alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Tak Cuma Jadi Lalapan, Ini 5 Manfaat Kemangi untuk Kesehatan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbef64c94786891658b456b/tak-cuma-jadi-lalapan-ini-5-manfaat-kemangi-untuk-kesehatan

Tak Cuma Jadi Lalapan, Ini 5 Manfaat Kemangi untuk Kesehatan

Tak Cuma Jadi Lalapan, Ini 5 Manfaat Kemangi untuk Kesehatan

KEMANGI disebutkan merupakan salah satu tanaman paling tua yang dikenal manusia. Dalam penggunaan sehari-hari, kemangi biasanya banyak digunakan di berbagai sajian masakan khas Indonesia yang selain meningkatkan cita rasa dari makanan juga sekaligus membuat aroma makanan juga jadi lebih harum.

Well, terlepas dari perannya sebagai salah satu dedaunan yang suka digunakan untuk lalapan. Daun kemangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh, mulai dari untuk kulit sampai kesehatan sistem pencernaan.

Penasaran ingin tahu apa sajakah manfaat daun kemangi untuk kesehatan? Mewarta Ndtv, Selasa (9/4/2018) simak yuk uraian perihal 5 manfaat daun kemangi untuk kesehatan.

Baik untuk sistem pencernaan

Menurut buku, 'Healing Foods' oleh DK Publishing, kemangi dapat memfasilitasi pencernaan yang optimal, dengan adanya kandungan eugenol sebagai anti-inflamasi di saluran pencernaan. Disebutkan kemangi bisa membentengi sistem pencernaan dan saraf, selain itu kemangi juga dikatakan bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk sakit kepala dan insomnia. Secara umum, kemangi keseimbangan asam dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh ke level yang tepat.

Anti-inflamasi

Minyak esensial kuat dalam kemangi, eugenol, sitronelol dan linalool, diketahui dapat membantu menurunkan peradangan melalui adanya sifat sifat penghambat enzim yang dimiliki. Sifat anti-peradangan dari kemangi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis dan kondisi inflamasi usus. Mengonsumsi kemangi juga bisa menenangkan demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, batuk, flu.

Membersihkan kulit 

Tahukah Anda, kandungan minyak dalam kemangi bisa membantu membersihkan kulit dari dalam. Di mana kemangi sebagai pembersih ini, sangat cocok bagi si pemilik tipe kulit berminyak. Lalu bagaimana caranya menggunakan kemangi untuk kotoran yang menyumbat pori-pori kulit? Gampang kok! Cukup dengan membuat pasta dari daun kemangi, pasta cendana dan air mawar. Oleskan pasta di wajah secara merata dan biarkan selama 20 menit. Bilas wajah sampai bersih dengan air dingin. Sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang kuat dari kemangi akan membantu mencegaha adanya pembentukan jerawat.

Pelepasan gula lebih lambat 

Untuk penderita diabetes alias penyakit gula, mengonsumsi kemangi disebutkan dapat menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Minyak esensial yang ada di kemangi, bisa membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko yang terjadi terus-menerus bagi penderita diabetes.

Mengatasi sakit seputar perut

Minyak atsiri esensial dari kemangi telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai masalah perut. Mengkonsumsi kemangi diketahui dapat membantu mengurangi perut kembung dan retensi air, menstimulasi hilangnya nafsu makan hingga bisa menyembuhkan refluks asam.

sumber :
Tak Cuma Jadi Lalapan, Ini 5 Manfaat Kemangi untuk Kesehatan

baca juga:



kalo di cocol sambel enak bener tuh, makan nya di tengah sawah emoticon-Leh Uga
Urutan Terlama
paling gampang gan nanem pohon kemangi


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di