alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
13 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd8fbfa09a3906128b4568/13-hal-yang-tidak-boleh-dilakukan-saat-menstruasi

13 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi


Periode menstruasi atau haid memang tidak dapat dihindari oleh kaum wanita, karena seorang wanita akan selalu mengalami menstruasi setiap bulannya. Ini sering terjadi pada wanita yang menginjak usia remaja hingga menopause. Namun sayangnya pada saat masa menstruasi ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat menstruasi yang wajib wanita ketahui. Untuk itu yuk simak penjelasan berikut ini !

13 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi

Ketika kamu sedang melewati kondisi PMS (premenstrual syndrome), atau rasa kram saat menstruasi, pasti kamu tidak ingin melakukan apa-apa dan hanya ingin berbaring saja di kasur. Namun jika kamu sedang memiliki jadwal kegiatan diluar ruangan, pastinya kamu akan terpaksa harus mengikuti kegiatan tersebut. Akan tetapi kamu pun harus tetap berhati-hari saat melakukan sesuatu karena dikhawatirkan kondisi mentruasimu akan menjadi parah. Jadi sangat penting untuk memperhatikan apa saja yang kamu lakukan disaat menstruasi.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi


Dan inilah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat menstruasi yang wajib kamu perhatikan guna untuk menjaga kebersihan organ intim dari penyakit :
  • Memakai pembalut seharian penuh

Hal pertama yang tidak boleh dilakukan saat menstruasi adalah memakai pembalut selama seharian penuh. Kebiasaan tersebut sangatlah buruk dan tidak baik bagi kesehatan organ intim. Biasanya orang yang memiliki kebiasaan buruk ini adalah orang yang sering lupa untuk mengganti pembalut atau tidak menyediakan pembalut cadangan saat berada disuatu acara. Perlu kamu ketahui bahwa pembalut yang tidak diganti dalam jangka waktu cukup lama dapat memudahkan bakteri untuk menyerang tubuh Anda.
Jadi untuk mengatasi hal ini, kamu hanya perlu bijak dalam mengganti pembalut maksimal 3 jam sekali. Dan juga selalu sediakan stok pembalut ketika anda akan menghadiri sebuah acara atau pergi kesuatu tempat.
  • Mencabut bulu

Mencabut bulu atau mencabut hal lainnya seperti mencabut gigi, mencabut bulu ketiak dan mencabut halus lainnya merupakan kegiatan yang tidak dianjurkan pada saat kamu menstruasi.  Ini dikarenakan pada saat menstruasi akan terjadi penurunan hormon estrogen dan progesteron yang dapat membuat tubuh kita lebih peka terhadap rasa sakit. Selain itu tubuh kita pun mengalami perubahan, seperti payudara yang bengkak, dan terasa sakit. Maka untuk itu tahan dulu kebiasaan tersebut dan tunggu hingga masa menstruasi kamu selesai, sampai ketika kedua hormon tersebut telah kembali normal.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi

Makanan yang mengandung garam juga dapat menyebabkan perut kembung dan ini sering kita temukan pada makanan cepat saji (Junk Food). Daripada kamu mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan dapat memperburuk kondisi menstruasi, akan lebih baik kosumsilah makanan berserat dan bervitamin seperti buah-buahan dan sayuran.
  • Jangan sering ngemil

Alasan kamu jangan terlalu banyak mengkonsumsi sesuatu saat menstruasi adalah karena pada saat kamu menstruasi kemungkinan kamu akan kehilangan banyak darah, dan akan mudah merasa lemas, sehingga sangat perlu asupan nutrisi yang cukup untuk menstabilkan kondisi badan kamu. Dan perhatikan juga makanan yang dianjurkan untuk kamu yang sedang menstruasi seperti oatmeal, pisang, mangga, pepaya dan lain-lain.
  • Berhubungan seksual tanpa menggunakan alat pengaman

Bagi kamu yang sedang menstruasi dan akan melakukan hubungan seksual, maka sebaiknya pakailah pengaman seperti kondom supaya terhindar dari serangan infeksi bakteri dan jamur dari darah menstruasi. Dan akan lebih baik usahakanlah tunda aktivitas hubungan seksual sampai masa menstruasi kamu selesai.
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung susu

Kamu sebaiknya menghindarinya makanan atau minuman yang mengandung susu saat menstruasi. Memang susu mengandung kalsium yang tinggi, akan tetapi susu dapat membuat perut kamu semakin kembung. Inilah yang akan membuat perut kamu terasa membengkak dan membuat tidak nyaman. Selain itu kandungan lemak pada susu juga mengandung asam arakidonat yang dapat memproduksi prostaglandin dapat menyebabkan rasa kram.
  • Sering minum air es

Selain jangan mengkonsumsi susu, seseorang yang menstruasi juga tidak diperbolehkan terlalu banyak minum air es. Ternyata mengkonsumsi air es terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan khususnya organ intim kamu. Hal ini karena air es dapat memicu penumpukan darah menstruasi pada dinding rahim, dan jika ini terus dibiarkan maka sewaktu-waktu kamu akan menderita penyakit kista atau lebih parah menjadi kanker rahim.
  • Mengkonsumsi minuman soda

Banyak yang menyimpulkan bahwa mengkonsumsi minuman soda saat menstruasi akan melancarakan dan mempercepat siklus menstruasi. Namun kenyataanya minuman soda dapat menyebabkan rasa menstruasi menjadi lebih parah dan juga jika kebiasaan mengkonsumsi minuman soda terus berlanjut maka akan memicu tumbuhnya penyakit kanker payudara.
  • Menyemprotkan air langsung ke organ intim

kebiasaan ini sebenarnya sangat dilarang terhadap kaum wanita baik yang tidak atau sedang menstruasi. Ini karena kebiasaan menyemprotkan air langsung dapat mengganggu keseimbangan pH alami pada bagian vagina dan juga dapat memudahkan kuman untuk menyerang bagian tersebut.
  • Membersihkan vagina  menggunakan pembersih yang mengandung wewangian

Seorang wanita yang sedang menstruasi biasanya akan membersihkan bagian intimnya terlebih dahulu sebelum mengganti pembalut. Dan wajib diperhatikan juga lebih baik kamu jangan menggunakan pembersih atau sabun yang mengandung wewangian atau bahan kimia karena dikhawatirkan akan menimbulkan iritasi atau alergi pada organ intim kamu.
Maka untuk itu pilihlah pembersih yang mengandung bahan alami atau bahan lainnya yang tidak mempengeruhi keseimbangan pH pada vagina.
  • Menyendiri

Hal yang satu ini sering menjadi kebiasaan seseorang yang sedang menstruasi. Ini karena kebanyakan mereka yang menstruasi sering menghabiskan waktu mereka dengan menyendiri, diam dirumah, menonton tv dan tidak melakukan apa-apa. Namun kenyataanya akan lebih baik jika kamu menggunakan waktu luangmu dengan berolahraga ringan, karena dengan olahraga dapat membantu meringankan rasa kram pada saat menstruasi.
  • Terbawa emosi

Tahukah kamu? sebenarnya saat kamu menstruasi maka akan mengalami penurunan pada hormon estrogen dan juga progesteron. Dan saat kedua hormon tersebut menurun, maka akan membuat emosi kamu tidak stabil sehingga sangat mempengaruhi mood Anda. Jadi tidak heran kalo wanita yang sedang menstruasi mudah marah dan merasa kesal saat diajak bicara.
Namun sayangnya hal itu tidaklah bagus, karena jika kamu terus terbawa emosi maka dapat membuat perasaan kamu menjadi tidak karuan dan akan berdampak kepada orang-orang disekitar kamu. Untuk menghindarinya kamu cukup lakukanlah kegiatan yang dapat menenangkan perasaan kamu seperti baca buku, mendengarkan musik dan lain-lain.
  • Kurang tidur atau bergadang

Begadang sudah menjadi kebiasaan buruk yang sering dialami oleh seorang wanita yang sedang menstruasi. Dan bagi wanita yang bergadang saat menstruasi biasanya mereka memililiki kondisi imun yang buruk dan juga terdpat gangguan pada suasana hatinya. Dan untuk menghindari efek negatif tersebut biasakanlah tidur yang cukup atau 8 jam dalam sehari.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat menstruasi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat dan semoga kamu dapat mempraktikannya dirumah ya.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi

Urutan Terlama


×
GDP Network
Beritagar • Bolalob • Garasi • Historia • IESPL • Kincir • Kurio • Opini • Womantalk
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di