alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
CARA MEMILIH LOKASI USAHA YANG MENGUNTUNGKAN BAGI BISNIS ANDA
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd3721dcd770a3048b4594/cara-memilih-lokasi-usaha-yang-menguntungkan-bagi-bisnis-anda

CARA MEMILIH LOKASI USAHA YANG MENGUNTUNGKAN BAGI BISNIS ANDA

CARA MEMILIH LOKASI USAHA YANG MENGUNTUNGKAN BAGI BISNIS ANDA

Lokasi atau tempat melakukan usaha sangat besar pengaruhnya terhadap kelancaran penjualan dalam menyampaikan barang dagangan dari produsen ke konsumen. Lokasi yang strategis sangat menentukan keberhasilan suatu usaha dagang namun untuk menentukannya bukan hal mudah apabila di tengah laju pembangunan.

Pengusaha yang berhasil adalah yang paling dapat menyesuaikan barang dan jasanya dengan permintaan pasar secara tepat, oleh karena itu pengusaha harus memperhatikan masalah yang berkaitan dengan ketepatan pemilihan lokasi usaha. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan daerah perbelanjaan adalah:

Meskipun pemilik usaha telah berusaha menentukan lokasi usahanya dengan menggunakan metode seoptimal mungkin, namun permasalahan yang tidak terduga dapat datang secara tiba-tiba pada lokasi usaha yang telah dipilih, misalnya peraturan tempat usaha, ketersediaan air, pembuangan limbah, suplay tenaga kerja, biaya transportasi, peraturan pajak, penerimaan masyarakat sekitar, dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi jalannya kegiatan bisnis.

Oleh karena itu, pemilihan lokasi usaha jasa sebaiknya memilih lokasi yang memiliki resiko lokasi yang paling kecil. Salah satu cara memilih lokasi usaha yang baik adalah dengan mengikuti proses pemilihan sistematis :

Mendefinisikan objek lokasi usaha.Mengidentifikasi kriteria pemilihan yang relevan.Menggunakan model lokasional (model biaya ekonomi, analisis BEP (Break Even Point), linear programming, analisis kualitatif, faktor analsis.)Mengumpulkan data lokasi yang akan dijadikan tempat usaha dan alternatif lokasi lain.Memilih lokasi yang memiliki pemenuhan kriteria paling banyak.

Analisis lokasi jasa dapat dibedakan dalam dua kategori: layanan menetap (fixed service) dan layanan kirim (delivery service). Layanan menetap dikonsumsi di fasilitas tempat jasa (layanan) ini disiapkan. Sebaliknya, layanan kirim diberikan di tempat layanan itu dibutuhkan.

Seorang pemilik usaha berusaha untuk menentukan tempat yang tepat harus mempertimbangkan faktor-faktor tempat berikut dalam mengambil keputusan:

Area pasarCakupan pasarTata letak dan desain tempat usaha.

Lokasi usaha sangatlah penting karena membantu dalam menentukan bauran konsumen dan persaingan. Sekali lokasi usaha dipilih maka akan sulit untuk memindahkannya, sebab kalau lokasi sering berpindaha akan menyebabkan kurangnya, pelanggan. Pasar adalah wilayah geografis di mana pembeli dan penjual bertemu untuk menukar uang untuk produk dan jasa.

Pasar yang tepat untuk usaha jasa adalah daerah yang mengandung cukup banyak orang untuk memenuhi kebutuhan konsumen pada keuntungan. Layout dan desain tempat adalah dua elemen penting yang harus dipertimbangkan usaha jasa dalam menciptakan suasana belanja yang tepat untuk target pasarnya.

Jasa tidak dipasarkan melalui saluran distribusi tradisional seperti halnya barang fisik, misalnya dari pabrik ke pedagang grosir, kemudian ke pengecer untuk selanjutnya disampaikan kepada konsumen akhir. Akan tetapi dalam pemasaran jasa terdapat dua kemungkinan, yaitu pertama, pelanggan mendatangi lokasi fasilitas jasa (mahasiswa mendatangi tempat fotocopy). Kemungkinan kedua adalah penyedia jasa yang mendatangi pelanggan (layanan perawatan wajah door to door).

Fleksibilitas suatu lokasi merupakan ukuran sejauh mana suatu usaha jasa dapat bereaksi terhadap situasi ekonomi yang berubah. Karena keputusan pemilihan lokasi berkaitan dengan komitmen jangka panjang terhadap aspek-aspek yang sifatnya kapital intensif, maka suatu penyedia jasa haruslah benar-benar mempertimbangkan dan menyeleksi lokasi yang responsif terhadap perubahan- perubahan ekonomi, demografis, budaya, dan persaingan di masa mendatang.

Pemilihan tempat atau lokasi usaha jasa memerlukan pertimbangan yang cermat terhadap beberapa faktor berikut :

Akses, misalnya lokasi yang mudah dilalui atau mudah dijangkau sarana transportasi umum.Visibilitas, misalnya lokasi yang dapat dilihat dengan jelas dari tepi jalan.Lalu lintas (traffic), di mana ada dua hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu : (a) Banyaknya orang yang lalu lalang bisa memberikan besar terjadinya impulse buying. (b) Kepadatan dan kemacetan lalu lintas bisa pula menjadi hambatan, misalnya terhadap pelayanan kepolisian, pemadam kebakaran, dan ambulans.Tempat parkir yang luas dan aman.Ekspansi, yaitu tersedia tempat yang cukup luas untuk perluasan usaha di kemudian hari.Lingkungan, yaitu daerah sekitar yang mendukung jasa yang ditawarkan. Misalnya usaha fotocopy yang berdekatan dengan daerah kampus, sekolah, dan perkantoran.

Keuntungan Pemilihan Lokasi Yang Tepat

Pelayanan yang diberikan kepada konsumen dapat lebih memuaskanKemudahan dalam memperoleh tenaga kerja yang diinginkanKemudahan dalam memperoleh bahan baku atau bahan penolong secara terus menerusKemudahan untuk memperluas lokasi usahaMemiliki nilai dan harga ekonomi yang lebih tinggi di masa yang akan datang

Oleh karena itu, jika Anda hendak menjalankan sebuah bisnis, lakukan pemilihan lokasi usaha yang menguntungkan bagi Anda, karena lokasi yang salah dapat membuat bisnis Anda mengalami kerugian, bahkan bangkrut.

 

-- SEMOGA BERMANFAAT --



Baca juga ya:

Pengaruh SDM terhadap kesuksesan sebuah bisnis
http://adityahermawan.com/mengapa-su...-sebuah-bisnis

Cara memberikan kepuasan layanan kepada pelanggan Anda
http://adityahermawan.com/ini-dia-ca...pelanggan-anda

4 Metode untuk mengetahui kepuasan pelanggan
http://adityahermawan.com/4--metode-...san-pelanggan/

Faktor2 yang mempengaruhi pelanggan ketika akan membeli produk
http://adityahermawan.com/faktorfakt...-sebuah-produk
Diubah oleh: hermawanaditya
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di