alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Amien Rais Bocorkan Kejanggalan Surat Pemeriksaan Polda Metro Jaya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd86fcd44f9fab3f8b4568/amien-rais-bocorkan-kejanggalan-surat-pemeriksaan-polda-metro-jaya

Amien Rais Bocorkan Kejanggalan Surat Pemeriksaan Polda Metro Jaya

Amien Rais Bocorkan Kejanggalan Surat Pemeriksaan Polda Metro Jaya


Abadikini.com, JAKARTA- Amien Rais Ketua Dewan Kehormatan PAN, menyebut ada sejumlah kejanggalan terkait pemanggilan dirinya sebagai tersangka kasus hoaks Ratna Sarumpaet. Amien dipanggil sebelum Ratna Sarumpaet ditangkap dan jadi tersangka.



Hal itu disampaikan Amien ketika memenuhi panggilan polisi terkait pemeriksaannya sebagai saksi atas kasus berita bohong yang menjerat Ratna sebagai tersangka. Kejanggalan yang dimaksud Amien yakni mengenai surat panggilan dirinya yang dilayangkan polisi pada Selasa (2/10/2018) pekan lalu.

“Saya sampaikam kepada masyarakat Indonesia. Saya tadi malam lihat di Metro TV, bapak (Kadiv Humas Polri) Irjen Pol Setyo Wasisto menyatakan bahwa saya dipanggil berdasarkan keterangan Ratna Sarumpaet. Ini videonya ini nanti anda cari sendiri. Ini kita lihat surat panggilan untuk saya tertanggal 2 oktober ya,” kata Amien di Polda Metro Jaya, Rabu (10/10/2018).


Amien Rais menganggap surat panggilan itu dianggap janggal karena Ratna Sarumpaoet sendiri belum pernah diperiksa sebagai pelapor.

Diketahui kebohongan penganiayaan itu baru terungkap setelah Ratna Sarumpaet mengakui telah merekayasa foto wajah lebam yang beredar di media sosial. Drama kebohongan soal penganiayan baru dibeberkan Ratna Sarumpaet, Rabu (3/10/2018) sehari sebelum ditangkap polisi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Dia menyayangkan upaya polisi yang terlebih dahulu meminta keterangannya ketimbang memeriksa Ratna terkait klaim penganiayaan yang menimpanya.

“Ini sangat amat janggal sekali. Karena RS pada tanggal itu belum memberikan keterangan apa pun pada polisi. Sedangkan surat panggilan saya sudah jadi duluan,” kata dia.




Baca Juga : 


Diubah oleh gilang.gumgum
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Klo bersih, kenapa risih ? emoticon-Ngacir
Ane agak gagal paham. Bukannya dia dipanggil bukan hanya karena pengakuan RS saja yah? Ane malah lupa alur penyebaran hoax plastik ini seperti apa, tapi bukannya dia ikut2an juga?

Atau ini penguatan iman pasukan siber kremi? emoticon-Embarrassment
apa sih yg gak janggal di negeri ini menrut aming ranfis?
serius nanya ini ,
kalo penetapan tersangka, itu harus periksa tersangka dulu, atau bisa periksa saksi dulu ya..? emoticon-Bingung (S)
Substansinya donk om jangan kabur kemana2

jr
Alasan gk masuk akal krn nama gk lengkap...

Mau buka kasus korupai kenapa gk buka secepatnya...dan kenapa gk dr dulu dan baru sekarang

emoticon-Ngakak
nyebar hoaxs janggal gak?
Utekmu sing janggal lan bocor Mien emoticon-Malu
Mlah bkin curiga klo ini semua direncanakan, lah dipanggil jdi saksi aja dah kyk gni mencak2 koyok wong gendeng
janggal terus digiring ke sara yo mbah
emoticon-Cape d...
Quote:


penetapan tersangka itu tergantung alat bukti.. bukan cuma saksi.. kalo bukti udah cukup.. pemeriksaan saksi ya cuma buat ngelengkapi berkas penyidikan aja ato bahkan untuk pengembangan kasus lebih lanjut.. emoticon-Malu (S)

Dlm kasus ratna alat buktinya aja udh banyak banget.. saksi ya bisa.nyusul setelah penetapan tersangkalah.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
udah uzur, kebayang keluar bui pakai kerandaemoticon-Takut (S)
disegani thn 98,jadi pecundang ditahun 18
Jakarta - Amien Rais menyebut pemanggilannya sebagai saksi kasus hoax Ratna Sarumpaet janggal. Polisi menegaskan, pemanggilan Amien sudah sesuai prosedur.

"Sudah melalui penyelidikan. Proses penyelidikan seperti apa, kemudian muncul laporan polisi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan, Rabu (10/10/2018).

Argo menerangkan pada tanggal 2 Oktober, pihaknya sudah menerima laporan terkait dugaan hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet. Argo menegaskan surat panggilan ke Amien Rais berdasarkan laporan polisi, bukan penangkapan Ratna di Bandara Soekarno-Hatta.




Baca juga: Amien Rais Bicara Kejanggalan Pemanggilannya ke Polda Metro Jaya


"Tanggal 2 (Oktober) sudah ada laporan polisi. Jadi dasarnya jangan penangkapan Bu Ratna Sarumpaet. Tanggal 2 (Oktober) itu muncul LP (laporan polisi). Penyidik buat panggilan tanggal 2 (Oktober) untuk diminta hadir tanggal 5 Oktober, tanggal 2 kan LP sudah ada. Apa yang janggal?," sambungnya.

Amien Rais sebelumnya mempermasalahkan surat panggilan ke dirinya sebagai saksi. Amien mempertanyakan surat panggilan tanggal 2 Oktober yang dilayangkan ke dirinya, sedangkan Ratna Sarumpaet ditangkap pada 4 Oktober.

"Ini surat panggilan untuk saya tanggal 2 Oktober yang katanya berdasarkan keterangan Sarumpaet, padahal Sarumpaet ditangkap tanggal 4 Oktober. Ini sangat janggal. Tanggal 2, Sarumpaet belum memberi keterangan apapun ke polisi," ujar Amien.


Baca juga: Penuhi Panggilan Kasus Ratna, Amien Rais Datangi Polda Metro Jaya


Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan Ratna Sarumpaet sebagai tersangka penyebaran berita bohong alias hoax untuk membuat keonaran. Ratna disangkakan dengan UU Peraturan Hukum Pidana dan UU ITE.

Ratna menjadi tersangka setelah polisi menerima laporan soal hoax penganiayaan. Ratna memang mengakui kebohongannya setelah polisi membeberkan fakta-fakta penelusuran isu penganiayaan.

Pada Selasa (9/10), penyidik Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Metro Jaya memeriksa Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal. Said mengaku mendapat 23 pertanyaan seputar hoax Ratna Sarumpaet.

Kepada penyidik, Said Iqbal, membeberkan dua pertemuan dengan Ratna Sarumpaet sebelum hoax penganiayaan terbongkar. Ratna, disebut Said, konsisten mengaku menjadi korban penganiayaan.

Dua pertemuan yang dimaksud Said Iqbal adalah pada Jumat, 28 September 2018, dan 2 Oktober 2018. Pada pertemuan pertama, Said mengaku datang ke rumah Ratna, yang mendesaknya bertemu.

"Di sana singkat cerita Ratna Sarumpaet menjelaskan tentang penganiayaannya," kata Said Iqbal kepada wartawan.

Ratna kemudian meminta Said Iqbal membuka komunikasi dengan pihak Prabowo Subianto. Ratna disebut ingin bertemu dan menceritakan langsung hal yang dialaminya ke Prabowo.

Pertemuan ini, menurut Said Iqbal, terjadi pada 2 Oktober. Said menyebut sejumlah orang hadir.


https://m.detik.com/news/berita/d-4250065/amien-rais-sebut-pemanggilannya-janggal-ini-jawaban-polda?_ga=2.242003842.1888410029.1531682310-374065486.1494908843


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di