alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rupiah Anjlok Rp15.100/USD, Menko Darmin 'Salahkan' Kuatnya Ekonomi Amerika
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd522814088d135a8b4567/rupiah-anjlok-rp15100-usd-menko-darmin-salahkan-kuatnya-ekonomi-amerika

Rupiah Anjlok Rp15.100/USD, Menko Darmin 'Salahkan' Kuatnya Ekonomi Amerika


Rupiah Anjlok Rp15.100/USD, Menko Darmin 'Salahkan' Kuatnya Ekonomi Amerika
Foto: Menko Darmin soal Rupiah (Okezone)
Jum'at 05 Oktober 2018 11:25 WIB
Jurnalis - Giri Hartomo
JAKARTA - Nilai tukar Rupiah mengalami pelemahan dalam beberapa hari ini. Bahkan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat sudah menyentuh angka Rp15.100 per USD.

Menanggapi hal tersebut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat disebabkan beberapa faktor eksternal. Salah satunya adalah menguatnya perekonomian Amerika Serikat.




Sehingga dana-dana asing yang selama ini hinggap di negara berkembang mulai kembali lagi ke Amerika Serikat. Hal itu pula yang membuat sentimen positif tlnilai tukar Dolar Amerika Serikat terhadap mata uang negara lain termasuk Indonesia b

"Ekonomi Amerika entah bagaimana itu, memang bagus. Heran kita. Jadi ekonomi AS memang bagus," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (5/10/2018).



Selain itu menurut Darmin, faktor lainnya adalah karena perang dagang antara negara yang semakin meluas. Kebijakan pembatasan impor dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat, membuat negara-negara berkembang termasuk Indonesia terkena imbasnya.

"Kedua kelihatannya perang dagang ini sudah enggak bisa direm. Ini akan jalan dan makin ngena masing masing mulai mengembangkan strategi yang makin bercabang cabang itu sehingga untuk nariknya agak susah supaya berhenti udah susah. Perlu waktulah. jadi ini akan jalan," jelasnya.






Darmin menyebutkan situasi ini akan sangat sulit untuk dihindari. Sebab, negara-negara dunia mulai mementingkan dirinya sendiri untuk membuat kebijakan-kebijakan baru dengan mitra dagangnya.

"Ketidakstabilan global itu enggak bisa dihindari itu akan jalan terus malah kalau tadinya dibilang paling kuartal I tahun depan, kayaknya enggak," ucapnya.

https://economy.okezone.com/amp/2018/10/05/20/1960052/rupiah-anjlok-rp15-100-usd-menko-darmin-salahkan-kuatnya-ekonomi-amerika

Kembali kita mendengar kata2 mutiara dari menteri Rezim.
Rupiah anjlok salah Ekonomi Amerika.
Lah kita nya sendiri Nx (Nett Export) nya negatif melulu lho. Kok gak mau koreksi diri ya.
Genjot ekspor dan dunia usaha berorientasi ekspor dong. Itu solusinya.
emoticon-No Hope emoticon-No Hope
Halaman 1 dari 2
cuma rejim dungu pengecut kekanakan, yg suka salahkan orang lain
Quote:
setan mana tuh yg membisiki seorang menko ?






sekarang sudah menjadi jaman mencari kesalahan pihak lain kah ? emoticon-Cape d...
Diubah oleh Hitlier
trus salah gw kapan bre
Balasan Post 54m5u4d183
Harusnya sih nyalahin oposisi Amien Rais dan Ratna Sarung Kampret penebar hoax
emoticon-Traveller emoticon-Traveller
kowi salah milih menko ini. darmin hobinya ngeles mulu gak pernah introspeksi kebijakan
ane kangen sama paket nya darmin

emoticon-Goyang

katanya IMF,,ekonomi kita bagus disaat dunia lagi krisis. emoticon-Imlek
Balasan Post 5.november
Quote:


Itu tahun 2008 bre sekarang udah lewat
Menteri2 wiwi dagelan kabeh
Salah nya karena ga punya dollar. Coba kalo punya dollar banyak, buat intervensi sampe ke 2000 juga bisa.

Ga becus, ga becus rezim mukidi. Mau 2 periode? Seumur hidup aja sekalian, dalam mimpi
lucu ya komentar2 di sini.

kalian menutup mata atau memang buta? Amerika itu negara maju dan jadi salah satu barometer perekonomian global. Indonesia masih ada di kategori negara berkembang. Di saat ada beberapa negara berkembang mengalami krisis (i.e. Argentina, Turki), koefisien kelayakan berinvestasi di negara berkembang otomatis terpengaruh. di saat seperti itu, ekonomi Amerika memang sedang bertumbuh. buktinya apa? US sudah merilis angka growth ekonominya, dan angka pengangguran di US yang saat ini sangat rendah dalam sejarah mereka dalam sekian puluh tahun terakhir.

sekarang saya tanya, seandainya lu konglomerat Triliuner, lu bakal mau berinvestasi di negara yg kaya gimana? di negara berkembang dengan resiko yg lebih besar? atau di US yang ekonomi lebih kuat dan lu pny benefit nilai tukar yang kemungkinan akan terus naik dalam bbrp waktu k dpn?
Diubah oleh randyw31
ya kalau fed ameriki naikkin suku bunga emang biasanya orang pada tertarik ambil investasi disana sih (meskipun si trump paok gitu). Karena duit beredar (dan investor) terbatas (duit gak metik di pohon cuy), kalau investor pada ambil disana ya mereka lepas yang di tempat lain.

nasbung yang jejeritan histeris investor musti taruh duit di indonesia ini sama dengan nasbung dungu yang kebakaran jhembut bilang investor investasi di indo = negara ini dijual ke asing & aseng? maunya apa sih orang2 dungu ini??
jadi petani sana = biar indonesia bisa swasembada pangan ga tergantung impor, bukannya duduk2 nganggur nyerocot nyinyir kaya emak-emak
atau jadi tukang bangunan = bantuin bangun infrastruktur buat ngebangun daerah2 laen. daripada demo gak jelas sok sucilah pamer ketololan lah terus mewek2 dijolimi. pada kaga malu apa ya jadi pengangguran ga nyumbang apapun buat bangsa, nuntut banyak, masih nyinyiran pula emoticon-Hammer
Quote:


ente kira semudah itu gan ?,
semua negara yg terdampak pun mengakui alasan yg sama dgn darmin ,
ente meragukan kemampuan darmin ?
sapa lg yg lbh dari seorang darmin di nkri ?
Min.... Darmin.......
Rata2 orang yg pake nama "min" mesti konyol kenapa ya, contoh amin rais, maruk amin, muhaimin iskandar, nah sekarang darmin emoticon-Gila
Khas org yg ngaku warga negara indonesia banged????


Bikin malu kalo cm bs komen gt
Balasan Post hobypecun
Quote:


Sama tuh mimin darwis jg konyoL








Dagu nya
Quote:


ngomong ma erdogan sana jink
Quote:
hehehe...


Rupiah paling rontok se asia,

bahkan salah satu terburuk dunia

Mata uang lainnya masih stabil terhadap us dolar

masih cari kambing hitam?
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di