alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Soal Laporan Utang Piutang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbe46fec0d7704e698b4568/soal-laporan-utang-piutang

Soal Laporan Utang Piutang

Assalaamualaikum

Langsung aja gan
Ane mahasiswa gan nah pas thn 2017 ane minjemin uang ke temen ane.
totalnya 430rb dan untungnya kita tulis lewat kertas bahkan dia sendiri yg nulis catatan utang dia beserta janji bayarnya.

Tp sprtinya dia ga mau bayar gan
Uang segitu menurut mahasiswa terbilang gede gan.

Kalo misal ane laporin ke polisi menurut agan gimana?

Minta pendapatnya
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
saya coba jawab pertanyaan agan ya, masalah utang piutang bukan masuk ranah hukum pidana gan tapi perdata, apabila temen agan sudah janji namun tidak juga dibayar padahal sudah ditulis dalam catatan merupakan suatu perbuatan wanprestasi, saran saya buat catatan tersebut ditandatangani oleh yang berhutang diatas matrai
agar pembuktiannya lebih kuat dalam proses persidangan nantinya.
Bener kata yang di atas, pada prinsipnya Hutang Piutang masuk ranah Hukum Perdata, bukan Hukum Pidana.

Tapi menurut saya, kalo si peminjam belum pernah melakukan pembayaran sama sekali, bahkan untuk mencicil, agan bisa coba kasih Peringatan/Somasi untuk si peminjam agar mau bayar.

Kalo ternyata engga ada tanggapan dan emang engga ada itikad baik dari dia untuk mengembalikan pinjaman, agan bisa lapor dengan dasar Penipuan 378 KUHP atau Penggelapan 372 KUHP.

372 KUHP (Penggelapan)

Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum memiliki barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang lain, tetapi yang ada dalam kekuasaannya bukan karena kejahatan diancam karena penggelapan, dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah.

378 KUHP (Penipuan)

Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama empat tahun.
Quote:


Quote:


Ya gan ane tau ini masuk ke perdata
Yg ane tanyain kalo ane perdata in kasus ini etis ga? Secara utangnya ga nyampe 500rb
Utangnya 430rb dan uang segitu bagi ane mahasiswa gede gan

Butuh masukan dari agan2 yg paham hukum

Oya utangnya udah melebihi batas janji dia bayar dicatatan berarti udah wanprestasi ya?
Diubah oleh abu.fairuz
pukul aja bre temen kaya gtu ntar dia keluar duit buat rumah sakit lebih gede anggap aja lunas
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Balasan post abu.fairuz
etis gan, sekarang kan sudah ada gugatan sederhana untuk penyelesain terkait wanprestasi dan PMH yang kerugian materiilnya paling banyak Rp. 200.000.000 (dua ratus juta rupiah). gugatan sederhana diatur melalui Peraturan Mahkamah Agung No. 2 Tahun 2015, disitu ada syarat dan tata cara pengajuannya.
Quote:


Kemaren ane dah konsultasi ke bkbh/lbh yg jawab mahasiswa

Jawabannya byk yg mengecewakan sih gan.

Katanya kalo ane masukin ke sidang perdata ane bisa keluar duit lebih byk satu jutaan walo udah wanprestasi.

Terus ane jg kan punya org yg nipu barang, ada surat perjanjian juga, pas ane konsul jawabnya misal si pelaku keluar kota maka barang ane lenyal si pelaku tdk bisa dikejar.

Ini sgt berbeda dg kasus ustadz Yusuf Mansur yg dituntut oleh jemaahnya disurabaya dan ust yusuf mansur pun kena gugatan sampe ngembaliin uang tsb ke jemaah.

Korban ust yusuf ada disurabaya sedangkan ust ym ada dijakarta aja bisa diproses.

Ntah saya yg ga ngerti hukum ato gimana sih gan.
Mungkin agan bisa kasih masukan.
Quote:


Soal kemungkinan keluar biaya lebih banyak itu engga sepenuhnya salah, gan

Proses beracara engga sekali-dua-kali dateng terus selesai. Agan mesti ngongkos, minimal beli minum buat nunggu, bayar panjer perkara, bayar posbakum kalo ga bisa bikin gugatan.
Dan waktu yang diperlukan sampe putus pun bisa berbulan-bulan.

Oke, dia emang wanprestasi. Tapi seharusnya gugatan dan pengadilan jadi pilihan terakhir.

Upayakan mediasi dan penyelesaian di luar pengadilan dulu aja.
Quote:


Terus yg benar2 dimaksud wanprestasi itu gimana gan?
Semua penyelesaian diluar udah ane lakuin
Emg harus sidang keknya nih orang gan
hallo gan...

saya coba bantu jawab ya....

sebelum saya masuk dalam case agan, agan hrs mengetahui yg dimaksud dengan wanprestasi itu adalah kelalaian atau kealpaan seseorang atas apa yg dia janjikan...

kalau dari case agan, mungkin sdh beberapa agan2 sdh jlskan dr segi perdata dan pidananya...

menyangkut biaya, sebenarnya gan utk proses gugatan Wanprestasi melalui pengadilan itu memang betul ada biaya2, contoh utk pendaftaran gugatan dipengadilan, dllnya... dan proses nya bth waktu yg panjang... tetapi bisa ajukan utk ganti rugi..itu bisa dikonsultasikan ke kuasa hukum agan (apabila agan memilih kuasa hukumnya).

nah, saran saya gan... lebih baik ajak duduk bareng dl saja agar ada solusinya... mungkin agan ksh keringanan agar dicicil pengembaliannya... atau dgn cara lainnya biar kedua belah pihak saling menguntungkan.... apabila tidak ada solusi... agan bisa kasih somasi melalui pengacara... jika somasi tdk mempan juga, ya kalau agan siap dengan proses dan biaya2 yg kt sudah gambarkan ya monggo gan.. tp perlu di ingat sebelum masuk persidangan, agan mesti kumpulkan bukti2 dan saksi yg kuat ya...



semoga masalah agan cpt mendapatkan solusi ya...


bacaan sambil ngopi ni gan --->>>> mfferdiansyah.blogspot.com


terima kasih.
Ini seriusan?


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di