alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
DILEMA SEORANG PNS : AMAN TAPI TIDAK BEBAS
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbed2a7902cfe0a188b456c/dilema-seorang-pns--aman-tapi-tidak-bebas

DILEMA SEORANG PNS : AMAN TAPI TIDAK BEBAS

Saat ini sudah mulai kembali bukaan CPNS
Seperti biasa banyak orang berbondong-bondong mendaftar.

Mindset kebanyakan orang masih seperti dulu : PNS itu aman, dapat tunjangan ini itu, dapat pensiun, dapat THR, dll

Pandangan itu sebagian besar memang ada benarnya.

Akan tetapi, sebagai orang yang cukup lama berada di lingkungan PNS, saya ingin berbagi pandangan lain. Semoga ini bisa menjadi pertimbangan terutama mereka para ANAK MUDA MILENIAL, yang terbawa arus untuk ikutan mendaftar CPNS.

*AMAN, TAPI TAK BEBAS*

Dalam kehidupan nyata, ada orang yang AMAN hidupnya, tapi ia tak merasa BEBAS.

Misalnya, seorang yg masuk dalam penjara,
Sejatinya dia itu AMAN dari berbagai ancaman luar.
Ia terlindungi dalam tembok yang kokoh, terkunci dengan besi baja. Serta dijaga petugas yang berlapis.
Tak akan ada orang dari luar yang mengusik atau menggangggu dia.
Hidupnya pun terjamin. Makan disediakan, gratis pula. Ia boleh memakai berbagai fasilitas yang ada dalam penjara seperti alat olah raga dan fasilitas lainnya.

Namun, ada satu yang tak ia miliki yaitu KEBEBASAN.
Dunia yang ia miliki hanyalah sebatas dinding penjara. Waktu yang ia miliki juga akan tersita oleh penjara.
Sebagai warga penjara, mau tak mau ia juga harus mengikuti aturan main hidup dalam penjara.

Selain itu, meskipun ia AMAN dari ancaman orang luar, tapi ingat ia TAK AMAN dengan ancaman dari dalam. Misalnya : diganggu, diintimidasi penghuni lainnya dalam penjara atau dikerjai para petugas di penjara dll.

Kondisi seperti ini, pasti akan membuat seseorang mengeluh atau tidak puas. Karena meskipun AMAN, tapi sejatinya ia tidak BEBAS.
DILEMA SEORANG PNS : AMAN TAPI TIDAK BEBAS
(ilustrasi orang dalam penjara. AMAN, terjamin tapi ia TIDAK BEBAS)

Dalam kehidupan sehari-hari yang lebih luas,
Banyak mereka yang terlihat AMAN hidupnya, tapi ia tak BEBAS. Ia terikat oleh banyak aturan yang berlaku pada dirinya.
Selain itu, meskipun dari ancaman luar  AMAN, tapi TIDAK dengan ancaman dari dalam.

Menjadi seorang PNS, kalau yang saya rasa juga merupakan contoh dari yang disebut : AMAN TAPI TIDAK BEBAS.

AMAN karena, setiap bulan dapat gaji tetap dan tunjangan, dapat uang pensiun di masa tua, dan tak terpengaruh kondisi ekonomi yang merupakan salah satu bentuk ancaman di luar sana. Meskipun ada ancaman krisis ekonomi, PNS bisa dibilang AMAN. Tak terpengaruh secara signifikan.

Tapi, meskipun AMAN. Ia tidak BEBAS.

Seorang PNS terikat oleh aturan yang sangat ketat. Menjadi  seorang PNS zaman sekarang tidak bisa santai seperti zaman dulu. Terlebih jika ia adalah seorang PNS yang bekerja di Lembaga/Kementerian pusat. Atau PNS di wilayah pemprov (Pemerintah provinsi) yang sudah mulai banyak melakukan pembenahan. Wuiih ketatnya bukan main. Dari mulai soal absensi, soal keuangan dan soal penilaian kinerja.
DILEMA SEORANG PNS : AMAN TAPI TIDAK BEBAS
(zaman sekarang PNS absen pakai sidik jari juga lho. susah buat yang mau bolos titip absen)

Seorang yang menjadi menjadi PNS mulai tahun 2014 akan berhadapan dengan sistem penilaian yang baru dan berbagai aturan yang cukup ketat. Bagi yang motivasinya menjadi PNS agar bisa santai-santai, siap-siap saja PUTUS ASA.

Selain dalam hal aturan, KETIDAK BEBASAN nanti bisa dirasakan dalam hal izin/cuti. Saya merasakan betul bahwa Cuti seakan menjadi barang mahal di lingkungan PNS. Prosedurnya cukup ketat. Jadi kalau kamu suka travelling ke sana kemari, siap-siap saja gelisah tak karuan. Karena mendapatkan izin/cuti adalah hal yang tak mudah sekarang. Ada memang perjalanan dinas kunjungan ke berbagai tempat di Indonesia. Akan tetapi, tak semua berkesempatan mendapatkan itu. Tergantung satuan kerjanya.

KETIDAKBEBASAN lainnya yang akan kamu rasakan adalah soal mengembangkan KREATIVITAS. Kamu dituntut menjalankan sistem yang sudah ada. Karena kamu adalah seorang pegawai bukan seorang pejabat.


Kemudian, meskipun AMAN dari ancaman luar seperti inflasi atau krisis ekonomi, seorang PNS ternyata TAK AMAN dari berbagai ancaman yang ada dari dalam. Apa sajakah itu?

Pertama, adalah soal SENIORITAS.
SENIORITAS  merupakan hal yang masih kental dalam dunia PNS. SENIOR itu selalu benar. Jadi kalau kamu anak baru, tak peduli seberapa banyak pengalaman kamu atau seberapa pintarnya kamu. Mau tak mau status kamu adalah anak baru yang harus patuh terhadap senior yang sudah masuk lebih dahulu.

Tak jarang seorang PNS baru menjadi bulan-bulanan atau "dimanfaatkan" oleh para Seniornya. Kalau seniornya memanfaatkan dalam hal yang benar, ya tak jadi masalah. Tapi bagaimana jika memanfaatkan untuk kepentingan yang salah? Tak sedikit mereka yang baru jadi PNS hanya bisa menurut saja tak berani melawan.

KEDUA, ancaman bisa berasal dari dinamika peraturan dalam organisasi. Sebagai seorang "buruh" di lembaga negara, kamu harus siap dong dengan segala kemungkinan perubahan peraturan. Termasuk jika suatu saat peraturan itu akan bertentangan dengan jiwa kamu. Itu pasti akan membuat kamu mengeluh dan ketar-ketir.

Hal inilah yang harus kamu pertimbangankan matang-matang sebelum menjadi seorang PNS. Kalau sudah masuk, dan ingin mundur dari PNS prosedurnya sulit. Dan kamu harus siap dengan penalti denda yang tidak sedikit.

mengapa orang masih banyak yang ingin menjadi PNS?

Ini karena MINDSET yang sudah terlanjur salah dalam masyarakat kita.

Banyak orang menganggap bahwa untuk menjadi AMAN dan TERJAMIN itu ya harus masuk "ke dalam" atau menjadi bagian "di dalam", bukan berada "di luar".

Kalau mau "AMAN" ya masuklah "ke dalam" rumah, bukan berada "di luar" rumah. Begitu khan pola pikir yang umum?

Dalam masyarakat kita sudah terlanjur mindset, kalau hidup mau AMAN ya harus masuk "ke dalam" atau berada "di dalam" adalah dalam organisasi PNS.

Padahal faktanya banyak orang yang BEBAS berada "di luar" (di luar organisasi PNS)  hidupnya juga AMAN. Intinya cuman satu : Percaya dan Yakin bahwa yang menjamin hidup itu adalah Tuhan. Bukan lembaga atau instansi PNS.

Banyak orang yang ngakunya hidup AMAN dijamin negara, dapat gaji bulanan dan tunjangan ini itu, tapi kenyataannya hutangnya banyak. Ada khan yang begitu?

Tapi ada orang yang hidupnya tak mendapat gaji bulanan, atau tunjangan ini itu. Tapi hidupnya cukup. Bahkan tak punya hutang. Ada khan yang begitu?

Ini adalah salah satu contoh saja. Bahwa untuk mendapatkan kondisi AMAN ya sebetulnya tak harus selalu bergabung dalam PNS.




 
Diubah oleh: rizkynababan
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di