alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Argentina Protes Rencana Latihan Militer Inggris di Kepulauan Falkland
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbded2012e2570a488b4578/argentina-protes-rencana-latihan-militer-inggris-di-kepulauan-falkland

Argentina Protes Rencana Latihan Militer Inggris di Kepulauan Falkland

Argentina Protes Rencana Latihan Militer Inggris di Kepulauan Falkland
AFP / JUAN MABROMATA
Penduduk Kepulauan Falkland memperhatikan monumen peringatan Perang Falkland antara Argentina dengan Inggris yang pecah pada 1982 dan menewaskan hampir 1.000 orang dari kedua kubu.


Pemerintah Argentina telah mengajukan protes formal kepada Kedutaan Inggris atas rencana digelarnya latihan militer yang akan dilakukan kerajaan itu di Kepulauan Falkland.

Buenos Aires telah memperhatikan dan mendapat informasi mengenai latihan militer Inggris yang akan berlangsung pada 15-29 Oktober mendatang.

Melansir dari AFP, pelatihan militer tersebut salah satunya akan melibatkan peluncuran rudal. Demikian disampaikan pihak kementerian luar negeri Argentina.

"Argentina menolak penyelenggaraan latihan militer di wilayah negara kami yang diduduki secara ilegal oleh Inggris," kata kementerian dalam pernyataannya, Selasa (9/10/2018).

Sebagaimana diketahui, kedua negara tersebut terlibat dalam perang pada 1982 di pulau-pulau Atlantik Selatan yang dikuasai Inggris itu.

Kementerian menambahkan, PBB bersama dengan Badan Internasional telah mendesak agar kedua negara melanjutkan proses negosiasi untuk mencapai solusi damai dan definitif terhadap sengketa kedaulatan tersebut.

Argentina juga telah melayangkan protes serupa dua tahun lalu, sementara Inggris berpendapat bahwa latihan militer yang diselenggarakan telah rutin digelar.

Sengketa kedua negara atas Kepulauan Falkland bermula dari Argentina di bawah diktator Leopoldo Galtieri yang mengirim pasukan untuk menduduki kepulauan itu.

Hal tersebut mendorong Inggris untuk turut mengirimkan pasukan ekspedisinya dan merebut kembali wilayah itu dari Argentina.

Akibat perang yang pecah pada 1982 tersebut, sebanyak 649 tentara Argentina tewas, sementara dari kubu Inggris, korban tewas mencapai 255 orang tentara.

Perang yang berlangsung selama 74 hari itu juga menewaskan tiga penduduk pulau.
Pihak Argentina berpendapat bahwa mereka mewarisi wilayah kepulauan tersebut sejak memperoleh kemerdekaan dari Spanyol pada abad ke-19.

Sementara Inggris menolak menegosiasikan status Kepulauan Falkland seperti keinginan Argentina karena hampir 3.000 penduduk kepulauan tersebut telah memilih untuk menjadi bagian dari Inggris dalam referendum yang digelar pada 2013.

https://internasional.kompas.com/rea...lauan-falkland

INI SAMA AJA TEMANYA INDONESIA PROTES LATIHAN MILITER AUSTRALIA DI PULAU NATAL & KEPULAUAN COCOS (KEELING)

emoticon-Traveller
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Hmmm. Sejarah Pulau ini memang selalu tumpang tindih antar berbagai koloni. Untuk saat ini sulit bagi Argentina untuk merealisasikan klaimnya atas Falkland. Andaikan US masih pake Doktrin Monroe mungkin masih bisa minta tolong ke US itu Argentina (Doktrin Monroe menyatakan bahwa US akan membela negara-negara di Benua Amerika dalam sengketa dengan kekuatan Eropa). Sayangnya sekarang US tidak lagi pake Doktrin Monroe dan justru menitikberatkan pada Atlantik Utara (NATO).
Makin panas aja nih
Hasil Referendum pro UK ya berarti jelas masuk UK
Diubah oleh rickreckt
Tuh pulau juga gak gmn dipedulikan lagi ama org argentina
Quote:


seumpamanya US pake doktrin Monroe dan bela Argentina vs Britania seru juga tuh 2 saudara adu jotos
Quote:
kebetulan di Falkland udara udah mulai panas ini bre emoticon-Ngakak (S)

Quote:
Argentina emang mau cari mati

Quote:
betul, lagian penduduk Falkland juga bulet gabung Britania lewat Referendum 2013
Falkland skg jauh lbh kuat drpd dlu.
dlu cm ad 12 serdadu doang.

skg ud ad 4 typhoon, 1-2 frigat ama 300 serdadu stand by dsana.

Argentina jg skg lemah..apa kabar pula kapal selem argentina yg ilang kmrn2 emoticon-Big Grin
Balasan post matthysse67
Quote:


Kalo US saat ini pake Doktrin Monroe, dan belain Argentina. Inggris gak bakalan berani ngapa-ngapain. Hanya butuh waktu 1 hari bagi US mencaplok Falkland dan memberikannya pada Argrntina. Dan Inggris pasti hanya bisa kelojotan, gak berani ngapa-ngapain


argentina mestinya mintak tolong ama buyutnya , si spanyol.

toh kemaren spanyol ama britis juga senggol-senggolan di gibraltar..
Quote:


biasa senggolan saling tembak tes senjata di Gibraltar

Argentina minta bantuan mbah Spanyol

Inggris tinggal telpon cucunya, gampang

emoticon-Traveller


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di