alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sejak Rupiah Menginjak Level 15.000, Tingkat Persepsi Risiko Indonesia Terus Melonjak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd41ac98e31bb3368b4569/sejak-rupiah-menginjak-level-15000-tingkat-persepsi-risiko-indonesia-terus-melonjak

Sejak Rupiah Menginjak Level 15.000, Tingkat Persepsi Risiko Indonesia Terus Melonjak

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Posisi nilai tukar rupiah terus melemah terhadap dollar AS. Kondisi itu menyebabkan persepsi risiko Indonesia kembali meningkat. Tekanan bertambah mengingat para investor masih dikhawatirkan pada kondisi fundamental ekonomi dalam negeri yang belum sepenuhnya aman.

Mengutip Bloomberg, credit default swap (CDS) Indonesia tenor 5 tahun pada perdagangan Selasa (9/10) berada di level 147,31. Angka ini melonjak 13,21% dibandingkan posisi di akhir bulan lalu. Bahkan, kemarin CDS Indonesia tenor 5 tahun menyentuh posisi tertingginya sejak 5 September 2018 di level 148,64.​

Tren kenaikan juga terjadi pada CDS Indonesia tenor 10 tahun. Kemarin (8/10), CDS Indonesia tenor 10 tahun bertengger di level 222,59 alias meningkat 4,8% dibandingkan posisi di akhir September lalu.

Research Analyst Capital Asset Management Desmon Silitonga mengatakan, kenaikan CDS Indonesia sejalan dengan volatilitas rupiah yang meningkat tajam di awal Oktober. "Risiko berinvestasi di Indonesia terus meningkat semenjak rupiah menginjak level Rp 15.000," ujar dia.

Volatilitas rupiah sebenarnya lebih didominasi oleh faktor global seperti efek kenaikan suku bunga acuan AS hingga tren kenaikan US Treasury dan harga minyak mentah dunia. Alhasil, bukan Indonesia saja yang mengalami peningkatan level CDS, melainkan juga negara-negara emerging market lainnya.

Lihat saja, CDS tenor 5 tahun milik India pada perdagangan kemarin juga mencapai posisi tertingginya di level 105,18.

Namun demikian, Indonesia tetap wajib waspada. Pasalnya, pelemahan rupiah yang cukup dalam terjadi di saat permintaan dollar AS masih tergolong tinggi. Apalagi, jelang akhir tahun kebutuhan impor dan pembayaran utang luar negeri Indonesia berpotensi meningkat, baik dari sisi pemerintah maupun swasta.

Di sisi lain, Indonesia belum bisa menggenjot ekspor secara signifikan sehingga pasokan dollar AS di dalam negeri cenderung terbatas. Tak heran defisit transaksi berjalan Indonesia bisa semakin melebar akibat data neraca perdagangan Indonesia yang belum membaik.

Faktor ini turut membuat investor asing khawatir untuk berinvestasi di Indonesia di saat ketidakpastian global masih menjadi hantu bagi pasar keuangan domestik dan negara emerging market lainnya. "Investor global lebih memilih mengamankan dananya ketika risiko suatu negara meningkat," imbuh Desmon.

https://m.kontan.co.id/news/sejak-rupiah-menginjak-level-15000-tingkat-persepsi-risiko-indonesia-terus-melonjak

Bener juga emoticon-Cool
sepertinya byk yg menahan diri..
masih mencari kestabilan rupiah..
Quote:
Belon 20ribu kan? Kaoo dah 20rebu baru kita kerja
Bakso msh 10rb.. Indonesia msh aman.. Kata nastaik
Quote:




×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di