alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Gugatan terhadap Bambang Hero dan perlindungan saksi ahli
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbdca5e14088d79528b4571/gugatan-terhadap-bambang-hero-dan-perlindungan-saksi-ahli

Gugatan terhadap Bambang Hero dan perlindungan saksi ahli

Gugatan terhadap Bambang Hero dan perlindungan saksi ahli
Foto ilustrasi. Sejumlah pelajar berangkat sekolah menggunakan perahu tradisional menembus kawasan yang tertutup kabut asap di Sungai Ogan, Palembang, Sumsel, Jumat (5/10/2018). Kabut asap tersebut merupakan dampak dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi diberbagai Kab/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.
Saksi ahli di pengadilan menjadi sasaran gugatan perusahaan yang telah dinyatakan bersalah dalam kasus kebakaran hutan dan lahan.

Gugatan dilayangkan PT Jatim Jaya Perkasa (PT JJP) ke pengadilan Negeri Cibinong terhadap Guru Besar Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB), Bambang Hero Saharjo.

PT JJP mendaftarkan perkara itu pada 17 September 2018 dan sidang perdana akan digelar pada Rabu 17 Oktober 2018.

Dalam gugatannya, seperti termuat di laman PN Cibinong, PT JJP menganggap surat keterangan ahli yang ditandatangani Bambang cacat hukum, tidak memiliki kekuatan pembuktian dan batal demi hukum.

PT JJP pun menggugat Bambang membayar seluruh kerugian yang dialami perusahaan itu sebesar Rp510 miliar. Kerugian itu meliputi biaya operasional pengurusan masalah lingkungan hidup, biaya akomodasi,dan biaya lainnya sebesar Rp10 miliar, serta kerugian moril sebesar Rp500 miliar.

Pengadilan Negeri Jakarta Utara menyatakan PT Jatim Jaya Perkasa (PT JJP) bersalah pada 15 Juni 2016 dan dikuatkan lewat putusan banding di Pengadilan Tinggi Jakarta pada 10 Maret 2017.

PT JJP dihukum membayar denda kerugian materiil sebesar Rp119,888 miliar dan melakukan tindakan pemulihan terhadap lahan terbakar seluas 1.000 hektare dengan biaya sejumlah Rp371,137 miliar. Jadi, PT JJP meski merogoh kocek sekitar Rp500 miliar.

Dalam kasus kebakaran hutan dan lahan itu, Pengadilan Tinggi Pekanbaru telah menghukum Kepala Kebun PT JJP Kosman Vitoni Immanuel Sibiro dipidana empat tahun penjara dan denda Rp3 miliar.

Sebelum gugatan menyasar Bambang, PT JJP pernah menggugat Basuki Wasis ke PN Cibinong pada 16 Agustus 2017. Basuki merupakan dosen Fakultas Kehutanan IPB--sama seperti Bambang Hero-- yang menjadi saksi ahli dan melakukan pengujian terhadap tanah bekas terbakar.

PT JJP menggugat Basuki membayar ganti rugi sebesar Rp610 miliar. Gugatan itu berakhir dengan mediasi dan akta perdamaian pada 31 Oktober 2017.

Gugatan dari PT JJP berlalu, tetapi Basuki Wasis belum bernafas lega karena harus menghadapi gugatan lain. Basuki, sebagai saksi ahli yang dihadirkan jaksa KPK, digugat mantan Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam.

Nur Alam telah divonis 12 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta 28 Maret 2018. Pengadilan Tinggi Jakarta memperberat hukuman Nur Alam menjadi 15 tahun penjara pada 19 Juli 2018.

Nur Alam menggugat Basuki pada 12 Maret 2018 dan sidang perdana telah digelar pada 10 April 2018. Tak tanggung-tanggung, Nur Alam menuntut ganti rugi kepada Basuki Rp3,14 triliun yang terdiri dari Rp1,47 miliar materil dan Rp3 triliun immateril.

Upaya mediasi gagal dan sidang akan berlanjut pada Kamis (11/10/2018) dengan agenda permohonan intervensi.
Gugatan terhadap Bambang Hero dan perlindungan saksi ahli
Tangkapan layar petisi dengan judul "selamatkan Prof Bambang Hero Saharjo" di laman change.org, Rabu (10/10/2018) Dukungan terus mengalir
Gugatan terhadap saksi ahli mendapat banyak sorotan publik. Dukungan terhadap Bambang Hero dan Basuki pun mengalir dari berbagai kalangan, termasuk di ranah maya.

Ada dua petisi dukungan terhadap Bambang dan Basuki di laman change.org bertajuk Tolak Gugatan Terhadap Basuki Wasis (Pejuang Lingkungan) dan Selamatkan Prof Bambang Hero Saharjo.

Hingga Rabu (10/10/2018), petisi yang meminta menolak gugatan terhadap Basuki telah ditandatangani 36 ribu orang. Adapun petisi "selamatkan Bambang" telah ditandatangani 40 ribu orang lebih sejak diluncurkan pada 4 Oktober 2018 lalu.

Sementara dukungan terus mengalir, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pun menyiapkan tim bantuan hukum untuk menghadapi gugatan terhadap Bambang Hero.

Direktur Jenderal Penegakan Hukum KLHK, Rasio Ridho Sani, mengatakan telah meminta salinan gugatan dari PT JJP terhadap Bambang Hero untuk dapat dipelajari lebih lanjut.

Rasio mengatakan akan berkoordinasi dengan banyak pihak yang bisa mendukung dan memberikan perlindungan hukum kepada Bambang.

"Kita harus lawan. Kami akan dukung, kita lindungi, kita selamatkan Prof Bambang," kata Rasio melalui Antaranews. "Saksi, ahli dan informan adalah orang yang harus dilindungi."

Rasio mengatakan mengatakan peranan ahli sangat penting dalam upaya penegakan hukum karhutla untuk membantu dalam mengetahui kejadian sebenarnya. Bambang Hero telah menjadi ahli dalam 24 kasus termasuk kasus kebakaran hutan dan lahan PT JJP.

Rasio mengutip Pasal 66 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Pasal itu menyebutkan bahwa setiap orang yang memperjuangkan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat tidak dapat dituntut secara pidana maupun digugat secara perdata.

Perlindungan terhadap pelapor dan informan juga termuat dalam pasal 76 Undang-undang Nomor 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. Pasal ini menyebutkan bahwa pelapor dan informan tidak dapat dituntut secara hukum, baik pidana maupun perdata atas laporan dan kesaksian yang akan, sedang, atau telah diberikannya.
Perlindungan terhadap saksi ahli
Dalam perkara pidana, keterangan ahli diatur Pasal 184 ayat (1) KUHAP yang menyatakan bahwa alat bukti yang sah dalam pengadilan pidana salah satunya adalah keterangan ahli.

Sedangkan pada Pasal 1 angka 28 KUHAP, dinyatakan, keterangan ahli adalah keterangan yang diberikan oleh seorang yang memiliki keahlian khusus tentang hal yang diperlukan untuk membuat terang suatu perkara pidana guna kepentingan pemeriksaan.

"Karena ahli menyampaikan keterangannya berdasarkan keahliannya, maka ahli tidak dapat dipidana," demikian kesimpulan Hukumonline menjawab pertanyaan mengenai gugatan terhadap saksi ahli ini.

Meski tak bisa dipidana karena keterangannya, gugatan tetap muncul lewat gugatan perdata seperti dihadapi dua dosen dari IPB. Untuk itu, Rektor IPB, Arif Satria mendorong penerbitan peraturan pemerintah guna memperkuat perlindungan terhadap dosen yang menjadi saksi ahli dalam pengadilan.

Dilansir Antaranews, Arif menjelaskan peraturan pemerintah tentang perlindungan dosen dan guru itu akan menjadi bagian dari penerapan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Arif mengatakan IPB akan melindungi dosen-dosen yang menjalankan tugas menjadi saksi ahli untuk membela negara. IPB, kata Arif, akan berkoordinasi dengan KLHK serta KPK untuk menyiapkan bantuan hukum bagi dosen-dosennya yang menghadapi masalah karena menjadi saksi ahli.

Arif menekankan bahwa kriminalisasi terhadap saksi ahli dalam pengadilan bisa merusak tatanan hukum. "Kalau setiap saksi ahli bisa dikriminalisasi maka saya yakin tidak ada orang yang bersedia menjadi saksi ahli," kata Arief.

Sementara Bambang Hero mengatakan tidak gentar menghadapi gugatan PT JJP dan tak akan mundur dalam memperjuangkan hak-hak konstitusi masyarakat untuk lingkungan hidup yang baik dan sehat.

"Gugatan PT JJP tidak berdasar hukum dan mengada-ada, sejengkal saja saya tidak akan mundur," kata Bambang melalui Antaranews.

Bambang mengatakan gugatan tersebut merupakan bentuk intimidasi terhadap para ahli supaya tidak menyampaikan kesaksian dalam upaya penegakan hukum terhadap pelaku perusakan dan kebakaran hutan dan lahan.

Dia mengatakan bahwa keahlian dan teknologi dapat membantu mengetahui kebakaran hutan dan lahan di suatu wilayah terjadi. Bambang mengatakan telah melaksanakan tugas dan memberikan hasil analisa karhutla sesuai dengan kaidah ilmiah, fakta-fakta di lapangan, dan analisis laboratorium.
Gugatan terhadap Bambang Hero dan perlindungan saksi ahli


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...gan-saksi-ahli

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Gugatan terhadap Bambang Hero dan perlindungan saksi ahli Teka-teki di balik penahanan presiden Interpol di Tiongkok

- Gugatan terhadap Bambang Hero dan perlindungan saksi ahli Achmad Zaky: Kita butuh inovasi yang lebih gila

- Gugatan terhadap Bambang Hero dan perlindungan saksi ahli Pelemahan rupiah buat investasi di Indonesia jadi menarik

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di