alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
TOKOPEDIA MENGAMBIL ALIH BIAYA ASURANSI DAN TIDAK BERTANGGUNGJAWAB
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd84f2925233b5738b4576/tokopedia-mengambil-alih-biaya-asuransi-dan-tidak-bertanggungjawab

TOKOPEDIA MENGAMBIL ALIH BIAYA ASURANSI DAN TIDAK BERTANGGUNGJAWAB

berawal pada invoice INV/20180814/XVIII/VIII/191572233
dengan harga cover asuransi 15jt

detail barang sonim xp8, yang dimana barang tersebut dengan standar IP68, corning gorila glass 3

kiriman ke padang, JNE REGULAR, tidak menggunakan asuransi pihak jne dikarenakan dipotong sepihak oleh pihak tokopedia
Spoiler for "hasil":


terjadi kendala, pengiriman layar terjadi deepscratch(foto didapat dari buyer)
Spoiler for "hasil":


karena hal ini tidak mungkin terjadi, secara sonim xp8 baru keluar dan sulit untuk didapat

kasus dibuka sejak 10 september 2018, dan hinga hari ini 10 oktober 2018 keputusan tokopedia lepas tangan dari klaim asuransi
dengan hasil
Spoiler for "hasil":


giliran ada kerusakan, lepas tanggungjawab, saya tidak menuduh apakah buyer melakukan hal tersebut testing, ataukan akibat pengiriman, tapi lucunya di sini agen setempat jelas memeriksa barang kiriman tersebut, dengan adanya surat BPIK(bukti penolakan asuransi dan packing kayu)
Spoiler for "hasil":


BPIK = bukti pengecekan
secara logika, yang sudah berkali kali saya sampaikan, bahwa seseorang mengirimkan stnk, dan di amplop atau dipacking manual, lalu saat di cashcounter, ditanyakan isi kiriman, dan mengatakan stnk, maka dengan itu langsung pihak shipper di suruh isi form BPIK serta dicek isi kiriman apakah benar STNK, contoh ini juga berlaku, ketika saya mengirimkan barang, saya bawa barangnya, dan terlihat HP maka disuruh isi BPIK, dan juga dicek kondisi walaupun tidak ada dokumentasi dari pihak JNE, sedangkan hal ini bukan kali pertama saya mengirimkan unit sonim xp8, sudah 3x termasuk ini, oleh sebab itu di BPIK terlampir nominal harga barang 15jt, apakah bisa kl tidak dicek isi hp jadul di tulis harga barang 10jt, pasti di tolak oleh agen cashcounter, dengan hal lain misalkan kiriman layar rusak atau ada baret maupun scratch

hal lain yang pernah terjadi, yaitu dengan transaksi INV/20180525/XVIII/V/163682582
pembeli klaim karena dikatakan barang tidak nyala, tidak bisa digunakan, padahal barang tersebut baru, dan barang kiriman ini menggunakan asuransi, dan asuransi seperti biasa dipotong oleh tokopedia sehingga kita tidak menggunakan asuransi pihak kurir
dan pembeli membuka resolusi permasalahan, dan secara sepihak tokopedia mengatakan karena terlihat dus rapi tidak ada kerusakan, maka dianggap barang tersebut cacat, bagaimana bisa investigasi dilakukan hanya dengan melihat packaging dus barang tersebut, jika baik maka dalam proses pengiriman aman? apakah dengan dus utuh tidak berakibat akan kerusakan, jika dalam pengiriman dibanting???
alhasil barang tersebut dikembalikan, setelah saya cek, ternyata buyer awam dalam menggunakan, alhasil saya rugi ongkir dalam mengembalikan kembali ke pihak buyer, karena barang tersebut perlu di charge!!! ini contoh lain pihak tokopedia secara sewenang-wenang mengambil keputusan dalam hal asuransi!!!

BAGAIMANA MUNGKIN ASURANSI DILAKUKAN OLEH PIHAK E-COMMERCE MENGENAI KERUSAKAN YANG DIMANA HAL TERSEBUT DIPENGARUHI 80% OLEH PIHAK LOGISTIK, YANG ADA JUGA SETAU SAYA PIHAK E-COMMERCE MEMBERIKAN FASILITAS GARANSI PERPANJANGAN, BUKAN ASURANSI! ASURANSI KIRIMAN SELALU DILAKUKAN OLEH PIHAK LOGISTIK, KARENA JIKA TERJADI KERUSAKAN ATAU KEHILANGAN YANG BISA MELAKUKAN INVESTIGASI ADALAH PIHAK LOGISTIK ITU SENDIRI

dan benarnya alasan di atas, bahwa lama waktu 1bulan, dikarenakan pihak tokopedia harus menanyakan ke pihak JNE untuk investigasi, dan pihak JNE menolak investigasi karena tidak menggunakan asuransi JNE, dan informasi dari pihak agen tempat saya kirim, selaku cash counter membenarkan bahwa memang dikirimkan baru!

lalu buat apa jika ada 2 kasus di atas kita selaku buyer/seller membayar asuransi ke pihak tokopedia, jika pihak tokopedia lepas tanggungjawab seperti ini??
ditengah kesulitan dalam berdagang dan majunya industri digital, maka banyak oknum baik pengguna bahkan terlebih penyedia jasa e-commerce memainkan celah awam seperti ini untuk mencari pundi-pundi uang!

**UPDATE TERBARU 14 OKTOBER 2018
bahwa sejauh ini CS tokopedia sempat melakukan keputusan sepihak dikarenakan push dari buyer, sehingga mengaburkan investigasi dari JNE, sehingga ada update dari JNE mengenai pengajuan ganti rugi, dan buyer disodorkan untuk mengisi form tuntutan kepada tokopedia
Spoiler for "a":


berikut lampiran form yang disodorkan untuk buyer isi
Spoiler for "a":


**UPDATE TERBARU 15 OKTOBER 2018
pk 11.55 di hubungi oleh CS JNE PUSAT bagian claim - ujang, terkait perkembangan proses klaim, berdasar bukti investigasi yang sudah diberikan kepada tokopedia, untuk selanjutnya di monitoring
Spoiler for "a":


**UPDATE TERBARU 17 OKTOBER 2018
TOKOPEDIA MENGAMBIL ALIH BIAYA ASURANSI DAN TIDAK BERTANGGUNGJAWAB
TOKOPEDIA MENGAMBIL ALIH BIAYA ASURANSI DAN TIDAK BERTANGGUNGJAWAB[/spoiler]

TERIMA KASIH SEBESAR BESARNYA KEPADA PIHAK JNE, DI MENIT AKHIR SEBELUM DANA SAYA DICAIRKAN KE PEMBELI AKIBAT KESEWANG WENANGAN CS TOKOPEDIA TANPA SABAR MENUNGGU HASIL INVESTIGASI YANG DIAJUKAN OLEH PIHAK TOKOPEDIA KE JNE, DAN AKIBAT TUNTUTAN YANG SERING DIPAKSAKAN OLEH BUYER SEHINGGA CS TOKOPEDIA TIDAK CERMAT DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN,

DENGAN INI MOHON TOKOPEDIA MELAKUKAN FILTERING SDM PARA CS TOKOPEDIA, YANG DAPAT MENIMBULKAN KERUGIAN BAIK DARI PENJUAL ATAUPUN PEMBELI BAHKAN TOKOPEDIA SENDIRI


pointnya, sebagai buyer ataupun seller, cermat dan bijaklah terhadap kebijakan kebijakan yang dikeluarkan oleh e-commerce, terkadang bukan hanya pengguna e-commerce yang memainkan celah, namun juga e-commerce sendiri memainkan celah

CASE CLOSED
terima kasih

Diubah oleh k4mpung4n
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Tidak bertanggung jawab dimananya?
Quote:



Edit : oh.. ternyata ini SP dari seller toh..kirain buyer lagi yg komplen..
lagi ngetrend ya kasus asuransi Tokped..
Diubah oleh qumiozo
Balasan post qumiozo
dibantu rate5 om makasih
Gan klo bikin BAP bukan ke Tokopedia, Tapi ke Tokio Marine

Cek Faq Tokopedia :
Asuransi Pengiriman yang melindungi barang bukan lagi berasal dari masing-masing kurir ekspedisi pilihan pembeli, melainkan tanggung jawab dari PT Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia sepenuhnya.

Jadi kejar Tokio Marine-nya gan
Balasan post cyber9ue
Sekarang udah gak ada opsi asuransi kurir ya?? Cuma ada Tokio Marine itu aja??
Kok saya merasa asuransi ini lebih cocok untuk barang hilang kayak kasus2 driver ojol.. Kalo barang rusak kayaknya ribet. Banyakan gak mau diklaim gara2 packing kurang maksimal...
Balasan post cyber9ue
anda paham hukum tidak? yang memakai fasilitas asuransi tokio marine siapa? media bayarnya ke mana?
melainkan tanggung jawab dari PT Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia sepenuhnya.
Balasan post qumiozo
la memang ini sudah menyalahi aturan, tidak ada agreement di forum antara pihak logistik dengan tokopedia, JNE juga memakai asuransi pihak lain, yang menjalankan JNE, jd sejak kapan pihak asuransi langsung terjun, ketika dia ada agreement dari pihak yang menjual
Balasan post k4mpung4n
Quote:


Bacanya dari awal gan, jangan napsu duluan sama Tokopedia makanya.
Tanggung jawab itu ada di Tokio Marine.
Jadi Tim Investigasi mereka yang berhak menentukan apakah benar kejadian kerusakan karena pengiriman atau bukan.
Saya gak tau apakah pas pengiriman menggunakan kayu atau tidak

Yang saya tekenin kalau mau protes ke Tokio Marine. Karena mereka yang melakukan investigasi bukan tokopedia
oh gtu... viral kan!!!!
Balasan post qumiozo
Quote:


Yang sering salah adalah karena merasa sudah menggunakan asuransi ini, kebanyakan seller gak menggunakan palet kayu saat mengirim barang elektronik.

Karena asuransi hanya mengganti ketika melihat bahwa kita telah melakukan upaya optimal, packing bubblewarp + kardus + kayu. Sehingga dapat meminalisir kemungkinan kerusakan saat pengiriman.

Jadi apabila terjadi kerusakan, bukan karena human error seller dalam melakukan packing
Balasan post cyber9ue
justru anda belajar hukum dulu, pihak jne menggunakan asuransi dari adira, apa iya anda bayar asuransi ke jne, trs komplainnya ke adira? anda komplainnya ke JNE, JNE yang follow up ke adira, JNE lah yang melakukan investigasi dan memberikan laporan ke adira

dalam hal ini tokopedia bekerjasama dengan tokio marine seperti yang anda sampaikan, bukan saya, jika adanya tuntutan dari pihak tokio marine, apabila tokio marine tidak bekerjasama dengan tokopedia, maka quote andalah yang akan dituntut oleh tokiomarine, balik lagi, kita klaim ke tokopedia, tokopedia lah yang follow up ke tokio marine,

belajar, jangan asal ngoceh kl ga paham, endingnya nanti malu, ngilang
Balasan post cyber9ue
hal kewajiban sudah dihilangkan dari pihak JNE sendiri, bahwa packing kayu juga tidak menjamin efek dari bantingan, dahulu ada waktunya bahwa barang kiriman yang diasuransikan wajib dipacking kayu, namun hal itu sudah dihilangkan, karena tidak ada efek pasti bahwa kiriman packing kayu dapat menjamin kerusakan, yang ada hanya menambah beban biaya kirim karena volume ke customer,
yang ada efeknya adalah buble pack, ini lebih valid meredam efek dari load unloading dari kiriman

banyak baca sebelum komen, jangan cm dalil sendiri yang di jadiin acuan

palet kayu standar international adalah untuk beban kiriman yang berat memudahkan untuk load unloading, sehingga tidak tertumpuk, sangat jarang kiriman elektronik dalam ukuran kecil di palet kayu, yang ada hanya buble, karena buble lah yang meredam sangat signifikan.
Diubah oleh k4mpung4n
Oke gan, ane belajar lagi. Toh agan yang lebih pinter. Semoga bisa difollowup, sama tokopedia.
Soal palet kayu / dengan menggunakan kayu.
Ini pengalaman ane, klo menurut agan gak perlu ya itu hak agan.
Cuman hak tokopedia / asuransi juga buat menolak klaim agan.
Balasan post cyber9ue
ya goodluck belajarnya, yang rajin, bukan hak anda juga ngetik dimedia surat pembaca, yang dimana anda bukan perwakilan yang saya tuju, kl mau kejang kejang di forum lain, bukan surat pembaca,

palet kayu bukan masalah pengalaman, tapi ada landasan teori nya, kenapa dipalet kayu, itu semua ada standarnya.
bntr, ntar ane baca lg ah. soalnya ane sering jg pake tokped
Balasan post k4mpung4n
Quote:


Saya rasa hak saya untuk menulis dimana saja yang saya mau.

Terima kasih
Balasan post k4mpung4n
Quote:


Quote:

Kalo jawab ga usah emosi, santai aja emoticon-Angkat Beer

Menyoal standarisasi packing kayu, apakah sudah pernah main ke gudang dan melihat bagaimana "perlakuan mereka" terhadap paket2 kecil?

Kalau pakai asuransi kurir, dan kirim tanpa packing kayu apakah kasus seperti barang lecet, remuk, retak akan dijamin juga?
Diubah oleh teke29
bukannya ada pilihan asuransi logistik yak? emoticon-Amazed
Balasan post eLNawari
Quote:


Ada om, cuma TS ini kan seller, jadi dia ya ikut aja sama pilihan buyernya. lagian bea asuransi toped memang lebih murah dari pake asuransi jne karena asu toped ga ada admin gocengnya itu, jadi sekarang buyer rata2 memang lebih milih ambil asu toped
Balasan post teke29
Quote:


ah pardon me, gw ga engeh kalo TS seller




harusnya sih walau itu asuransi tokped, TS juga harusin asuransi sih mau ga mau,, lumayan loh nilai barangnya emoticon-Nohope
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di