alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Favorit, 5 Makanan di Acara Nikahan Adat Jawa Ini Maknanya Dalam!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf197c1a997548648b456e/favorit-5-makanan-di-acara-nikahan-adat-jawa-ini-maknanya-dalam

Favorit, 5 Makanan di Acara Nikahan Adat Jawa Ini Maknanya Dalam!

Favorit, 5 Makanan di Acara Nikahan Adat Jawa Ini Maknanya Dalam!

Kebudayaan Jawa yang memiliki berbagai macam tradisi, membuat masyarakat memaknai segala macam aspek di kehidupannya. Mulai dari berperilaku, berpakaian, sampai makanan pun memiliki arti yang mendalam.

Termasuk dalam pemilihan menu saat ramah tamah di acara pernikahan. Makna dan doa yang baik untuk pasangan mempelai terselip dalam sebuah menu.

IDN Times telah merangkum ragam filosofi hidangan acara pernikahan adat Jawa, seperti berikut ini.


1. Jadah dan wajik sebagai lambang kesetiaan
Favorit, 5 Makanan di Acara Nikahan Adat Jawa Ini Maknanya Dalam!
instagram.com/surabaya_kue



Jadah dan wajik terbuat dari beras ketan. Bedanya, jadah biasanya berwarna putih dan memiliki rasa sedikit gurih.

Sedangkan, wajik berwarna cokelat dan rasanya manis. Makanan tradisional khas Jawa ini kerap dijadikan makanan pembuka yang dihidangkan bersama teh. 



Beras ketan sebagai bahan dasarnya terbuat dari beras yang keras pada umumnya. Hanya saja, setelah diolah menjadi makanan, teksturnya jadi lebih lengket dan merekat satu sama lain.

Hal ini sebagai simbol doa agar pasangan suami-istri yang baru menikah selalu bersatu dan tak terpisahkan, layaknya beras ketan.


2. Bubur sumsum dipercaya membawa berkah
Favorit, 5 Makanan di Acara Nikahan Adat Jawa Ini Maknanya Dalam!
instagram.com/nick_v309



Bubur sumsum merupakan makanan yang terbuat dari beras putih, dicampur beras ketan. Biasanya dihidangkan dengan lelehan gula merah atau gula putih di atasnya.

Warna makanan ini putih bersih, yang mengartikan kesucian dan kesejahteraan. Makanan asli Jawa ini juga diyakini akan mendatangkan kesehatan, berkah, dan kekuatan. Bukan hanya kepada kedua pengantin, tetapi juga keluarga penyelenggara acara. 

Baca juga: Kayanna, Restoran Unik di Surabaya Ala Kolonial Belanda dan Jawa Kuno


3. Sop manten yang menggambarkan persatuan
Favorit, 5 Makanan di Acara Nikahan Adat Jawa Ini Maknanya Dalam!
kaltara.prokal.co



Sop manten ini merupakan makanan pembuka yang berisi beraneka macam sayuran. Di antaranya seperti kembang kol, buncis, wortel, jamur, kentang, ditambah daging ayam, makaroni, serta dicampur dalam kaldu ayam yang sedap.

Berbagai macam bahan makanan ini melambangkan kedua mempelai yang berasal dari keluarga dan latar belakang berbeda. Sedangkan, kaldu ayam melambangkan pernikahan itu sendiri, yang nenyatukan kedua mempelai.


4. Es putar, es krim tradisional pertama khas buatan Indonesia
Favorit, 5 Makanan di Acara Nikahan Adat Jawa Ini Maknanya Dalam!
sajiansedap.id



Pada zaman dahulu, hanya orang-orang kaya yang mampu menikmati es krim. Sebab, susu sebagai bahan es krim sangat mahal.

Oleh karena itu, orang-orang mengganti susu dengan santan atau air sari kelapa. Hal ini menyebabkan rasa es krim ini lebih gurih dan segar.

Sedangkan, penamaan es putar, didapat dari cara pembuatannya. Kesatuan adonan es diputar-putar dalam alat pembuat es, sampai mengkristal.

Makanan ini memiliki filosofi agar pengantin menjadi keluarga yang mampu keluar dari permasalahan dan setiap konfilik. Layaknya adonan es putar yang diputar-putar, tapi justru menjadi makanan yang menyegarkan dan favorit semua orang.


5. Lemper, jajanan yang namanya sarat filosofi Jawa
Favorit, 5 Makanan di Acara Nikahan Adat Jawa Ini Maknanya Dalam!
snack.co.id



Tidak hanya di pernikahan, sebenarnya lemper sudah menjadi jajanan sehari-hari di Jawa. Dibuat dari ketan yang berisi ayam suwir dan dibungkus daun pisang.

Lemper sendiri merupakan singkatan dari kalimat "Yen dilem atimu ojo memper", yang berarti "Ketika dipuji, hatimu jangan sombong". Filosofi ini mengingatkan pengantin agar selalu rendah hati dan menjadi pribadi yang tidak sombong.

Menilik dari artinya, suguhan orang-orang Jawa di acara pernikahan memang sarat makna yang indah. Untuk itu, pengetahuan tentang kelestarian budaya seperti ini jangan sampai hilang ya!

Baca juga: 7 Makanan Khas Jawa Timur, Kelezatannya Tiada Tara!



Sumber : https://www.idntimes.com/food/dining...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Favorit, 5 Makanan di Acara Nikahan Adat Jawa Ini Maknanya Dalam! Mirip Banget Ternyata Ini Beda Daun Bawang Lokio dan Daun Kucai

- Favorit, 5 Makanan di Acara Nikahan Adat Jawa Ini Maknanya Dalam! Selain Daun Pisang 6 Daun Ini Juga Digunakan untuk Bungkus Makanan

- Favorit, 5 Makanan di Acara Nikahan Adat Jawa Ini Maknanya Dalam! VIDEO Cara Mudah Memasak Garlic Honey Butter Chicken Bikin Nagih

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di