alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Bukan Amerika Serikat, Ini Surga Dunia Startup Terbaru!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbf03ad60e24bd8258b456a/bukan-amerika-serikat-ini-surga-dunia-startup-terbaru

Bukan Amerika Serikat, Ini Surga Dunia Startup Terbaru!

Bukan Amerika Serikat, Ini Surga Dunia Startup Terbaru!

Dunia digital terlalu terpusat di Amerika Serikat, tepatnya di Silicon Valley dimana perusahaan start up raksasa berkumpul. Mulai dari Facebook, Snapchat hingga Microsoft, hampir seluruh perusahaan rintisan unicorn berada di wilayah tersebut. Tak ayal, Amerika Serikat memang kerap kali dikatakan sebagai surga startup dunia padahal ada beberapa negara lain yang berpotensi bisa menyalip dominasi Negeri Paman Sam.

Estonia, negara yang berada di dekat Rusia dan Latvia tersebut mencatatkan sebuah rekor yang mengagumkan. Bahkan, karena evolusi perusahaan rintisan yang semakin ‘menggila’, Estonia dijuluki sebagai Silicon Valley dari Baltik (negara pecahan Uni Soviet yang berada di sekitaran Laut Baltik).


Estonia, negara surga dunia startup

Estonia memang tidak terlalu terdengar di dunia digital. Hingga pada akhirnya, Skype meledak menjadi salah satu perusahaan rintisan yang berlabel unicorn (julukan startup dengan valuasi 1 juta dollar). Didirikan pada tahun 2003, Skype memang baru merambah Estonia dan paling jauh di Eropa. Akan tetapi, semuanya berubah pada tahun 2011. Kala itu Bill Gates bersama dengan Microsoft mengakuisisi Skype dengan biaya mencapai 8,3 juta dollar.

Pemanfaatan Bisnis

“Di malam hari, ketika orang Prancis suka minum wine dan orang Jerman berkumpul bersama teman-temannya meminum bir, warga di Estonia lebih suka duduk di bangku dan menatap laptopnya. Mereka lebih suka berselancar di dunia maya dan mengobrol bersama temannya melalui gadget,” ungkap seorang eksekutif perusahaan telekomunikasi Estonia seperti yang dilansir dari Tirto.

Dari pernyataan tersebut, dapat Anda lihat jika Estonia memang sangat memanfaatkan teknologi digital. Berawal dari hal kecil tersebut, warga di sana mampu menciptakan hal yang besar. Terhitung, sudah ada lebih dari 200 startup yang mulai berkembang pesat disana, empat diantaranya kini sudah termasuk sebagai unicorn.


Bukti Estonia Adalah E-stonia

Hingga Oktober 2018 ini, tercatat ada lebih dari 230 perusahaan startup di Estonia yang mana empat diantaranya telah berstatus sebagai unicorn. Mereka adalah Skype, Playtech, Transferwise dan Taxify. Lebih lanjut, banyak sekali perusahan rintisan di Estonia yang cukup unik. Bahkan, pemerintah setempat sempat membuat program pencoblosan pemilihan Presiden baru secara online.

Pada 2014 silam, Pemerintah Estonia juga sempat membuat E-residency sejenis seperti KTP digital. Dengan adanya tanda identitas ini, siapapun (orang asing) bisa mendapatkan hak kesejahteraan yang sama di negara tersebut. Membayar 1,6 juta rupiah (kurs Indonesia), Anda sudah bisa mendapatkan hak yang sama di Estonia, salah satunya adalah ijin mendirikan bangunan start up di sana. Cukup menarik bukan?


Mau Tau Artikel Menarik Lainnya Coba Klik Disini
------------------------------------------------------------------KLIK DISINI--------------------------------------------------------------------

Mau Mulai Usaha dengan Mudah? 
-----------------------------------------------------------------MULAI SEKARANG----------------------------------------------------------------------


MULAI USAHA YUK | BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA | YUK MULAI USAHA






Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di