alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Hardware Review Lab /
Review Lenovo Y40-80 di 2018
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf1189dad770a0628b456a/review-lenovo-y40-80-di-2018

Review Lenovo Y40-80 di 2018

Selamat datang agan2. Kali ini saya mau mengulas tentang laptop Lenovo Y40-80 yang sebenarnya sudah keluaran lama (sekitar 2015).

Review Lenovo Y40-80 di 2018

Pertanyaan pertama yang mungkin agan2 tanyakan mungkin : 
Mengapa baru diulas sekarang di tahun 2018?
Bukannya itu sudah basi mengulas laptop keluaran 2015?
dan jawabannya adalah iya memang sudah basi, namun mungkin ulasan ini berguna untuk agan2 yang sedang mencari laptop multimedia yang handal dan murah (untuk harga bekasnya di tahun 2018).

Awalnya laptop ini dimiliki oleh keponakan teman baik saya untuk keperluan sekolah, namun karena ada kesalahan penggunaan hingga menyebabkan software crash yang berakibat adanya beberapa error. Sehingga akhirnya tidak terpakai lagi dan disimpan digudang.
Beruntung waktu itu teman baik saya mengetahui perihal tersebut dan menawarkan laptop ini untuk saya pakai sebagai daily driver walaupun setelah mengendap +-3 tahun digudang.
Setelah laptopnya saya terima dan check ternyata kondisinya masih sehat hanya masalah crash di windowsnya, segeralah saya perbaiki dengan istall ulang windowsnya serta mengupdate driver2nya.
Secara keseluruhan walau laptop ini sudah berusia dan mengendap digudang dalam waktu yang lumayan lama, tidak ada kerusakan di hardwarenya, yang ada hanya sedikit bekas pemakaian yang menurut saya itu masih dibatas wajar.

Langsung saja ke spesifikasi laptop Lenovo Y40-80 : 
Processor intel core i5 5200U
Graphic Radeon R9 M375 4GB
Ram 2x 4GB DDR3L
Storage 1TB HDD (Sudah saya upgrade ke SSD 500GB)
Screen 14 inch matte display resolusi 1920 x 1080 fullhd
Sound JBL speaker

Pertama kali menggunakan laptop Lenovo Y40-80 ini kesan yang nampak dari keseluruhan bodynya yaitu dari balutan casenya sangat khas dengan memakai bahan seperti polycarbonat plastic bertekstur carbon kevlar berwarna hitam yang sangat eye caching dengan logo lenovo yang menempel disudutnya saja. Walau berbodi tergolong tipis namun terkesan garang dan cool deh.

Review Lenovo Y40-80 di 2018

Untuk keyboard cukup enak digunakan, jarak antar tombol dan kedalaman tekan tiap tombol sangat cocok dijari saya. Hanya saja sayang tidak dilengkapi dengan backlit keyboard, walau ada list berwarna merah di tiap tombolnya sehingga saat pertama kali menggunakan saya mengira terdapat backlit dan ternyata tidak ada.

Review Lenovo Y40-80 di 2018

Trackpad juga memiliki ukuran yang pas tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Presisi untuk menggerakan kursor juga sangat akurat, klik kanan dan klik kiri menyatu dengan trackpad namun tetap enak digunakan.

Layar yang digunakan masih memiliki teknologi TN Panel, hingga akurasi warna masih terasa agak kurang menendang, sudut pandang juga masih sempit. Dibalik itu layar yang digunakan sudah beresolusi fullhd 1920 x 1080 pixel dan matte yang artinya tidak memantulkan cahaya sehingga cukup untuk menutupi kelemahan layarnya.

Review Lenovo Y40-80 di 2018

Speaker yang diusung dilaptop ini menggunakan speaker JBL yang memang sudah cukup populer dengan kualitas suara yang dihasilkannya dan benar suara yang dihasilkan oleh speaker laptop ini cukup enak dan jernih untuk dinikmati terutama untuk menonton film, mendengar lagu, dan bemain game dan ditambah dengan teknologi  Dolby Digital Plus.

Review Lenovo Y40-80 di 2018

Laptop ini memakai processor dual core 4 thread hemat daya intel core i5 5200U (generasi 5) dengan baseclock 2.2Ghz dan sanggup memakai turbo hingga 2.7Ghz. Cukup kencang dan masih sangat mendukung apabila digunakan hanya untuk kebutuhan multimedia dan gaming ringan.

Kartu Grafis yang disertakan adalah Radeon R9 M375 4GB juga masih sangat mumpuni untuk kebutuhan multimedia dan gaming online. Kemampuannya mungkin bisa disetarakan dengan Nvidia GT940m, tetapi masih kalah apabila diadu dengan Nvidia GTX 950m.

Untuk Panas yang dihasilkan oleh laptop ini sewaktu dipergunakan secara maksimal atau gaming (2-3 jam), suhu processor mencapai 75-78C dan GPU menyentuh 73-75C. Cukup hangat namun masih termasuk kategori dingin dibanding dengan laptop lain ukuran 14 inch apabila dipaksakan memainkan game. Suhu laptop ini terjaga dengan berkat adanya kipas dual fan yang sanggup membuang suhu panas lebih cepat.

Review Lenovo Y40-80 di 2018

Kemampuan daya tahan battery juga sangat baik, apabila hanya digunakan untuk browsing dan aktifitas ringan masih sanggup bertahan hingga 5-6 jam, akan tetapi apabila dipergunakan untuk kinerja berat mungkin sanggup bertahan hanya 2-3 jam. Tetapi saya pribadi lebih suka menggunakan charger apabila hendak mempergunakannya untuk keperluan berat seperti bemain game.

Kesimpulan pribadi dari saya :

Kelebihan :
Desain tipis dan Case keren bermotif carbon kevlar
Processor hemat daya, dengan performa yang masih bisa diandalkan
Kartu Grafis masih sanggup menangani game2 online dan game2 ringan 2018
Sangat cocok untuk kebutuhan multimedia
Slot ram dual channel bisa diupgrade hingga 16GB
Setelah upgrade SSD performa meningkat jauh
Layar fullhd 1920 x 1080 matte display
Battery cukup tahan lama
Dual Fan untuk mendinginkan laptop lebih cepat saat gaming
Speaker JBL yang kualitas suaranya sudah tidak usah diragukan lagi
Harga bekas di tahun 2018 sudah termasuk murah

Kelemahan :
Layar masih menggunakan TN-Panel, akurasi warna kurang menendang dan sudut pandang sempit
Keyboard belum ada backlit
Tidak cocok untuk game berat tahun 2018

Demikian Review pribadi dari saya mengenai laptop Lenovo Y40-80. Semoga berguna untuk agan2 apabila hendak mencari laptop multimedia dengan budget terbatas. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata dan penulisan dari saya, salam emoticon-Smilie

*Special thank's buat teman baik saya initial AS apabila tidak sengaja mampir kesini emoticon-Smilie
*Beberapa gambar saya ambil dari google karena supaya gambar lebih bagus emoticon-Smilie
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di