alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Pelemahan rupiah buat investasi di Indonesia jadi menarik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd90b5dc06bd2e348b4577/pelemahan-rupiah-buat-investasi-di-indonesia-jadi-menarik

Pelemahan rupiah buat investasi di Indonesia jadi menarik

Pelemahan rupiah buat investasi di Indonesia jadi menarik
Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kanan) bersama Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kedua kiri), Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso (kiri) dan Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo (kanan) menjawab pertanyaan wartawan saat pembukaan Indonesia Investment Forum 2018 di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Selasa (9/10).
Depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tidak menjadi hambatan bagi investor untuk berinvestasi di Indonesia. Pelemahan nilai tukar justru bisa dimanfaatkan untuk membuat investasi di Indonesia lebih atraktif.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar bermanfaat untuk menarik investor asing.

Bahkan, lanjut dia, mengacu studi PricewaterhouseCoopers, pada 2030 Indonesia akan menjadi negara berkembang terbaik nomor 5. Namun demikian, untuk mencapai hal tersebut, Indonesia perlu kesiapan di bidang infrastruktur.

"Indonesia menjadi negera berkembang yang dinamis di dunia. Kita dengan penduduk besar dengan middle class income yang akan punya potensi pertumbuhan yang besar," ujar Rini dalam Indonesia Investment Forum 2018 di Nusa Dua, Bali (9/10/2018).

Oleh sebab itu, di tengah pelemahan rupiah, kata Rini, sebenarnya menjadi saat yang tepat bagi para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Bukan hanya nilai investasi yang menjadi lebih murah, keuntungan yang dihasilkan akan lebih besar dengan pelamahan ini.

Terlebih, Rini cukup optimistis pendapatan masyarakat kelas menengah akan meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil di level sekitar 5 persen.

"Kalau pendapatan kelas menengah semakin bertambah, tentunya penguatan rupiah itu otomatis menjadi sangat atraktif," sambung Rini.

Pemerintah memang sengaja mempromosikan berbagai proyek infrastruktur selama pertemuan tahunan International Monetary Fund-World Bank Group (IMF-World Bank) di Nusa Dua, Bali pada pekan ini.

Sebanyak 21 BUMN akan menawarkan kesempatan investasi senilai 42,1 miliar dolar atau sekitar Rp638 triliun (asumsi kurs Rp15.200 per dolar AS) pada 78 proyek kepada para investor dalam perhelatan akbar tersebut.

Total nilai 78 proyek tersebut mencapai 85,8 miliar dolar atau sekitar Rp1.304 triliun.

"Ada 78 proyek yang ditawarkan, nilai investasi 42 miliar dolar, hampir di semua sektor," ujar Staf Ahli Menteri BUMN Sahala Lumban Gaol di Bali, Selasa (9/10).

Proyek-proyek yang ditawarkan terdiri dari sektor energi sebanyak lima proyek dengan nilai proyek 7,4 miliar dolar dan kesempatan investasi 3,4 miliar dolar, enam proyek sektor minyak dan gas senilai 21 miliar dolar dengan kesempatan investasi Rp11,6 miliar, serta satu proyek manufaktur dengan nilai proyek 850 juta dolar dan kesempatan investasi 600 juta dolar.

Lalu tiga proyek sektor telekomunikasi senilai 221 juta dolar dengan kesempatan investasi 134 juta dolar, 30 proyek konstruksi dan infrastruktur senilai 29,5 miliar dolar dengan kesempatan investasi 16,2 miliar dolar, dan empat proyek transportasi senilai 2,4 miliar dolar dan kesempatan investasi 1,2 miliar dolar.

Sisanya, 11 proyek sektor pelabuhan dan transportasi senilai 13,9 miliar dolar dengan kesempatan investasi 2,8 miliar dolar, serta 18 proyek di sektor properti, hotel dan pariwisata, pertahanan, serta pasar modal.
Pelemahan rupiah buat investasi di Indonesia jadi menarik
Investasi asing dalam proyek infrastruktur prioritas nasional.
Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menilai investasi pada proyek infrastruktur, khususnya investasi asing bisa menambah persediaan valuta asing (valas) di Indonesia. Kondisi ini diharapkan membantu meringankan tekanan defisit pada neraca transaksi berjalan (current account deficit ) dan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

"Kalau pembangunan infrastruktur dibiayai oleh swasta yang Penanaman Modal Asing (PMA) langsung, maka ada modal asing yang masuk. Itu kan langkah konkret dari perbaikan CAD," ujar Perry di Nusa Dua, Selasa (9/10).

Selain bisa memperbaiki defisit transaksi berjalan, Perry menilai pembangunan infrastruktur juga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 6,5 persen dalam jangka menengah dan panjang.
Pelemahan rupiah buat investasi di Indonesia jadi menarik


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...a-jadi-menarik

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Pelemahan rupiah buat investasi di Indonesia jadi menarik Gangguan kepribadian, dari parno sampai narsis

- Pelemahan rupiah buat investasi di Indonesia jadi menarik Hakim Agung Suhadi dan semangat Artidjo menghukum berat koruptor

- Pelemahan rupiah buat investasi di Indonesia jadi menarik Berharap Indonesia bebas dari pengaruh IMF dan Bank Dunia

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di