alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Duh, Para Peternak Prediksi Harga Telur Bisa Meroket Jadi Rp 40.000
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbeca6e529a458b2c8b4573/duh-para-peternak-prediksi-harga-telur-bisa-meroket-jadi-rp-40000

Duh, Para Peternak Prediksi Harga Telur Bisa Meroket Jadi Rp 40.000

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Forum Peternak Layer Nasional (PLN) memprediksi, harga telur ayam bisa melonjak menjadi Rp 40.000 pada akhir Desember. Penyebabnya, ada afkir dini oleh peternak layer sejak September lalu. Forum PLN menghitung, beban pakan yang tinggi membuat bisnis petelur tidak menguntungkan.

Presiden Forum Peternak Layer Nasional (PLN) Ki Musbar Mesdi menyampaikan, pihaknya telah menginstruksikan afkir dini sejak awal September sebanyak 15% produksi kepada 68.000 anggota peternaknya yang memiliki total 220 juta ekor petelur.

"Saya sudah perintahkan sejak awal September, karena harga sudah jatuh sekali Rp 15.000 - Rp 16.000 per kilogram di tingkat farm. Kalau jual di masyarakat Rp 23.000 - Rp 24.000 sekilo," kata Musbar, Rabu (10/10).

Apalagi dalam perhitungan Musbar, biaya pokok produksi telur sebenarnya mencapai Rp 21.000 per kilogram, sehingga harga di tingkat peternak menyebabkan rugi berlipat.

Kondisi ini menurut Musbar disebabkan oleh naiknya harga pakan yang disebabkan minimnya stok jagung yang jadi komponen utama pakan ternak. Sejatinya jagung bisa diganti dengan gandum, namun akan menyebabkan warna telur menjadi lebih pucat dan umumnya tidak direspon baik oleh masyarakat.

Adapun harga pakan menurut Musbar telah mencapai Rp 5.700 - Rp 6.200 per kilogram padahal biasanya Rp 4.700 per kilo. Sedangkan harga jagung sudah merangkak jadi Rp 5.300 per kilo sehingga peternak kecil tidak sanggup membelinya.

Maka putusan afkir dikeluarkan untuk menekan beban biaya peternak telur yang harus membayar beban operasional membiakkan ayam petelur, padahal harga telur di pasar tidak bersaing. "Sampai akhir Oktober kita bisa kehilangan suplai telur 20%," lanjutnya.

Sebenarnya pemerintah sudah memberikan ambang batas harga baru melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 96 Tahun 2018 tentang harga baru acuan telur ayam dan daging ayam. Regulasi baru yang berlaku 1 Oktober 2018 tersebut menetapkan harga acuan pembelian daging dan telur ayam ras di tingkat peternak antara Rp 18 - 20 ribu per kilogram.

Kemudian, harga acuan penjualan di tingkat konsumen untuk telur sebesar Rp 23 ribu per kilogram dan daging ayam sebesar Rp 34 ribu per kilogram.

Namun kenyataannya di lapangan, harga cenderung mengikuti mekanisme pasar dan tidak bersahabat bagi pihak peternak.

https://m.kontan.co.id/news/duh-para-peternak-prediksi-harga-telur-bisa-meroket-jadi-rp-40000

waduh jadi makin mahal emoticon-Hammer2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
bukannya harga dari dulu 20ribuan. wowokers ini peternak emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
telor ayam negri itu tergantung pada pakan impor yg dimonopoly bbrpa perusahaan besar yg mereka punya peternakan skala sangat besar dri hulu ke hilir dasar nya mereka lah yg kuasai harga telur dan yg menwntukan

pakan ternak & pupuk kebanyakan impor

siap2 hasil ternak & perkebunan naik
Kuda aja 3M kok breh, wajarlah..
emoticon-Leh Uga
hmmmmm....
40 rebuu.
banyak bener naeknya..
pakan ternak udah naik 3 kali bos tahun iniemoticon-Ngacir
Diubah oleh gil4ngdemonic
makannya ganti telur cicak
Quote:
Kalau mahal yah ditawar --- kata seseorang
sudah di tawar?
sudah ganti makan kicot?
sudah berusaha makan telor sendiri?
kata anunya anu
Mau fiala dunia lagi ganemoticon-Big Grin

Duh, Para Peternak Prediksi Harga Telur Bisa Meroket Jadi Rp 40.000
Ada lagi yg naik emoticon-Hammer (S)
Gak usah makan telur ayam, bikin telur sendiri emoticon-Big Grin
Harus dibacain la kalaw kalaw kata deh biar gak naek harganya
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
jangan gila2 lah naiknya. inflasi hanya 3 % an masa semuanya naik lebih dari 10%
astajim emoticon-Kagets
pokoknya dolar gak ngefek ke rakyat, titik.

ni peternak pasti antek nasbung semua. emoticon-Mad
klo harga telor naik, ya bertelor sendiri aja biar murah emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
bukan ekonomi yg meroket , malah harga telur yg meroket emoticon-Ngamuk
Modal telur perkg 12-14rb, bukan 23rb. Ane peternak ayam telur juga gan


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di