alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Pertama Kalinya 2 Robot Penjelajah Mendarat di Asteroid, Ini Misinya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd758da09a39d27f8b4585/pertama-kalinya-2-robot-penjelajah-mendarat-di-asteroid-ini-misinya

Pertama Kalinya 2 Robot Penjelajah Mendarat di Asteroid, Ini Misinya

Pertama Kalinya 2 Robot Penjelajah Mendarat di Asteroid, Ini Misinya
Foto spektakuler ini menampilkan pemandangan asteroid Ryugu dari rover Minerva-II1A selama setelah lepas dari pesawat luar angkasa dan akhirnya mendarat di permukaan asteroid Ryugu pada Jumat, 21 September 2018. Ada dua rover yang mendarat di Ryugu dalam misi Hayabusa2 milik Badan Antariksa Jepang (JAXA). Ini adalah pertama kalinya dua rover seluler mendarat di asteroid. Kredit: Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang


Ketegangan bagi Badan Antariksa Jepang (JAXA) telah berakhir. Pasalnya, dua robot luar angkasa kecil milik mereka berhasil mendarat di asteroid bernama Ryugu. Ini adalah kali pertama dua rover mendarat di permukaan asteroid secara bersamaan.

Robot kecil kepunyaan Badan Antariksa Jepang (JAXA) itu mengantongi misi Hayabusa2, misi lanjutan dari misi Hayabusa untuk mengambil sampel asteorid. Kabar tentang keberhasilan pendaratan rover mereka sudah didapat pada Jumat (21/9/2018). Akan tetapi JAXA memilih mengkonfirmasinya pada Sabtu (22/9/2018) setelah mereka memastikan kedua robot penjelajahnya selamat saat melakukan pendaratan.

Pertama Kalinya 2 Robot Penjelajah Mendarat di Asteroid, Ini Misinya

Robot penjelajah ini adalah bagian dari program MINERVA-II1 dan dirancang untuk menelusuri seluruh permukaan asteroid, mengambil foto, dan mengumpulkan data. Salah satu gambar yang awal yang dikirim rover sangat buram dan tidak fokus, hal itu dikarenakan gambar diambil saat masih dalam perjalanan.

Untuk menyelesaikan pendaratan, pesawat ruang angkasa utama misi Hayabusa2 turun dengan sangat perlahan mendekati permukaann hingga tingginya berjarak 55 meter.

Setelah rover sukses mendarat di permukaan, pesawat ruang angkasa kembali naik sampai jaraknya sekitar 20 kilometer di atas permukaan asteroid.

JAXA masih memiliki dua misi lagi sebelum mereka dapat berisitirahat dengan tenang, yakni penjelajahan Hayabusa2 yang lebih besar pada bulan Oktober yang disebut MASCOT dan satu penjelajah kecil lagi tahun depan.

Sementara itu, pesawat ruang angkasa utama juga memiliki sejumlah tugas lain yang harus diselesaikan selama berada di dekat Ryugu, salah satunya mengumpulkan sampel primitif untuk dibawa pulang ke Bumi agar bisa dianalisis di laboratorium.

Sumber
Diubah oleh: matthysse67
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di