alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lapor Tindak Pidana Korupsi Dapat Uang Ratusan Juta, Tapi Ada Syaratnya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd437bde2cf287058b4568/lapor-tindak-pidana-korupsi-dapat-uang-ratusan-juta-tapi-ada-syaratnya

Lapor Tindak Pidana Korupsi Dapat Uang Ratusan Juta, Tapi Ada Syaratnya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kini, para pelapor tindak korupsi akan mendapatkan hadiah dari pemerintah. Tidak main-main, hal ini bahkan diatur dalam peraturan pemerintah (PP).

Asal tahu saja, Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2018 tentang tata cara pelaksanaan peran serta masyarakat dan pemberian penghargaan dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Dengan PP 43/2018 tersebut, masyarakat yang memberikan informasi kepada penegak hukum mengenai dugaan korupsi akan mendapatkan penghargaan dalam bentuk piagam dan premi yang besarannya maksimal Rp 200 juta.

Pasal 17 ayat (1) PP 43/2018 menyebutkan, besaran premi diberikan sebesar dua permil dari jumlah kerugian keuangan negara yang dapat dikembalikan kepada negara.

"Besaran premi yang diberikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling banyak Rp 200.000.000 (dua ratus juta)," demikian bunyi pasal 17 ayat (2) PP tersebut, seperti dikutip dari laman Setneg.go.id, Selasa (9/10).

Sementara untuk pelapor tindak pidana korupsi berupa suap, besar premi yang diberikan sebesar dua permil dari nilai uang suap dan/atau uang dari hasil lelang barang rampasan dengan nilai maksimal Rp 10 juta.

Peraturan tersebut diteken Presiden Joko Widodo dan diundangkan oleh Kementerian hukum dan HAM pada 18 September 2018. PP 43/2018 itu telah masuk dalam lembaran negara RI tahun 2018 nomor 157.

Menurut PP 43/2018 itu, masyarakat dapat memberikan informasi mengenai dugaan tindak pidana korupsi kepada pejabat yang berwenang pada badan publik atau pun penegak hukum.

Pemberian informasi kepada penegak hukum dapat berbentuk laporan tertulis atau lisan, baik melalui media elektronik maupun nonelektronik.

Laporan mengenai dugaan korupsi harus sedikit memuat identitas pelapor dan uraian mengenai fakta tentang dugaan telah terjadi korupsi. Pelapor juga wajib melampirkan fotokopi KTP atau identitas diri lain dan dokumen atau keterangan terkait tindak pidana korupsi yang dilaporkan.

Nantinya, Pelapor juga berhak mengajukan pertanyaan tentang laporannya yang diberikan kepada Penegak Hukum. Setelah melaporkan, pelapor juga berhak mendapatkan perlindungan hukum.

Syarat

Namun, dalam PP itu disebutkan setiap pelapor kasus korupsi yang menerima penghargaan harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan pemerintah. Salah satunya, mendapat penilaian dari penegak hukum.

Penegak hukum akan melakukan penilaian terhadap tingkat kebenaran laporan yang disampaikan oleh pelapor dalam upaya pemberantasan atau pengungkapan tindak pidana korupsi.

Penilaian itu dilakukan dalam waktu paling lama 30 hari kerja terhitung sejak salinan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap diterima oleh jaksa.

Dalam memberikan penilaian, penegak hukum mempertimbangkan peran aktif pelapor dalam mengungkap tindak pidana korupsi, kualitas data laporan atau alat bukti, dan risiko bagi pelapor. (Ihsanuddin)

https://m.kontan.co.id/news/lapor-tindak-pidana-korupsi-dapat-uang-ratusan-juta-tapi-ada-syaratnya

mantap, lapor tindak pidana korupsi bisa dapet ratusan juta emoticon-Wow
Ya tapi dapat jaminan keamanan ga nih...?

Yang udah berani korupsi miliaran pasti punya pengaman "tidak terlihat"....

Bisa bisa abis lapor, dapat premi, besoknya hilang tinggal cerita..... emoticon-Big Grin
Balasan Post mastomi
Quote:


emoticon-Wakaka
Quote:
Balasan Post mastomi
Quote:


ada risikonya juga gan emoticon-Big Grin
Balasan Post mastomi
Quote:

emoticon-Leh Uga

besok ane mau laforin fulan
Ada yang pernah lihat video pembunuhan j..key pada bos PT Sanex..
Quote:


Itu dia, harusnya saksi pelapor ditaruh di Safe House macem di film2 Hollywood itu sampai waktu pengadilan tiba..

Kalau nggak, ya pasti mati... emoticon-Big Grin
Balasan Post mastomi
Quote:

ada LPSK kan??


tapi emang ngeri sih andai ane ngelaporin si X korupsi dengan bukti kuat, ane malah ketakutan lho emoticon-Big Grin

siapa tau ada sniper ngincer kepala ane emoticon-Big Grin
Balasan Post mastomi
Quote:


Ada jaminan, LPSK juga
Orang2nya juga ngaskus. Mau langsung bukti? Nazarudin masi idup
jebakan betmen, jangan tergiurl uang 200 juta
nanti ente lapor malah ditangkep dikorek2 kesalahannya
siap spycam dulu ah, kek insert investigasi emoticon-Ngakak
laporin temannya,join sama teman nanti bagi hasil,lumayan dpt @50 juta
Balasan Post mastomi
no pain no gain
fortune favors the bold
high risk high gain

etc etc
mau enak nggak mau susah....indo sekalee
Balasan Post goahraesa
Setuju, dan lagi pasti salah satu syaratnya adalah dampak serta nilai dari yang dikorupsi. Kalau hanya receh bisa2 dijadiin ladang baru lagi bagi oportunis2 sejati.
Wah si Amin Rais bisa dapat 200 juta neh
Hayo siapa berani...resikonya disiram air keras
emoticon-Ngakak
Quote:


Ea kalo nazarudin mah nama udah kuat bree.... Ada fansboy yang siap bela.... Lha kalo orang biasa ecek ecek gimana coba...


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di