alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Hati-Hati Tanaman Ini Menyebabkan Luka Bakar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd627bdad7705c3b8b4567/hati-hati-tanaman-ini-menyebabkan-luka-bakar

Hati-Hati Tanaman Ini Menyebabkan Luka Bakar

Giant hogweed merupakan tanaman yang sering disebut dengan istilah tanaman monster. Hal tersebut karena tanaman ini sanagt mengancam di lingkungan sekitar dan manusia. Apabila terkena dari getah tanaman ini, kulit dari manusia akan dapat melepuh seperti luka bakar bahkan dapat berujung kebutaan permanen pada mata anda.


Secara umum, tanaman yang satu ini berada di Amerika Serikat dan Inggris. Sudah banyak kasus yang terkena tanaman monster yang mengalami luka bakar cukup parah. Kulit mereka mengalami pengelupasan seperti terbakar.

Tanaman hogweed ini tergolong tanaman invasif yang dapat membahayakan tanaman asli lain di sekitarannya. Sama halnya bahaya hogweed terhadap manusia. Tanaman monster ini atau yang memiliki nama ilmiah Heracleum mantegazzianum ini dianggap sebagai gulma yang berbahaya di AS. Hogweed mampu tumbuh dan berkembang hingga 14 meter.

Hogweed merupakan tanaman asli dari daerah Kaukasus Asia seperti Azerbaijan, Georgia, Armenia, dan sebagian dari Rusia. Tanaman monster ini pada awalnya diperkenalkan ke AS sebagai tanaman hias yang lolos budidaya.
Jika terkena dari getah tanaman ini dan terpapar sinar matahari akan dapat menghasilkan lepuh yang membakar dan meninggalkan bekas. Getah yang bersentuhan dengan mata akan dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Getah dari tanaman monster ini mengandung senyawa furanocoumarins fotosintesis. Senyawa inilah yang akan dapat membuat kulit kehilangan kemampuan dalam mengendalikan radiasi sinar UV dari sinar matahari. Dikarenakan kulit tidak bisa lagi mengendalikan radiasi dari sinar UV, kulit anda akan berubah menjadi sensitif dan mudah terbakar oleh sinar matahari.

Luka bakar yang disebabkan getah tanaman hogweed ini disebut phytophotodermatitis. Luka bakar yang disebabkan tanaman monster ini jauh lebih parah dibandingkan dengan tingkatan luka bakar lainnya.

Apabila terkena keringat, maka luka bakarnya akan terasa semakin perih dan parah. Selai itu, kulit akan menyebabkan menjadi lecet dan ruam.

Selain menyebabkan luka bakar, tanaman monster ini juga dapat menyebabkan kebutaan pada korbannya jika jatuh mengenai mata.

Apabila terkena atau bersentuhan dengan tanaman monster ini, disarankan untuk segera mencuci bagian tubuh yang terkena tanaman ini dengan air dan sabun. Setelah itu, diusahakan untuk menjauhi matahari selama 48 jam dan segera lakukan pengobatan atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya agar mengetahui apa yang harus dilakukan.

Perlu diingat, bahwa getah dari tanaman ini terdapat pada bulu dan daunnya juga. Maka dari itu, harus selalu waspada agar anda tidak terkena efek buruk yang sudah dijelaskan seperti di atas.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di