alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Komunitas Yahudi Galang Dana untuk Korban Gempa Palu-Donggala
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbe15d014088d37678b4568/komunitas-yahudi-galang-dana-untuk-korban-gempa-palu-donggala

Komunitas Yahudi Galang Dana untuk Korban Gempa Palu-Donggala

Komunitas Yahudi Galang Dana untuk Korban Gempa Palu-Donggala
Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 17:34 WIB

Komunitas Yahudi Galang Dana untuk Korban Gempa Palu-Donggala
Ilustrasi dampak gempa Palu-Donggala. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah organisasi komunitas Yahudi dunia mulai menggalang dana untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah. World Jewish Relief (WJR), salah satu komunitas Yahudi yang berbasis di Inggris, membuka penggalangan dana secara daring melalui situs resminya.

"Gempa berkekuatan 7,4 skala richter yang menyebabkan tsunami telah menerjang Sulawesi, Indonesia. Korban tewas mencapai lebih dari 800 orang dan terus bertambah," bunyi pernyataan WJR dalam situsnya. "Bantuan segera dari Anda semua seperti tenda, makanan, air bersih, peralatan medis, dan sanitasi bisa membantu kami menyediakan pertolongan segera bagi mereka."

[ltr]Komunitas Yahudi Galang Dana untuk Korban Gempa Palu-Donggala[/ltr]
Komunitas Yahudi Galang Dana untuk Korban Gempa Palu-Donggala
Selain WJR, IsraAid, organisasi non-pemerintah berbasis di Israel, menyatakan telah mengirim tim kecil berisikan lima pekerja ke Indonesia untuk membantu penanggulangan bencana yang telah menewaskan lebih dari 1.400 orang per hari ini. Kelompok itu tetap mengirimkan sejumlah personelnya meski kepengurusan visa relawan diprediksi sulit karena Indonesia dan Israel tak punya hubungan diplomatik. IsraAid menyatakan organisasinya tengah menganalisis bantuan jangka panjang yang dapat diberikan bagi para korban di Palu dan Donggala.

Lihat juga: BNPB Sortir Bantuan Asing dari 29 Negara untuk Gempa Palu

Sementara itu, dikutip The Jerusalem Post, Komite Distribusi Gabungan Komunitas Yahudi Amerika (JDC) juga menyatakan telah mengirim sejumlah bantuan medis seperti terpal, kasur, selimut, generator listrik, air, dan beberapa pasokan makanan bagi para korban gempa Palu dan Donggala. JDC menyatakan seluruh bantuan itu akan disalurkan melalui organisasi lokal yang menjadi mitra komite tersebut.

"Kami prihatin pada warga Indonesia yang telah menderita akibat dua bencana tragis dalam beberapa bulan terakhir yang menjadikan mereka membutuhkan bantuan segera untuk mempersiapkan mereka menghadapi krisis selanjutnya," ucap CEO JDC, David M Schizer.

"Ketika orang-orang Yahudi di seluruh dunia sedang berkumpul untuk merayakan hari besar kami, kami tetap menyadari berkah yang kami dapat dan tanggung jawab kami untuk membantu memperbaiki duni yang rusak. Kami juga menyadari kewajiban kami untuk bertindak memberikan bantuan bagi mereka yang menghadapi begitu banyak keputusasaan."

Lihat juga: Bantuan Asing Gempa Palu Fokus Rehabilitasi dan Rekonstruksi

JDC menyatakan kelompoknya juga telah mengirim sebuah tim ke lapangan termasuk ahli psikologis, medis, dan sejumlah relawan. Dukungan psikologis bagi keluarga korban bencana, terutama mengenai terapi trauma, sangat kritikal dalam penanggulangan bencana. JDC sudah berkontribusi membantu Indonesia dalam penanggulangan bencana sejak tsunami di Aceh 2004 lalu.

Perwakilan JDC Indonesia selama ini juga terlibat dalam penelitian mengenai penanganan korban bencana terutama kelompok rentan seperti perempuan, anak-anak, dan orang tua bersama sejumlah organisasi lokal.
https://www.cnnindonesia.com/interna...-palu-donggala

Komunitas Yahudi dan relawan Israel akan bantu korban gempa Palu
7-10-2018

Komunitas Yahudi Galang Dana untuk Korban Gempa Palu-Donggala
Bantuan komunitas Yahudi untuk korban gempa dan tsunami Palu [sumber gambar]

Mendengar bencana gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu dan sekitarnya, , lembaga swadaya masyarakat Israel, IsraAId, akan mengirimkan satu tim relawan untuk membantu para korban gempa. 

Dilansir dari cnnindonesia.com yang dikutip dari The Jerusalem Post, para tenaga sukarela asal negeri Bintang Daud itu diprediksi akan kesulitan saat mengurus visa masuk karena antara Israel dan Indonesia tak mempunyai hubungan diplomatik. Bahkan, sejumlah komunitas Yahudi internasional juga akan turun menggalang dana. 

Dilansir dari cnnindonesia.com, mereka adalah World Jewish Relief (WJR) yang berbasis di Inggris serta Komite Distribusi Gabungan Komunitas Yahudi Amerika (JDC) yang menyatakan telah mengirim sejumlah bantuan medis seperti terpal, kasur, selimut, generator listrik, air, dan beberapa pasokan makanan bagi para korban gempa Palu dan Donggala.
https://www.boombastis.com/bantuan-a...pa-palu/182690

MDMC Muhammadiyah Tepis Isu Salurkan Bantuan Israel untuk Palu
Jumat 05 Oktober 2018, 11:11 WIB



Komunitas Yahudi Galang Dana untuk Korban Gempa Palu-DonggalaPengungsi korban gempa di Palu. Foto: Pradita Utama

Jakarta - Beredar isu bantuan dari Israel berupa alat penjernih air untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Pihak MDMC membantah mentah-mentah isu ini.

Kabar itu diunggah oleh akun Hadassah of Indonesia pukul 09.59 WIB, Jumat (5/10/2018). Ada beberapa foto yang diunggah berikut keterangannya. "Hore, alat penjernih air dari NUF Israel sudah tiba di Palu, Sulawesi Tengah. Bantuan disalurkan melalui organisasi tanggap bencana Muhammadiyah MDMC," tulis pemilik akun tersebut.

Dalam penjelasan akun itu, Hadassah of Indonesia memiliki tujuan untuk mengedukasi tentang sejarah Israel, Yahudi dan sejarah Holocaust agar tidak ada kebencian terhadap Yahudi dan Israel. Salah satu foto yang diunggah adalah tangkapan layar dari akun Israel Berbahasa Indonesia yang bercentang biru. Akun Israel Berbahasa Indonesia mengunggah foto-foto bantuan untuk Israel pada 3 Oktober 2018 dan tertulis pula organisasi MDMC di posting-an itu. 

Ketua MDMC Budi Setiawan menepis isu tersebut. Sejauh ini, kata Budi, MDMC tak mendapat tawaran bantuan dari Israel. "Kami memang mendapat tawaran bantuan dari kelompok Yahudi, tapi bukan dari Israel. Kelompok Yahudi dari Inggris. Itu pun masih kami pertimbangkan," papar Budi.

Kelompok Yahudi adal Inggris tersebut, kata Budi, berkomunikasi lewat komunitas lintas agama. Bantuan yang ditawarkan bukanlah alat penjernih air. "Mereka tawarkan obat-obatan, tapi kami juga sudah ada sebenarnya," ujar Budi.

MDMC memang memasang alat penjernih air atau water purifier untuk korban gempa dan tsunami di Palu. Namun alat itu bukanlah bantuan dari Israel. "Water purifier kami beli sendiri di Makassar," ungkap Budi.
https://news.detik.com/berita/424345...ael-untuk-palu

RI Batasi Bantuan Luar Negeri untuk Gempa Palu Hanya Berupa Barang
01/10/2018, 19:25 WIB

Komunitas Yahudi Galang Dana untuk Korban Gempa Palu-Donggala
 Ekskavator diterjunkan untuk membersihkan puing-puing dan mencari korban di kawasan Perumnas Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018).(Kementerian PUPR) 

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan bahwa pemerintah membatasi bantuan pihak internasional untuk korban gempa bumi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, hanya berupa barang. "Jadi kemungkinan-kemungkinan itu hanya barang ya.  Jadi mereka tidak masuk ke Indonesia apalagi ke lokasi. Jadi kemungkinan besar kita terima dan nanti kita sendiri yang akan mendistribusiikan bantuan-bantuan itu," ujar Agus saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2018). 

Menurut Agus, seluruh bantuan yang berasal dari luar negeri akan dikoordinasikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto. Ia memastikan pemberian bantuan akan berjalan sesuai mekanisme yang berlaku.  "Negara-negara itu diperbolehkan untuk membantu tapi nanti akan dikoordinasikan seperti apa mekanismenya atau jenis bantuannya. Nah itu akan dikoordinasikan kembali oleh Menko Polhukam," kata Agus. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo kepada, melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, menyampaikan bahwa Indonesia menerima bantuan internasional untuk korban gempa bumi dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. 

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho, ada enam kebutuhan awal yang diperlukan dari bantuan internasional, yaitu alat angkut udara untuk landas pacu 2.000 meter, water treatment, genset, rumah sakit lapangan beserta tenaga medis, dan fogging. 

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 yang disusul tsunami melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) sore. Data jumlah korban jiwa dan kerusakan terus bertambah. Hingga pukul 13.00 senin ini, tercatat 844 orang meninggal dunia, 90 orang hilang, serta 632 luka berat dan dirawat di rumah sakit. Selain itu, sebanyak 48.025 jiwa mengungsi di 103 titik di Kota Palu. Sementara data jumlah pengungsi di Kabupaten Donggala, belum bisa disampaikan.

https://nasional.kompas.com/read/2018/10/01/19252771/ri-batasi-bantuan-luar-negeri-untuk-gempa-palu-hanya-berupa-barang

-----------------------

Kan yang diizinkan Pemerintah sebatas bantuan barang saja? 
Bukan bantuan tenaga relawan asing, jadi nggak apa-apalah! 

emoticon-Big Grin
Quote:
Kalau dikasih bantuan kafir, nggak usah diterima..
Sama saja nggak ada faedahnya juga..

Cuiih... emoticon-fuck3
Balasan Post northvidelia
Quote:


Kenapa cuma berhenti di bantuan, semua yg dibuat kafir harus jangan diterima jangan digunakan dong.. Kok pilih2 emoticon-Bingung
Komunitas yg baik ..
Quote:


Lu gunain teknologi sekarang ini sama aja terima bantuan kafir cuk

Mikiirrr..... emoticon-Mad

Ana beneran kecewa banget kalau sampai pemerintah beneran terima itu bantuan
Ana dan segenap rakyat indonesia ga butuh bantuan dari mereka yang membantai saudara saudara kami di palestina
Balasan Post northvidelia
Quote:


ngaskus pake barang kafir lo nyet .... sekate kate lo nyet
seneng lo liat bencana n orang mati di sulawesi
emoticon-Blue Guy Bata (L)

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Balasan Post northvidelia
Komunitas Yahudi Galang Dana untuk Korban Gempa Palu-Donggala
Quote:


Balasan Post ndoromuda
Quote:


Lu mending pindah ke palestina gih sono emoticon-Wakaka
Balasan Post northvidelia
Quote:


Agama lu nyuruh nolak bantuan dari orang kafir, gan? emoticon-Mad

Orang mo beramal/sedekah kok dihalang-halangi? Think emoticon-cystg
Komunitas Arab (Timur Tengah) kapan? emoticon-Nohope


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di