alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Mendikbud Imbau Siswa AKSI 2018 Pertahankan 3 Aset Termahal Bangsa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd9e101ee5df1a5c8b457e/mendikbud-imbau-siswa-aksi-2018-pertahankan-3-aset-termahal-bangsa

Mendikbud Imbau Siswa AKSI 2018 Pertahankan 3 Aset Termahal Bangsa

Mendikbud Imbau Siswa AKSI 2018 Pertahankan 3 Aset Termahal Bangsa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy turut hadir dan mendampingi Presiden Joko Widodo dalam acara AKSI (Apresiasi Kebangsaan Siswa/Siswi Indonesia) 2018 di Bogor, Jawa Barat, 10 Oktober 2018.

Kegiatan AKSI 2018 sendiri berlangsung sejak tanggal 9-12 Oktober 2018 dan diikuti tidak kurang 540 siswa dan 68 guru pendamping dari 34 provinsi. Ada 4 pilar karakter nilai ditanamkan dalam ajang AKSI 2018 tahun ini meliputi; nasionalisme, kemandirian, religius dan gotong royong.


Latihan kepemimpinan nasional

Acara ini diadakan Direktorat Pembinaan SMA dan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan bertujuan memberikan pendidikan dan pelatihan wawasan kebangsaan kepada ketua OSIS dan ketua sie kerohanian SMA/SMK seluruh Indonesia.

"Ini adalah latihan kepemimpinan tingkat nasional untuk para fungsionaris tingkat SMA dan SMK," jelas Muhadjir secara khusus kepada Kompas.com di sela-sela acara.

Ia menambahkan, kehadiran dan wawasan yang diberikan Bapak Presiden sangat besar artinya bagi para siswa sebagai pembekalan untuk mereka, tambah Mendikbud.


Calon pemimpin masa depan

"Apa yang Presiden sampaikan sangat bagus bagi generasi milenial. Kita harapkan anak-anak dapat menjadi pemimpin masa depan. Saat ini mereka telah teruji dengan menjadi pemimpin di sekolah sebagai ketua OSIS," ujar Muhadjir.

Kita berharap ada beberapa di antara mereka akan menjadi pemimpin di berbagai sektor kehidupan dan mengisi berbagai macam peluang. Mendikbud menlanjutkan, "Setelah pembangunan infrastruktur ini berhasil nanti akan banyak 'multi player effect' yang membutuhkan kepemimpinan dan pelaku di berbagai sektor. Anak-anak inilah yang nanti kita harapkan menjadi pelaku utamanya.


Menjaga 3 aset termahal bangsa

Menanggapi sambutan Presiden Joko Widodo tentang persatuan, Mendikbud menyampaikan salah satu nilai kebangsaan yang diajarkan dalam kesempatan ini

"Ini kenapa kita beri nama AKSI, Apresiasi Kebangsaan Siswa/Siswi Indonesia. Salah satu nilai kebangsaan yang harus dipahami oleh mereka adalah Indonesia adalah negara besar, beraneka ragam kemudian memiliki aset yang sangat mahal yang harus dipertahankankan yaitu; persatuan, persaudaraan dan kerukunan," jelas Mendikbud.

Ia menegaskan, ketiga hal tersebut merupakan aset termahal bangsa ini. "Indonesia yang besar ini akan menjadi negara maju dan bermartabat jika semuanya memelihara mempertahankan dan menjaga aset termahal bangsa ini," tutup Mendikbud.

https://edukasi.kompas.com/read/2018...ermahal-bangsa
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di