alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Cara Root SAMSUNG GALAXY J3 PRO Tanpa PC dan Dengan PC
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbe7e95a09a39026f8b4567/cara-root-samsung-galaxy-j3-pro-tanpa-pc-dan-dengan-pc

Cara Root SAMSUNG GALAXY J3 PRO Tanpa PC dan Dengan PC

Root samsung galaxy j3 pro kini dapat anda lakukan dengan menggunakan aplikasi ODIN sebagai medianya tanpa pc dan dengan pc. Untuk root samsung galaxy j3 pro j330g diperlukan file software selain ODIN (CF Auto Robot) yakni berupa TWRP (SuperSU), TWRP (Magisk). Baiklah kita mulai saja cara root samsung galaxy j3 pro j330g, hal pertama yang perlu anda siapkan ialah PC.
Hal yang perlu diperhatikan bahwa root hp samsung galaxy j3 pro j330g dapat menyebabkan hilangnya garansi, dapat menyebabkan kerusakan bootloop, dan lain sebagainya, dan pastinya setiap resiko yang timbul semua menjadi tanggung jawab pengguna hp samsung galaxy j3 pro j330g itu sendiri. Selain anda mempersiapkan PC, selanjutnya kita masuk ke dalam proses pemasangan TWRP dengan mendownload beberapa bahan dibawah ini.
Bahan yang perlu di download tersebut yakni Samsung USB Driver (setelah download, langsung instal ke dalam PC), Aplikasi ODIN v3.12.3 (Filenya diekstrak ke dalam PC), dan file TWRP seperti TWRP3.1.1-1-J330, TWRP 3.1.1-1-J330, dan TWRP J3 Pro SM J330G. Dan download lagi dua file yang perlu anda letakkan di dalam kartu sd hp samsung galaxy j3 pro j330g  anda berupa Super SU v2.82 dan No Verify Opt Encrypt 5.1. Setelah semua file software diatas telah anda siapkan, proses root hp samsung galaxy j3 pro j330g pun dapat dilaksanakan.
Proses pemasangan file TWRP diatas diperlukan format/wipe data cache, jadi back up terlebih dahulu semua data penting di memori internal ataupun di kartu sd ponsel samsung galaxy j3 pro j330g anda ke dalam komputer/PC. Langkah pertama, buka ponsel samsung galaxy j3 pro j330g , lalu kemudian aktifkan OEM Lock dan USB Debugging dengan cara sebagai berikut.
Cara mengaktifkan OEM Lock dan USB Debugging di smartphone samsung galaxy j3 pro j330g ialah dengan mengaktifkan Mode Pengembang/Developer Options terlebih dahulu melalui pengaturan, scroll ke bawah dan temukan dan buka about device. Selanjutnya, tap sebanyak 5-7 kali pada build number hingga muncul notifikasi mode pengembang sudah aktif. Setelah itu tekan kembali hingga menu pengaturan dan temukan dan buka developer options/mode pengembang.
Lalu lanjutkan dengan mencari tulisan OEM Lock dan USB Debugging dan kemudian aktifkan kedua-duanya. Masuk ke dalam langkah kedua, masuk ke menu downloading mode dengan cara menonaktifkan perangkat samsung galaxy j3 pro j330g anda hingga off. Dilanjutkan dengan menekan tombol power+home+volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul tampilan downloading mode dan setelah itu, lanjutkan dengan menekan tombol volume atas.
Langkah ketiga, sambungkan perangkat samsung galaxy j3 pro j330g anda ke laptop/komputer PC dengan menggunakan kabel data/USB, dan kemudian buka komputer/PC dan jalankan aplikasi ODIN dengan cara klik kanan dan pilih RUN AS ADMINISTRATOR. Jika komputer/PC anda telah tersambung dengan perangkat samsung galaxy j3 pro j330g  maka secara otomatis aplikasi ODIN akan mendeteksi dan akan muncul tanda pada ODIN sebuah BOX berwarna biru tepatnya dibawah tulisan ID:COM yakni tulisan seperti ini "0emoticon-FrownCOM:1) atau 0emoticon-FrownCOM:2)" dan seterusnya, serta akan ada sebuah tulisan <ID:0/003> Added!! yang berada disebelah kiri aplikasi ODIN.
Namun jika belum ada, disarankan untuk mencabut ulang kabel USB yang sudah terpasang atau menggantinya dengan kabel USB yang lainnya. Langkah berikutnya, pada aplikasi ODIN, klik AP secara otomatis akan ada layar terbuka dan anda dapat lanjutkan dengan mencari file TWRP 3.1.1 J3 Pro yang sudah anda unduh sebelumnya dan kemudian file OPEN. Di tahap ini, jangan klik start terlebih dahulu, melainkan lakukan beberapa pengaturan lainnya yakni buka tab option yang ada di aplikasi ODIN, kemudian hilangkan centang pada AUTO REBOOT. Untuk F. Reset Time centangnya jangan dihilangkan.
Setelah semua pengaturannya sudah sesuai dengan gambar di atas, selanjutnya klik pada tombol "START" dan tunggu hingga prosesnya selesai. Jika proses instalasi berhasil, maka akan ada tulisan "PASS" (latar warna hijau). Pada tahap ini, silahkan tutup aplikasi odin dan cabut kabel USB yang menyambungkan antara smartphone dengan PC/Laptop.Untuk masuk ke Mode Recovery (TWRP) untuk pertama kalinya, sobat harus melakukan cara di bawah ini.
Jika tidak TWRP yang sudah dipasang akan kembali tergantikan oleh CWM bawaan ponsel dan sobat harus mengulanginya dari awal lagi.Tekan dan tahan tombol Home + Vol Bawah + Power secara bersamaan hingga ponsel bergetar. Sesaat setelah ada getaran, segera tekan pindahkan jari dari Volume Bawah ke Volume Atas (secepat mungkin) dengan tetap menahan Tombol Home + Power. Untuk masuk ke Mode Recovery selanjutnya, caranya sudah kembali normal yaitu dengan menekan tombol Home + Vol Atas + Power.
Agar TWRP Samsung J3 Pro bisa permanen, silahkan lakukan Format Data. Caranya tap pada menu Wipe lalu pilih Format Data. Selanjutnya ketik yes untuk mengkonfirmasi perintah lalu tekan Go. Tunggu hingga prosesnya selesai. Langsung saja kita masuk ke dalam tahap rooting. Pertama matikan perangkat dan masuk ke menu TWRP (tekan tombol Home + Power + Vol Atas hingga terasa ada getaran). Tetapi apabila anda masih berada pada menu TWRP, silahkan lewati langkah ini.
Pilih menu Install dan cari file no-verity-opt-encrypt-5.1.zip yang sebelumnya sudah anda tempatkan di dalam kartu memori samsung galaxy J3 pro. Usap ke kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai. Tekan Back / Kembali lalu pilih menu Install lagi. Cari file SuperSU-v2.82.zip.Sekali lagi usap ke arah kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai. Tap tombol back dan pilih Reboot to system dan sekali lagi silahkan tunggu hingga ponsel menyala dengan sempurna. Selesai.
Berikutnya Root samsung galaxy j3 pro j330g via TWRP (Magisk). Magisk merupakan sebuah aplikasi terbaru yang dikembangkan oleh salah seorang member di XDA-Developers dan aplikasi ini memilik 2 metode yang bisa digunakan untuk melakukan root, yaitu flash MagiskRoot melalui TWRP dan Install menggunakan Magisk Manager. Root Melalui Odin (CF Auto Root).
Cara ketiga yakni dengan menggunakan file CF-Auto-Root. Cara ini sudah terbukti ampuh digunakan untuk berbagai jenis dan merk smartphone android, salah satunya adalah samsung galaxy j3 pro j330g. Cara penggunannya pun tergolong mudah, anda tinggal hanya download aplikasi CF-Auto-Root-J3Pro disini dan ekstrak filenya ke dalam komputer/PC anda.
Lalu matikan ponsel samsung galaxy j3 pro j330g anda. dan masuk ke menu Downloading Mode dengan menekan tombol Home + Vol Bawah + Power dan dilanjutkan lagi menekan tombol Volume Atas. Sambungkan ponsel samsung galaxy j3 pro j330g kalian melalui kabel USB ke komputer. Buka aplikasi ODIN dengan cara Run as administrator. Klik tombol AP dan cari file CF-Auto-Root. Pada tab Option Odin, centang Auto Reboot dan F. Reset Time. Klik tombol Start dan tunggu hingga proses pemasangan selesai.
Setelah pemasangan selesai, ponsel samsung galaxy j3 pro j330g akan melakukan restart secara otomatis, sekali lagi silahkan tunggu. Proses restart akan membutuhkan waktu kurang lebih 10 hingga 15 menit, jadi jangan matikan ponsel kalian. Selesai.
Untuk memastikan apakah berhasil atau tidak, silahkan cari file aplikasi SuperSU di dalam smartphone. Jika ada berarti rootnya berhasil, jika tidak ada berarti gagal. Untuk lebih memastikannya, silahkan download aplikasi bernama Root Checker yang dapat anda download di google play store. Sekian Cara Root SAMSUNG GALAXY J3 PRO Tanpa PC dan Dengan PC. Semoga bermanfaat!

Thread Sudah Digembok
Urutan Terlama
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di