alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gangguan Kejiwaan Ratna S Menurut Hubertus Kasan Hidajat, Ini Gejala Hipomania
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf118ade2cf22e2b8b4571/gangguan-kejiwaan-ratna-s-menurut-hubertus-kasan-hidajat-ini-gejala-hipomania

Gangguan Kejiwaan Ratna S Menurut Hubertus Kasan Hidajat, Ini Gejala Hipomania

Judul asli:
Gangguan Kejiwaan Ratna Sarumpaet Menurut Hubertus Kasan Hidajat, Ini Gejala Hipomania

Gangguan Kejiwaan Ratna S Menurut Hubertus Kasan Hidajat, Ini Gejala Hipomania


TRIBUNJAMBI.COM -  Ratna Sarumpaet diindikasi kelainan jiwa yang disebut hipomania. Itu disampaikan dokter psikiater Hubertus Kasan Hidajat saat tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC) Selasa, (10/10/2018) malam.

Awalnya, dia menjelaskan soal dugaan gangguan kejiwaan yang dialami Ratna Sarumpaet.

Menurutnya, Ratna Sarumpaet diindikasi mengalami kelainan jiwa yang disebut hipomania.

"Orang hipomania itu orangnya semangat sekali, aktif, banyak ide, tak mengenal lelah, sampai suatu batas tertentu dia akan terjadi kelainan yang kita sebut bipolar," jelasnya.

Hubertus Kasan Hidajat juga menjelaskan, selama penderita memiliki hipomania, itu bagus, karena banyak yang bisa menjadi orang kaya raya dan sukses.

"Tapi kalau sudah sampai menyerang orang lain, usahanya belum selesai ditinggal, itu jadi bumerang dan itulah yang kita sebut bipolar," jelasnya.

Kemudian orang yang mengarah ke bipolar ini, menurutnya, disebut sebagai bipolar spektrum.

"Itu mempunyai gejala tempelan yang kita sebut dengan psikopatik, gejala khasnya itu asal ngomong atau bohong, kemudian gejala yang satunya lagi yaitu paranoid atau curiga," katanya.

Dalam gejala paranoid ini, jelasnya, penderita akan mengatakan hal-hal yang sebetulnya tidak ada faktanya.

"Misalnya dia meyakini ada uang sekian-sekian yang ditahan, tapi tidak ada, namun ia yakin sendiri, inilah kelihatannya yang terjadi (pada Ratna Sarumpaet)," jelasnya.

Ia kemudian mengaitkannya dengan kebohongan yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet.

Menurutnya, tidak bisa dikatakan bahwa Prabowo dan Amien Rais tertipu pada kebohongan Ratna Sarumpaet.

Sebab, psikiater sendiri akan terjebak karena tidak bisa membedakan kata-kata bohong atau benar dari penderita hipomania tersebut.

"Ketika hasil op kurang bagus, ia panik, maka ia dengan berani mengatakan hal yang seperti sungguh terjadi. Jadi kita tidak bisa katakan Pak Prabowo dan Pak Amin Rais itu tertipu atau apa, karena semua orang akan tertipu. Karena dia bicaranya natural, alami sekali," bebernya.

Kemudian menurutnya, kasus Ratna Sarumpaet ini bukan merupakan drama, tapi merupakan gejalan kejiwaan.

Untuk itu, ia menilai wajar jika keesokan harinya Ratna Sarumpaet langsung mengakui kebohongannya, karena penderita hipomania ini memiliki mood yang naik turun.

"Pada waktu dia semangat dia hantam terus, besoknya dia bisa down depresi, dia takut, dia ngaku semua. Jadi yang terjadi pada RS itu masalah kondisinya seperti itu, bukan niat dia, tapi reaksi kepanikan, jadi perlu bantuan psikiater," tegasnya.

Namun, kemudian yang menjadi masalah, kata dia, yakni reaksi dari para tokoh, termasuk Prabowo dan Amien Rais Cs yang terlalu berlebihan.

"Setelah dia menyampaikan pada tokoh-tokoh, mereka bereaksinya begitu cepat, hebat, dan mungkin agak sadis. Itulah yang disayangkan, apa perlu seperti itu, gitu loh," ujarnya.

"Setelah dia mengaku itu bohong, gimana akibatnya? Itulah ketidak matangan pemimpin, jadi di negara kita banyak pemimpin kurang matang," ujarnya.

Ia pun memberi contoh narasumber yang ada di ILC, yakni Fahri Hamzah.

"Pak Fahri ini hatinya baik, tapi mulutnya celaka. Tapi dia sudah minta maaf, tapi nyerang lagi, ngapain coba dalam hati saya, gak perlu, padahal dia gak ada maksud apa-apa, ya itulah kurang bagus," ujarnya, disambut tawa oleh Budiman Sujatmiko.

http://jambi.tribunnews.com/2018/10/...pomania?page=3

Orang gangguan jiwa, hipomania, bipolar spektrum, psikopatik, paranoid, kenapa bisa jadi Ring.1 Timses Prabowo?
Dan sudah berjalan bertahun-tahun, lagi.
Jadi, siapa sebenarnya yang Gila Beneran ???

emoticon-Ngakak (S)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Gangguan Kejiwaan Ratna S Menurut Hubertus Kasan Hidajat, Ini Gejala Hipomania


mendadak blo'on :

Gangguan Kejiwaan Ratna S Menurut Hubertus Kasan Hidajat, Ini Gejala Hipomania

emoticon-Ngakak
moga lekas sembuh ya
"Pak Fahri ini hatinya baik, tapi mulutnya celaka. Tapi dia sudah minta maaf, tapi nyerang lagi, ngapain coba dalam hati saya, gak perlu, padahal dia gak ada maksud apa-apa, ya itulah kurang bagus,"

bapak berani juga nganalisa om fahri. ga takut dibully nasbung pak?
coba dibacain karakter org2 disekitar wowo d wowonya sendiri pak....jangan2 beti lagi.
Gangguan Kejiwaan Ratna S Menurut Hubertus Kasan Hidajat, Ini Gejala Hipomania
Gila bener, dr dewi pujaan nasbung skrg dituduh orang gila, jatuhnya dalem amat emoticon-Ngakak (S)
Quote:


salah...abis dibersihin trus direinstall gan. hehehe...
Diubah oleh suralia
Dagelan
hipomania....intinya gangguan jiwa?
penyakitan geng wowok. sama kek nasbung

"Itu mempunyai gejala tempelan yang kita sebut dengan psikopatik , gejala khasnya itu asal ngomong atau bohong, kemudian gejala yang satunya lagi yaitu
paranoid atau curiga," katanya.
Dalam gejala paranoid ini, jelasnya, penderita akan mengatakan hal-hal yang sebetulnya tidak ada faktanya.


hmmm ya ya ya, gua ngerti skarang, knp kmaren ada penjarahan dipalu.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


emoticon-Ngacir2
Balasan post Cak.Norris
Quote:


Cerita intinya "Ada orang Gila yang dibohongi oleh orang gangguan jiwa "

emoticon-Ngakak (S)
coba sekalian rombonganya diperiksa







bisa jadi udah pada akut


















emoticon-Cool
Balasan post heaven.above
bs jadi judul sinetron tuh
gue rasa nasbungtod opwarnet paling militan yang desktopnya gambar mia li pun tahu ,dalam nuraninya ratna cuman pion yang gagal
jangan jangan oposisi jurkam tokohnya banyak yg gila
emoticon-Ngakak
Diubah oleh ontapesek
tunggu sebentar, kalo di diagnosa gangguan jiwa bisa lolos dari hukum nih ............ emoticon-Cape d...
Balasan post yesknow
manyun krn ga nyangka jadi pasukan orange
Balasan post lonelywolve
tinggal membuktikan yg kemaren breaking news itu gila jg/tdk unt menghindari jeratan hukum

kl ngaku gila...wiwi ga jadi remach vs wowo doongemoticon-Ngakak (S)
Balasan post singahallah
Quote:


Ente kejam..
Masa psukan orange disamakan dgn valak.?

emoticon-Mad
Balasan post heaven.above
maaf juragan

ane lupa rs itu valak yg bosen pake baju putih
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di