alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Singapura Proses Secara Hukum Agen yang Pasang Iklan TKI Online
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd660e9e740492548b4575/singapura-proses-secara-hukum-agen-yang-pasang-iklan-tki-online

Singapura Proses Secara Hukum Agen yang Pasang Iklan TKI Online

Singapura Proses Secara Hukum Agen yang Pasang Iklan TKI Online

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Singapura akhirnya memproses agen tenaga kerja dan pemiliknya yang memasang penawaran secara online jasa TKI. Ada sekitar 50 daftar TKI yang jasanya dipajang secara online di situs Carousell menggunakan akun @maid.recruitment. 

Sikap itu diambil oleh Kementerian Ketenagakerjaan Singapura usai mereka diprotes keras Indonesia. Ini bukan kali pertama jasa TKI dipajang seolah-olah mereka komoditas atau barang dagangan. 

"Iklan asisten rumah tangga dari negara lain (FDW) yang menyerupai penjualan komoditas tidak dapat diterima dan telah melanggar UU Badan Perekrutan Tenaga Kerja ayat 11c. Di sana tertulis badan perekrutan tenaga kerja dilarang melakukan perbuatan yang dapat merugikan kepentingan kliennya," demikian ditulis Kementerian Ketenagakerjaan (MOM) Singapura melalui akun media sosialnya pada (17/9) lalu. 

Pemilik agen tenaga kerja itu diketahui bernama Erleena binti Mohammad Ali (41 tahun). Ia diketahui melakukan pemasangan iklan pada 1-17 September lalu. Lalu, apa ancaman hukuman yang dihadapi oleh Erleena? Apa respons Indonesia, usai Negeri Singa mengambil tindakan tegas?


1. Pelaku pemasangan iklan terancam hukuman penjara 6 bulan
Singapura Proses Secara Hukum Agen yang Pasang Iklan TKI Online
Kementerian Ketenagakerjaan Singapura mengenakan 49 dakwaan terhadap Erleena atas perbuatan memasang jasa TKI di dunia maya. Ada pula 50 dakwaan karena Erleena tidak mencantumkan identitas agen penyalur dan izin operasional agen tersebut di iklan tersebut.

Hal itu, diduga kuat telah melanggar UU Badan Ketenagakerjaan (EAA). Kalau nantinya di persidangan terbukti, maka Erleena terancam hukuman penjara 6 bulan atau dikenai denda SGD 5.000 atau setara Rp 54,3 juta atau bisa dikenakan dua hukuman tersebut. 

"Selain itu agen penyalur tenaga kerja milik Erleena dicabut dari daftar Kementerian Ketenagakerjaan dan izinnya telah dibekukan selama enam bulan," demikian isi keterangan tertulis Kementerian Ketenagakerjaan Singapura pada Senin (8/10). 


2. Pelaku pemasang iklan TKI dimasukan ke dalam daftar hitam imigrasi Indonesia
Singapura Proses Secara Hukum Agen yang Pasang Iklan TKI Online
Selain dikenai hukuman pidana, Erleena juga dimasukan ke dalam daftar hitam imigrasi Indonesia. Artinya, dia tidak akan bisa berkunjung ke Tanah Air seumur hidup. KBRI Singapura turut memasukan namanya ke dalam daftar hitam, yang berdampak ia tidak lagi bisa menyalurkan jasa TKI ke Negeri Singa. 


3. Indonesia mengapresiasi langkah yang ditempuh oleh Singapura
Singapura Proses Secara Hukum Agen yang Pasang Iklan TKI Online
Pemerintah Indonesia menyambut baik langkah yang diambil oleh Negeri Singa. Duta Besar Indonesia untuk Singapura, I Gusti Ngurah Swajaya, berharap peristiwa itu tidak lagi terulang. 

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia juga pernah menemukan iklan TKI dipasang di sebuah pusat perbelanjaan. 

"Kami mengapresiasi Pemerintah Singapura yang telah merespons positif keprihatinan yang disampaikan oleh Pemerintah Indonesia. Ini menjadi komitmen kami bersama, agar kejadian serupa tidak boleh terulang kembali di masa mendatang," kata Ngurah melalui keterangan tertulis pada Senin kemarin. 

Indonesia sejak awal memprotes keberadaan iklan penawaran jasa TKI itu di dunia maya. Sebab, hal itu mengusik rasa kemanusiaan, seolah-olah TKI dijual seperti komoditas tertentu. 


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Singapura Proses Secara Hukum Agen yang Pasang Iklan TKI Online Aksi Menpar Tiupkan Semangat Indonesia Incorporated di Singapura

- Singapura Proses Secara Hukum Agen yang Pasang Iklan TKI Online 10 Makanan Singapura yang Harus Kamu Coba Minimal Sekali Seumur Hidup

- Singapura Proses Secara Hukum Agen yang Pasang Iklan TKI Online Hari Bhakti Postel Ke 73 Ekonomi Digital Untuk Kesejahteraan Bangsa

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di