alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Arah Baru Kebijakan Ekonomi Umat Direspon Kelompok Usaha Besar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbed5b2de2cf2fa1b8b456b/arah-baru-kebijakan-ekonomi-umat-direspon-kelompok-usaha-besar

Arah Baru Kebijakan Ekonomi Umat Direspon Kelompok Usaha Besar

Arah Baru Kebijakan Ekonomi Umat Direspon Kelompok Usaha Besar












Koran Sulindo – Majelis Ulama Indonesia (MUI) berupaya membangun arah baru kebijakan ekonomi Indonesia. Salah satu caranya adalah membangun kemitraan antara kelompok masyarakat berbasis keagamaan dengan kelompok usaja besar. Ekonomi umat ini adalah modal sosial untuk mempercepat penuntasan ketimpangan.


“Upaya ini direspons kelompok usaha besar, dan sudah dilakukan komitmen kemitraan dengan ratusan pondok pesantren, sekolah kejuruan, Koperasi dan UMKM,” kata Deputi Ekonomi Kreatif Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kemenko Perekonomian, Mohammad Rudy Salahuddin, dalam Saresehan Akurindo sekaligus pembukaan pameran produk unggulan UMKM Indonesia yang diberi tajuk “Amazing Bali”, di Bali, Rabu (10/10/2018).

Prinsip-prinsip ekonomi umat itu adalah inklusif (melibatkan umat), afirmatif (pemerintah), pemberdayaan, dankeberlanjutan.

Kemitraan yang hingga kini sudah dijalin adalah di bidang pangan, hortikultura, perkebunan, perdagangan, peternakan, perikanan, dan industri rumahan. Program sudah diluncurkan Desember 2017 lalu.

Kememko Perekonomian berperan dalam sinkronisasi kenijakan semisal KUR. Fasilitasi kemitraan dengan kelompok usaha besar dan UMKM, pembiayaan, perpajakan, perizinan, dan dukungan program dari kementerian/Lembaga.

“Model ekonomi demikian semoga bisa mendorong ekonomi umat,”kata Rudy.

Badan Usaha Milik Petani

Saat ini ketimpangan menjadi masalah besar di Indonesia, salah satu penyebabnya adalah penguasaan lahan hanya oleh segelintir pihak. Sekitar 33 persen lahan dikuasai pemodal besar.ementara golongan masyarakat rendah tak mempunyai alat produksi dan akses ekonomi.











BACA SELENGKAPNYA : https://koransulindo.com/arah-baru-k...k-usaha-besar/

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di