alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Inkonsistensi Kebijakan Harga BBM Jokowi Bisa Bikin Investor Lari
4.2 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbed803c0d770177c8b4569/inkonsistensi-kebijakan-harga-bbm-jokowi-bisa-bikin-investor-lari

Inkonsistensi Kebijakan Harga BBM Jokowi Bisa Bikin Investor Lari

Langkah Jokowi yang tak konsisten soal harga BBM jenis Premium berdampak negatif pada iklim investasi.

Premium kosong di SPBU Pertamina

Pemerintah terkesan plin-plan soal kebijakan harga BBM jenis Premium. Setelah kemarin sempat diumumkan harga Premium naik, tak sampai 1 jam kemudian Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkannya.

Terkait hal tersebut, Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira memperkirakan, sikap pemerintah tersebut akan menghambat minat investor untuk berinvestasi, khususnya di sektor migas.

"Net sales asing di pasar saham diperkirakan akan berlanjut. Kemarin (10/10) sampai penutupan sudah net sales Rp 434 miliar. Sejak Januari tembus Rp 55 triliun. Ketidakpastian kebijakan BBM juga menghambat minat investor masuk ke sektor migas," ucapnya kepada kumparan, Kamis (11/10).

Bhima merasa pemerintah sedikit khawatir dengan dampak elektabilitas Presiden, dengan adanya kebijakan kenaikan premium.
"Akhirnya justru menimbulkan kebingungan di masyarakat. Ini juga bertepatan dengan acara pertemua IMF-World Bank yang diawasi oleh pers asing dan investor. Inkonsistensi kebijakan energi mencoreng wajah indonesia dan menciptakan sentimen negatif kepada pasar," lanjut Bhima.

Sebelumnya diberitakan, Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, mengatakan ada tiga hal yang menjadi pertimbangan pemerintah untuk menunda kenaikan harga Premium.
"Pertama, kondisi keuangan negara. Kedua kemampuan daya beli masyarakat, dan ketiga adalah kondisi riil ekonomi," kata Fajar.

Fajar Harry Sampurno di RUPS-LB PT PGN

Fajar bilang, tiga pertimbangan tersebut sudah tertera dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM.
Dia juga menuturkan, penundaan kenaikan harga BBM Premium itu lantaran PT Pertamina (Persero) selaku operatur penyalur BBM belum siap pada kenaikan BBM yang terjadi dua kali dalam sehari. Sebab kemarin BUMN migas itu juga menaikkan harga BBM nonsubsidi sebagai dampak dari kenaikan harga minyak dunia yang sekarang sudah di atas USD 80 per barel.

https://m.kumparan.com/@kumparanbisnis/inkonsistensi-kebijakan-harga-bbm-jokowi-bisa-bikin-investor-lari-1539221374298089415


Inkonsistensi Kebijakan Harga BBM Jokowi Bisa Bikin Investor Lari
Halaman 1 dari 3
Mukidiemoticon-Leh Uga
Dikira april mob kali yak

Mau nandingin hoax ratna sarumpaet kubu sebelah

Pemerintah Blunder Soal Kenaikan Harga BBM, Butuh Aqua?

AKURAT.CO, Gelaran pertemuan tahunan IMF-WB dikejutkan dengan drama kenaikan harga premium yang kemudian dibatalkan sendiri oleh pemerintah.

Sebelumnya pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga BBM jenis premium menjadi Rp7.000 per liter.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden Jokowi pemerintah berencana menaikkan harga BBM.

"Pemerintah mempertimbangkan sesuai arahan bapak presiden bahwa premiun mulai hari ini (Rabu) akan disesuaikan harganya," kata Jonan di Nusa Dua, Bali (10/10).

Namun beberapa saat kemudian pemerintah membatalkan kenaikan harga BBM jenis premium. Hal itu diungkap Kepala Biro Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi. Agung mengatakan pemerintah membatalkan kenaikan BBM atas perintah Presiden.

"Atas perintah bapak Presiden premium batal dinaikkan," katanya.

Menanggapi blunder pemerintah tersebut Pengamat Energi Universitas Indonesia (UI), Berly Martawardaya mengatakan seharusnya setiap kebijakan yang diambil terlebih dahulu dimatangkan. Sehingga tidak terjadi blunder dan merugikan pemerintah sendiri.

"Harusnya dimatangkan dulu baru diumumkan. Desain APBN 2018 adalah harga BBM domestik refleksiman harga minyak global. Kan pakai sistem subsidi tetap Rp 1000 untuk disel. Berarti selisih harga global dan domestik cuma seribu," katanya dihubungi (11/10).

Berly mengkritik pemerintah harus tertib administrasi terkait dengan penetapan harga BBM terlebih pemerintah sudah berkomitmen untuk menjalankan program BBM satu harga. Sementara itu pemerintah harus menyiapkan subsidi yang cukup besar dalam menjalankan program BBM bersubsidi.

"Bukan soal mampu. Tapi harus tertib administrasi bahwa subsidi harusnya di APBN, bukan dibebankan ke pertamina," tambahnya.

Sementara itu, pengamat energi Universitas Gajah Mada (UGM) Fahmi Radhy mengatakan pemerintah dihadapkan pada dilema berat. Kalau harga Premium dinaikkan akan menggerus daya beli rakyat dan memicu inflasi yang menyebabkan harga-harga kebutuhan pokok meroket sehingga beban rakyat miskin semakin berat.

Namun disisi lain, Kalau tidak dinaikkan, di tengah harga minyak yang naik mencapai USD 80/barrel dan melemahnya rupiah, akan memberatkan Pertamina.

"Dilema itulah barangkali yang melatarbelakangi keputusan harga premium nyaris naik," katanya.

Fahmy menambahkan bahwa presiden cukup berkomitmen untuk berpihak pada masyarakat kurang mampu. Meski harus membebani pertamina.

"Keputusan membatalkan kenaikan harga premium menunjukkan bahwa Presiden Jokowi istiqomah untuk berpihak kepada rakyat miskin ketimbang mengurangi beban Pertamina. Juga istiqomah terhadap keputusan untuk tidak menaikkan harga premium hingga 2019," pungkkasnya.[]

http://m.akurat.co/348016/pemerintah-blunder-soal-kenaikan-harga-bbm-butuh-aqua
Yang kelihatan sih banyak yg kecewa BBM Premium batal naik dengan segala alasan, padahal kemarin sore udah banyak meme yang serang pemerintah alasan BBM naik... Hehehehe
Diubah oleh sabil.haq
Quote:
mantab tinggal ilangin aja tuh petralit dipasaran kek premium. trs pndukungnya tgl bilang pake premium aja sok2an protes

Rizal Ramli: Mas Jokowi, Harga Premium Batal Naik Sudah Tepat!


Jakarta - Mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli memuji langkah Presiden Joko Widodo. Rizal menganggap langkah Jokowi menunda kenaikan harga BBM Premium sudah tepat.

Hal tersebut dikatakan Rizal dalam cuitan di akun twitter pribadinya @RamliRizal hari ini, Kamis (11/10/2018).

"Mas Jokowi langkah pembatalan kenaikan harga BBM adalah langkah yang tepat karena daya beli rakyat golongan menengah bawah merosot. Ada banyak cara lain untuk mengatasi masalah," cuit Rizal sambil me-mention akun twitter Jokowi.

Baca juga: Drama Kabinet Jokowi soal Kenaikan Harga Premium

Hingga saat ini, cuitan yang dibuat Rizal sekitar 30 menit yang lalu ini sudah mendapatkan 40 retweet dan 183 disukai.

Seperti diketahui, Jokowi menunda kenaikan harga Premium yang tadinya akan berlaku efektif paling lambat pukul 18.00 kemarin sore. Alasan penundaan kenaikan harga Preium salah satunya karena menunggu kesiapan Pertamina.

Pertamina pada hari yang sama kemarin, juga telah menaikkan harga Pertamax Cs. Harga Pertamax di salah satunya naik Rp 900 menjadi Rp 10.400.

https://finance.detik.com/energi/d-4...932.1539045105

====

jadinya gimana emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Om Telolet Om!
Kalo gue jadi jonan, udh gue lempar hengpong ke muka si kodok..

Berkali2 die di permalukan si kodok setelah keluarin kebijakan, di kick si kodok.. emoticon-Nohope
masa investor ngaruh ke premium emoticon-Ngakak

palingan bbrp bulan kedepan naik juga premium, krn rupiah terus anjlok
Ya Akhi

Alhamdulillah..

Inkonsistensi Kebijakan Harga BBM Jokowi Bisa Bikin Investor Lari
Diubah oleh birubiruaja
Balasan Post sabil.haq
Quote:


Kalau gue sih nga kecewa cuma lucu aja sekelas kepala negara buat blunder berkali2 dengan cara yang sama. Kalo satu dua kali sih nga apa2. Tapi ini udah kayak kegiatan wajib aja.

Saya sampai lupa udah berapa kali kepala negara kita nih buat keputusan yg hanya akan dibatalkan beberapa jam kemudian. Seolah2 muncul sebagai pahlawan menyelamatkan dunia dari kebijakan yg dia keluarkan sendiri beberapa jam yg lalu.

Nasbung kecewa BBM batal naik


emoticon-Ngakak

Inkonsistensi Kebijakan Harga BBM Jokowi Bisa Bikin Investor Lari
Diubah oleh nyairara
Balasan Post chibiyabi
Quote:



lagi sarkas itu tong, lagian kelas menengah mah pakenya pertalite ato pertamax..
Inkonsistensi Kebijakan Harga BBM Jokowi Bisa Bikin Investor Lari
Kecewa ganemoticon-Imlek
Balasan Post theredspot
Quote:


Silahkan berpendapat, biar rakyat yang memilih mana yang berdampak positif mana yang negatif, sekarang waktunya menyampaikan pesan sama rakyat dari dua kandidat presiden.... Jangan buang2 waktu mencari aib orang lain sampai lupa menyampaikan prestasi....

Buat ane sih itu aja
Balasan Post sabil.haq
Quote:


waktu nastak ngegoreng kasus si ratna kemane aje lo tong?
Balasan Post sabil.haq
Quote:


Ga ada yang kecewa cuma LUCU

Makanya sebelum MANGAP mikir dulu

OTAK ente terlalu serius over kobokan jadi bawaannya spaneng mulu BONG

emoticon-Leh Uga
Balasan Post dogvenom88
Quote:


Hehehehe apa yang digoreng??????? Memang memalukan kok, masa bisa dibohongi dengan mudah... Itu memalukan sekali buat sekelas mantan Jendral .....


Kok digoreng... Hehehehe jelas kok faktanya ada dan lagi di proses di kepolisian.... Jalani sajalah... Masa harus di berhentikan dan di tutupi.... NGACO LU
Balasan Post sabil.haq
Gua nga nyerang pemerintah loh yah. Cuma mengingatkan. Ini bukan kejadian pertama loh. Udah berulang kali. Kalau bisa pemerintah koordinasinya diperkuat.
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di