alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
600 CCTV Identifikasi Wajah Akan Dipasang di Surabaya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd74be6208812f028b456a/600-cctv-identifikasi-wajah-akan-dipasang-di-surabaya

600 CCTV Identifikasi Wajah Akan Dipasang di Surabaya

600 CCTV Identifikasi Wajah Akan Dipasang di Surabaya


Sebanyak 600 Closed Circuit Television (CCTV) dengan tehnologi identifikasi wajah akan dipasang di sejumlah titik di Kota Surabaya

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji di Surabaya, Rabu (10/10), mengatakan kamera-kamera pengawas tersebut dilengkapi dengan sistem pengidentifikasi wajah dan pendeteksi ciri-ciri tertentu.

“Jadi ada dua fasilitas yang kita kembangkan sekarang. Ini sudah jadi sekitar 90 persen. Namun masih uji coba di beberapa titik,” katanya.

Ia menambahkan nantinya sistem pengidentifikasi wajah dan ciri tertentu akan dipasangkan ke seluruh CCTV dalam jaringan Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Nanti ini akan diterapkan yang jaringannya Diskominfo, yang jaraknya tidak jauh dari servernya. Nanti kemudian akan bertahap penambahan titiknya,” ujarnya, seperti dikutip Antara.

Agus menjelaskan perangkat pengidentifikasi wajah bekerja mengumpulkan data orang sebanyak mungkin berdasarkan wajah. Data-data itu akan tersimpan dalam data induk Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Sementara sistem kedua sifatnya pemantauan profil, ini untuk kamera yang tidak bisa jarak dekat, misalnya mendeteksi orang pakai baju ini. Kalau ada model orang yang kayak itu, nanti yang akan dipertajam,” katanya.

Agus mengatakan teknologi tersebut cara kerjanya hampir sama dengan sistem CCTV di Terminal Purabaya. Bedanya, sistem yang sekarang dibuat sendiri oleh Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Kalau ini memang Ibu Wali Kota yang suruh, minta untuk bikin sendiri, terus dikembangkan, kan bisa belajar terus. Biar tidak mengandalkan dari produk pihak luar,” katanya.

Setelah pengerjaan kedua teknologi itu 100 persen selesai, ia menjelaskan, Pemerintah Kota Surabaya akan mematenkan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HKI) dari dua inovasi itu. “Kalau sudah jadi, mesti Ibu Wali Kota akan mengajukan HKI-nya,” katanya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebelumnya mengatakan Pemerintah Kota Surabaya terus mengembangkan inovasi untuk menunjang sistem keamanan dan kenyamanan kota.

Teknologi baru yang dipasangkan pada CCTV, menurut dia, selain digunakan untuk memantau lalu lintas kendaraan juga ditujukan untuk mengidentifikasi wajah orang-orang yang diduga terlibat kejahatan seperti tabrak lari atau aksi teror serta mencari orang hilang.

Ia mengatakan ide mengembangkan teknologi itu muncul usai menjadi pembicara dalam sebuah forum Perserikatan Bangsa Bangsa yang membahas terorisme beberapa waktu lalu.

“Saya lihat ada teknologi yang bisa mengikuti wajah seseorang, kemudian saya mencoba mengajak ahli IT di Pemkot untuk membuat sendiri,” ujarnya.

Kanggo maskeran mosok iso identifikasi rek? emoticon-Big Grin
Surabaya sering jadi yg pertama dalam berinovasi alias jadi pelopor.

Yang ini mirip RRT sistemnya, jadi ada kejahatan yg termonitor cepat tertangkap pelakunya

E Tilang duluan, sayang hot diawal2 doang, pengawasnya di bagian cctv mungkin kecapean gara2 banyak yg nglanggar tiap hari 😅

E Budgeting Surabaya juga yg pertama kali nerapin
Diubah oleh hartantoshine
ojo ngebut lah Buk, ngesakno jakarta ra iso nguber emoticon-Wkwkwk
Semakin keren aja ide Ibu Risma,tidak banyak bicara tetapi banyak bekerja ya,Bu...tetap semangat dan tetap kreatif serta innovatif buat kemajuan Rakyat dan Bangsa ini...emoticon-2 Jempol
God Eye nya Fast n Furious versi Real
yang satu ini kerja tanpa ribut2 di media

emoticon-Big Grin
Balasan Post dwiatmaja
Quote:


Bukan pusat jadi jarang kesorot

Justru baguskan, jadi cukup waktu berprestasi diberitakan
Bu saya mau nawarin kamera Face recognition yang dapat mengenali wajah seseorang hingga 95 orang, gratis Traning ...


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di