alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
3 Alasan Barang Murah China Mampu 'Menjajah' Produk UMKM Lokal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbdbb75c0d770990b8b4567/3-alasan-barang-murah-china-mampu-menjajah-produk-umkm-lokal

3 Alasan Barang Murah China Mampu 'Menjajah' Produk UMKM Lokal

3 Alasan Barang Murah China Mampu 'Menjajah' Produk UMKM Lokal
Dua barang yang memiliki fungsi serupa namun diproduksi dari tempat berbeda akan menghasilkan harga yang tidak sama pula. Misalkan, Anda membeli smartphone Xiaomi buatan China dan Smartphone Samsung asal Korea. Walaupun keduanya mempunyai spesifikasi serupa, harga dari Xiaomi jauh lebih murah.

China melakukan ekspansi besar-besaran di segala lini bisnis. Bukan hanya teknologi, semua produk yang mereka jual bisa dibilang lebih murah. Hal ini tentunya membuat para pelaku usaha di Indonesia harus pintar mengakali hal ini. Sebab, mereka tidak hanya bersaing dengan kompetitor dari negara sendiri tetapi juga dari China. Lantas, apa yang membuat China berani memberikan harga murah di dalam setiap produk yang dibuatnya?


1. Pembatasan Pembelian Komponen

Pada tahun 1990-an lalu, China melakukan impor besar-besaran terhadap bahan baku produk mencapai 60%. Namun saat ini, mereka telah berhasil menurunkan penggunaan barang baku dari luar negeri mencapai 35%. Hal ini yang seharusnya diikuti oleh Pemerintah Indonesia, yaitu mencari cara untuk mencegah pembelian barang baku dari luar negeri.

2. Penambahan Biaya Produksi

Banyak para pelaku usaha di Indonesia yang membebankan biaya ongkos kirim terhadap para pelanggannya. Bahkan, ongkos kirim ke Papua saja bisa mencapai 40-70 ribu perkilogramnya. Namun di China, para pelaku usaha sebagian besar memberikan ongkir gratis atau harga yang sangat minim. Sebab, mereka telah mengalokasikan dana tersebut di dalam biaya pembuatan barang.

3. Peran Pemerintah

Ada beberapa kebijakan di China yang memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha, seperti biaya ekspor murah, penghilangan pajak bagi daerah yang berpotensial hingga pemberian insentif bagi para pelaku usaha yang mempunyai potensi besar membesarkan usahanya

Baca Cerita Tentang Bisnis di China di sini PAPER.ID/BLOG

Mau memulai bisnis? pahami bisnis dulu secara lebih mendalam melalui artikel menarik dari Paper.id.

BACA ARTIKEL INFORMATIF | MULAI USAHA DENGAN MUDAH
Urutan Terlama
cina kan sistem pemerintahannya komunis, gan.

Mau bikin peraturan apa aja gak boleh protes..

Kita mau bikin peraturan apapun yang gak manjain rakyat diprotes... sedangkan ngikutin maunya jadi gak maju2...


Apa berarti maksud ts baiknya kita ganti jadi komunisme?
Balasan Post mainsilat
Diambil yang baiknya dan dibuang yang buruknya gan. Lihat, amati dan modifikasi bagaimana cara mereka membangun bisnis. Bukan berarti kita harus mengikuti bentuk pemerintahan mereka.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di