alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
cinta terhalang suku minang dan bugis
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbebf22ddd7704b618b4574/cinta-terhalang-suku-minang-dan-bugis

cinta terhalang suku minang dan bugis

Saya wanita 25 tahun dan merasa sudah cukup umur untuk menikah, tapi terancam gagal menikah karena perbedaan suku dan tatacara meminang/melamar.

Suku saya bugis dan suku pacar saya minang. Di minang, pihak wanita yang harus meminang dan datang kerumah pria untuk menentukan hari baik pernikahan. Sedangkan di suku saya, pihak pria yg harus datang meminang, serta memberikan uang “PANAI” atau uang hantaran.

Sampai saat ini keluarga pacar saya menolak untuk melamar datang kerumah saya, bahkan untuk datang silaturrahmi pun tidak ingin. Mereka hanya ingin datang saat nikah saja. Tentu saja keluarga saya merasa keberatan, paling tidak sekali saja mereka datang kerumah saya untuk bersilaturrahmi dengan keluarga besar saya.
Untuk membicarakan pernikahan ini saja kami hanya bertemu di restoran saat keluarga saya datang ke kota tempat tinggal pacar saya (saat saya wisuda)

Sekarang apa yang harus saya lakukan ? Saya benar2 bingung 😭
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
ywd.. biar adil, lamaran di resto emoticon-Recommended Seller
Quote:


Gw cowok suku minang. Menurut gw elu dan pacar elu harus bsa meredam ego nya masing2 keluarga elu, itu brarti keluarga elu2 pada ga mendukung elu2 buat merit. Gimana klo elu merit nya ga pke acara minang meminang jadi langsung k kua aj, atau elu bedua kimpoi lari aj.. emoticon-Hammer2
Balasan post binuncarinama
Quote:


Itu lamaran apa acara arisan tuh? emoticon-Bingung
Balasan post disomasi
Quote:


emang iya kudu cewek yg ngelamar? maksudnya keluarga cewek yg kudu dateng ke rumah cowok buat ngelamar?

gue minang abal2.. mantan laki gue juga minang abal2.. jdnya waktu lamaran ya laki gue yg dateng. trus pas acara tuker cincin, gue yg dateng.
Balasan post disomasi
Quote:


lah timbang gak da yg mo ngalah n gak jadi nikah? ambil tengah2nya aja. emoticon-Recommended Seller
klo masih bingung, pakai adat Agama aja emoticon-Wink

pakai alasan nikah krn Agama bkn krn suku emoticon-Ngacir

kita dipersatukan karena Agama/Tuhan emoticon-Angel

*)biasanya klo bawa2 agama sih ampuh emoticon-Wink
Balasan post binuncarinama
Ketemuan d k#c biar gaul gt y..
Balasan post binuncarinama
Quote:


Ya gitu deh.. emoticon-cystg
Balasan post disomasi
Quote:


yang bagusan dikit napa emoticon-Hammer (S)

Quote:


oh.. ai si ai si.. kasian juga klo gak da yg mo ngalah emoticon-Berduka (S)
berdoa aja semoga kedua keluarga diberi kelunakan hati.
cuma itu kan bagi ku masalah adat.
emang ada yg masih berpegang dengan adat.
ada yg lebih moderat.
ada yg lebih longgar.
cuma klo keluarga besar kalian pada batu ya stagnan.
aq gak bisa komen banyak karena kembali lagi ke adat.
dan emang adat minang itu seperti itu, karrena menganut matrilinier (garis keturunan ibu).
dan emang benar pengantin pria dijemput ama keluarga pengantin wanita.
dan emang si pengantin pria nya yg ikut masuk ke keluarga wanita.
dan aq juga lebih akrab dengan keluarga besar ibu.
ini pendapat pribadi ku ya.
andai gak ketemu kompromi di adat, coba balik lagi ke agama.
maksud nya ikutin aja syarat nikah secara agama.
daripada sama2 batu.
tenang aja orang minang itu selama calon nya islam, keluarga besar gak bakalan ngerempong.
paling ngerempongin masalah adat mana yg maw dipake.
kecuali klo udah beda agama, pasti bakl ditentang keras.
gak bakal dianggap keluarga dan dianggap suku minang.
orang padang emang kuat islam nya.
Kalo Masih ikutin adat, mending pake orang tua sewaan aja. Banyak Yang begitu kok gara2 orangtuanya pada kolot.
halo,
susah ya memang kalau menyangkut adat gitu karena biasanya menyangkut kehormatan dan harga diri orangtua di mata keluarga besar gitu.
Harus ada yang mau berbesar hati mengalah. Dan kalau orang tua kamu suku bugis asli, sampai babi bisa terbangpun, sepertinya memang tidak mungkin keluarga kamu mau datang ke tempat laki buat meminang ya emoticon-Big Grin

Jadi yaa, coba dibicarakan dengan pacar kamu, minta dia yang mengalah. Kalau bapak ibunya ga mau datang ke tempat kamu, ya minta keluarga lain yg lebih bijaksanalah yg mewakilkan.

Kalaupun masih gengsi banget buat salah satu pihak datang ke pihak lain, ya seperti yang diusulkan tante binun tadi. Ketemu di restoran, ga usah pake acara minang meminang, tuker cincin dsb, yang penting kedua belah pihak merestui trs baru didiskusikan urusan pernikahan hari h nya.

Semoga lancar semua ya.
nikah sesuai agama saja , jangan bawa2 budaya... adil kan
mahar lu 50 jt sama tanah juga gak ?


Quote:


Nikah sesuai agama bukannya tetap pihak pria yg melamar wanita ? Zaman rasulullah juga gitu kan
Quote:


yah memang , coba disini yg kekeuh siapa coba didekati dan di luluhkan hati nya bersama2.. ortu kalian diajak ketemuan bareng2 dan diskusi di tempat yg netral. Kalo dari kedua belah pihak saling ngeyel dan harga diri nya tinggi ya susah


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di