alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sudah Angkut 493 Ribu Penumpang, Ini Alasan Kecepatan LRT Sumsel Hanya 40-50 Km
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbe08eec1cb1777068b4567/sudah-angkut-493-ribu-penumpang-ini-alasan-kecepatan-lrt-sumsel-hanya-40-50-km

Sudah Angkut 493 Ribu Penumpang, Ini Alasan Kecepatan LRT Sumsel Hanya 40-50 Km

Sudah Angkut 493 Ribu Penumpang, Ini Alasan Kecepatan LRT Sumsel Hanya 40-50 Km

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kecepatan moda transportasi massal Light Rail Transit (LRT) Sumsel saat ini terus berjalan dan dilakukan evaluasi, mengingat dinilai masih terlalu lamban.

Bahkan, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, saat mencoba LRT pertama kali menilai kecepatannya perlu ditambah.

Saat ini kecepatan LRT Sumsel sudah dinilai tahap maksimal, lantaran telah mencapai 80 kilometer (km) per jam.

"LRT Sumsel ini pertama kali didesain kecepatan maksimal 100 km per jam, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan. Jadi, kita sudah coba dengan kecepatan 80km dari jarak Stasiun Jakabaring sampai Stasiun Polresta Palembang," jelas PPK LRT, Suranto dikonfirmasi Sripoku.com, Rabu (10/10/2018).

Menurutnya, kecepatan maksimal LRT saat ini masih berkisar 40-50Km/jam, mengingat banyaknya tikungan serta jarak yang cukup pendek antar stasiun.

"Kecepatan LRT Sumsel tidak bisa menyamai kecepatan dari kereta lain, mengingat jarak antar stasiun berkisar 600 meter," ujarnya kepada Sripoku.com.


Dari total 13 jumlah stasiun LRT, saat ini telah beroperasi 12 stasiun, hanya menyisakan Stasiun Garuda Dempo yang masih dikerjakan.

Sedangkan untuk tikungan sendiri, lanjut Suranto, Jalur LRT Sumsel tidak sedikit yang menikung hingga 90 derajat.

Seperti tikungan Simpang Bandara, Simpang Tanjung Api-api, Angkatan 45, Tikungan BI atau Simpang RS Charitas serta tikungan Bundaran Jakabaring.

"Dengan jarak antar stasiun hanya 600 meter dan tikungan tajam seperti yang di Simpang Charitas, jadi LRT sulit untuk mencapai kecepatan maksimal," kata dia.

Ia melanjutkan, saat ini jarak tempuh LRT dari Stasiun Jakabaring ke bandara memakan waktu 60 Menit.

"Kita masih mencari solusi untuk mempersingkat waktu berkisar 30-45 menit daei Jakabaring ke Bandara dan memangkas jarak tunggu antar stasiun," ujarnya.

Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menambahkan, sejak beroperasi pada 23 Juli 2018 lalu, penumpang LRT telah mencapai 493.748 penumpang berdasarkan update tanggal 9 Oktober 2018.

"Sedangkan untuk 1 stasiun yang belum beroperasi kita targetkan selesai sebelum akhir tahun. Jadi Tahun 2019 semua stasiun LRT sudah beroperasi," ungkapnya.

sumber http://palembang.tribunnews.com/2018...50-km?page=all
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Sudah dibangun baru bilang gini, kenapa gk waktu desain awal dicermati
"Dengan jarak antar stasiun hanya 600 meter dan tikungan tajam seperti yang di Simpang Charitas, jadi LRT sulit untuk mencapai kecepatan maksimal," kata dia.
=================================================================================
kalo jaraknya pendek pendek, kenapa ngga bikin yg dekat tanah aja ya? ngga usah tinggi tinggi
anggaran boleh ngutang, koq ya ngga bikin yg murah meriah efektif gitu?

Sudah Angkut 493 Ribu Penumpang, Ini Alasan Kecepatan LRT Sumsel Hanya 40-50 Km

https://www.athensguide.com/tram.htm
Diubah oleh tukangkredit
gagal manik, gagal manik emoticon-Cape d...
Quote:


jalan kereta api di jkt yg di tanah aja pada dinaik2in biar gak berbenturan dgn jalan raya.
ini malah nyuruh diatas tanah aja
lu pikir ini di kampung?
emoticon-Hammer2
Diubah oleh yesknow
Balasan post yesknow
Quote:


ohh iya, gue lupa
ini trem di kampung gw di athena

Sudah Angkut 493 Ribu Penumpang, Ini Alasan Kecepatan LRT Sumsel Hanya 40-50 Km

https://www.athensguide.com/tram.htm
Quote:


goblok again...emoticon-Ngakak

lu pikir jumlah penduduk & pengguna jalan gak ikut jd pertimbangan ?

Sudah Angkut 493 Ribu Penumpang, Ini Alasan Kecepatan LRT Sumsel Hanya 40-50 Km
lrt ga ada yg naik gitu bilang nya 400rebu penumpang
Balasan post yesknow
njiiir rame juga dah angkut segitu banyak
Balasan post wmd.88
Produk/proyek gagal??? emoticon-Kolombia
Keren yak, udah jadi baru bingung,



emoticon-Cape d...
makanya pakai oli top one

Yang dibangga banggain nastak ternyata larinya cuma segitu kencengan juga naik becak murah meriah ga pake polusi, produk dalam negeri dan ga pake ngutang luar negeri


Quote:


Tw ndiri mental pengandara indonesia kan gan??

klo model tram kayk gtu, jalurnya bakaln ngubek ama jalur mobil biasa.
ujung2nya ntr ad yg ngmg "knp gak bus sekalian aja"
emoticon-Big Grin
Balasan post bramhiphip
Quote:

cuma gara2 antisipasi omongan kampungan gitu aja koq ya dibangun tiang tinggi tinggi, dikasih pembatas median juga beres koq, jalur tram dibuat seperti jalur kereta, ngga mulus.. untuk menghindari kalo ada motor/mobil yg masuk.. kalo nekat juga, dikenakan denda 1jt

kenapa ngga bus sekalian aja?
1. bus butuh bbg /bbm.. yang lebih mahal daripada listrik lrt pada tram
2. bus menghasilkan CO2 atau bahkan CO , bikin sesek nafas
3. bus ngga bisa membawa 300 penumpang sekali angkut, tram bisa
4. transjakarta bisa punya jalur sendiri kan? kenapa tram ngga bisa berdampingan dengan jalan biasa?
5. kalo mentok juga, kenapa di palembang ngga dibangun jalur busway "transPALEMBANG"? murah meriah efektif
Diubah oleh tukangkredit


Quote:


Emg tram g lwt perempatan emoticon-Big Grin
tu tram dmn2 dimn2 pasti bakal lwt persimpangan jalan raya. trs trotoar bakal ngalangin mobil lwt di perempatan dong emoticon-Big Grin

sbnernya ad bus listrik kq..namanya troley bus.

Sudah Angkut 493 Ribu Penumpang, Ini Alasan Kecepatan LRT Sumsel Hanya 40-50 Km
Sudah Angkut 493 Ribu Penumpang, Ini Alasan Kecepatan LRT Sumsel Hanya 40-50 Km
Sudah Angkut 493 Ribu Penumpang, Ini Alasan Kecepatan LRT Sumsel Hanya 40-50 Km

ini trolley bus tu ide unik utk kota2 yg g gede2 bgd tp butuh moda transportasi yg baik dg keunggulan energi listrik.
Balasan post bramhiphip
Quote:


usul itu kurang bagus dipakai di "negara tropis" seperti kita, safety faktor kanan kiri nya lebih rumit

tapi semoga pemborosan seperti LRT palembang itu ngga terjadi di masa datang

kalo lewat perempatan, tram nya dikasih prioritas dong. kalo suatu saat palembang jadi kota metropolitan sibuk seperti jakarta, baru dibuat fly over.. atau bahkan jalan layang. ngga kayak sekarang.. full jalan layang, biayanya jauh lebih mahal.. utang pula
Diubah oleh tukangkredit
klo diatasi,bisa pake mesin pesawat biar tambah wuzzz wuzzz wuzzz


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di