi dipastikan benar-benar aman dari bencana. Lokasi yang aman untuk relokasi ini masih dikaji.

Menurut Longki, relokasi akan memakan waktu lama. Ia, mengutip dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, relokasi itu minimal butuh waktu dua bulan. Verifikasi pengungsi masih dilakukan.

Jika huntara sudah jadi, maka penghuninya akan diverifikasi dulu. Betul bahwa mereka sudah kehilangan rumahnya karena bencana. Sedangkan bagi mereka yang rumahnya rusak ringan, akan ada diatur sendiri.
Masa darurat diperpanjang, evakuasi dihentikan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...asi-dihentikan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Masa darurat diperpanjang, evakuasi dihentikan Indonesia-Singapura sepakat perkuat mata uang lokal

- Masa darurat diperpanjang, evakuasi dihentikan Ketika Interpol tak mengerahkan reserse mencari ketua

- Masa darurat diperpanjang, evakuasi dihentikan Gempa 6,0 SR guncang Situbondo, 3 warga Sumenep tewas

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di