alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kekeringan Gerus Setengah Produksi Pangan Nasional
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbdc770dcd7707a558b4571/kekeringan-gerus-setengah-produksi-pangan-nasional

Kekeringan Gerus Setengah Produksi Pangan Nasional

Cuma orang kurang piknik yang bilang kemarau gak ngaruh pada pertanian.

Spoiler for Mulustrasi:



Gak usah jauh-jauh ke sawah. Perhatikan aja sekitar kita. Gak percaya, tengok aja got yang makin kering, sungai yang kisut, atau danau yang airnya makin dikit. Apalagi sawah, pasti banyak jug ayang kekeringan.
 
Masalahnya, kemarau ini bukan Cuma bikin panas doang. Tapi juga mengancam produksi beras kita. 

Gampangnya aja nih.. petani makin males ke sawah, karena panas. Ya kan..? Kalau sudah males, tentu sawah jadi terbengkalai.

Karena panas juga, petani gak bisa lama-lama di sawah. Nanti mimisan, ya kaann..??

Biar agak serius sedikit, lihat data InaRisk dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Disebutkan bahwa risiko kekeringan di Indonesia mencapai 11,77 juta hektare tiap tahunnya. Di mana kekeringan tersebut sangat mungkin menimpa 28 provinsi yang ada di Nusantara.

Akibat kemarau, sumber air untuk pengairan sawah jadi berkurang. Dampaknya, padi butuh waktu lebih lama untuk dipanen. Belum lagi kalau sawahnya diganggu hama seperti belalang atau penyakit. Kalau padi di sawah lebih lama matang, maka waktu tanam padi otomatis akan bergeser. 

Jangka panjangnya, frekuensi panen yang tadinya bisa tiga kali dalam setahun, jadi mundur. Atau bahkan Cuma bisa dua kali dalam setahun. Ujung-ujungnya, produksi beras kita pasti berkurang jauh.

Spoiler for Mulustrasi:



Nah, kalau sudah diperingatkan kayak gitu, masih mau meremehkan kemarau yang melanda kita saat ini? 

Mungkin kamu butuh piknik.

Sumur 1

Sumur 2

Sumur 3
Diubah oleh: srisuratmi
Urutan Terlama
sumber...? emoticon-Bingung (S)
Disini yang nanem padi pada gagal panen semua, sumur bor nya udah pada ga keluar air.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di