alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
Jangan Macem-Macem Asal Ganti Cat Kendaraan Gan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd7c4cd675d438778b456b/jangan-macem-macem-asal-ganti-cat-kendaraan-gan

Jangan Macem-Macem Asal Ganti Cat Kendaraan Gan

Jangan Macem-Macem Asal Ganti Cat Kendaraan Gan
Foto Daihatsu

Jangan Macem-Macem Asal Ganti Cat Kendaraan Gan

Latah ingin gonta-ganti warna mobil mah wajar gan, tent saja biar enggak bosan dengan tampilannya. Apalagi buat mobil yang sudah lama kita pakai, keinginan itu sudah pasti ada. Hanya saja jangan asal-asalan gan.

Soalnya urusannya hukum. haha

Ngutip dari Kompas.com, Kasie STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Bayu Pratama mengingatkan, perubahan warna kendaraan yang tidak sesuai dengan surat kepemilikan adalah hal yang melanggar peraturan.

"Saat ada pemeriksaan misalnya, diketahui warna kendaraannya berbeda dengan yang ada di surat, maka jelas melanggar dan tentu akan ditilang," ucap Bayu. Ini berkaitan dengan surat kendaraan sebagai bukti registrasi yang sah.

Jangan Macem-Macem Asal Ganti Cat Kendaraan Gan
Foto Honda Prospect Motor

Dalam UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan pada pasal 64 disebut, setiap kendaraan wajib diregistrasikan. Registrasi tersebut termasuk di dalamnya registrasi perubahan identitas kendaraan bermotor dan pemilik.
Mengenai warna ini juga dikuatkan melalui peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 5 tahun 2012 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

Pada pasal 37 ayat 1 dijelaskan salah satu data yang terdapat di STNK adalah warna dan dijelaskan STNK adalah bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor. Perubahan warna, hingga membuat perbedaan dengan keterangan yang tercantum dalam STNK adalah pelanggaran. Ini karena kendaraan tidak diregistrasi dan diidentifikasi ulang.

Resikonya, pemilik kendaraan yang kedapatan saat razia atau pemeriksaan, sesuai pasal 288 dari UU No 22 tahun 2009 adalah kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000. "Pasti akan ditilang. Barang bukti yang ditahan bisa surat atau kendaraan," ucap Bayu. 
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di