alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Nike Setop Pesan Pakaian dari 19 Pabrik RI, 35 Ribu Buruh Terancam PHK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd2c96902cfef1728b4574/nike-setop-pesan-pakaian-dari-19-pabrik-ri-35-ribu-buruh-terancam-phk

Nike Setop Pesan Pakaian dari 19 Pabrik RI, 35 Ribu Buruh Terancam PHK

Serikat Pekerja Nasional (SPN) mencatat, perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Nike, akan menghentikan pemesanan produk pakaian olahraga dari 19 perusahaan pemasok yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten.

Menurut Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat SPN, Iwan Kusmawan, penyetopan pemesanan produk pakaian olahraga itu sudah mulai dilakukan sejak awal 2018, dan akan berlangsung hingga akhir 2019 nanti.

BACA JUGA
Keinginan dan Harapan Para Buruh di May Day 2018
Warna-warni Peringatan May Day 2018
Aksi May Day, Buruh di Aceh Tolak TKA yang Tak Punya Keahlian

“Info dari para pekerja, Nike menarik order apparel dari 19 perusahaan. Sudah akan yang dihentikan, bertahap hingga akhir 2019,” ujarnya saat ditemui di Kantor LBH Jakarta, Selasa (9/10).
Dia menceritakan, Nike telah bekerja sama dengan 19 perusahaan pemasok pakaian olahraga itu sejak 30 tahun yang lalu. Dengan adanya penyetopan secara bertahap itu, sebanyak 35 ribu buruh berpotensi akan kehilangan pekerjaan.

“Hampir 35 ribu pekerja dari 19 perusahaan itu terancam kehilangan pekerjaan. Padahal banyak dari mereka yang sudah bekerja belasan, atau bahkan puluhan tahun,” beber Iwan.

Aksi Buruh Internasional di Jakarta (Foto:Helmi Afandi/kumparan)

Dia pun mengakui, perusahaan pemasok tersebut bukan merupakan anak usaha Nike. Hanya saja di tahun 2011, Nike telah menandatangani perjanjian serikat pekerja 19 perusahaan itu untuk menyosialisasikan kebijakan perusahaan.

“Kami sudah berkirim surat untuk menanyakan kebijakan ini, baik ke kantor Nike di Indonesia, Singapura, maupun Amerika, tapi tidak ada respons. Tidak ada penjelasan dari mereka,” tegasnya.
Dia menambahkan, pabrik yang menaungi 35 ribu pekerja itu saat ini mulai menawarkan pensiun dini dengan kompensasi 1 kali gaji. Alasannya, pabrik tidak mampu apabila memenuhi pesangon yang disyaratkan undang-undang.

“Kompensasi pabrik-pabrik itu hanya 1 kali gaji, jadi dia hanya mampunya 1 kali gaji. Mereka bilang begitu karena ini bukan disebabkan pabrik yang bangkrut,” ucap Iwan.

Saat ini, menurut dia, karyawan 19 perusahaan itu menuntut ke Nike untuk memberikan kompensasi 5 kali gaji. Atau setidaknya, Nike memberi order lain kepada 19 perusahaan itu karena telah bekerja sama selama 30 tahun.

https://m.kumparan.com/@kumparanbisnis/nike-setop-pesan-pakaian-dari-19-pabrik-ri-35-ribu-buruh-terancam-phk-1539083994770780426?ref=trenstory


salah ratna sarungkampret emoticon-Traveller

Halaman 1 dari 2
Quote:
tenang nanti said iqbal demo minta naik upah buruh dan naik standar hidup layak emoticon-I Love Indonesia
terlepas dr berita sedih kemungkinan 35 ribu orang akan kehilangan pekerjaan..

ternyata baju2 nike didatangkan dr Indonesia ya,di kirim keluar kasi lebel,dijual lagi kemari dg hrga mahal
tenang bkin kawe nya saja ex buruh nya
Demo minta naikin upah tiap taun, giliran perusahaan mo setop mewek.
nah kan besok demo lagi ya biar makin banyak yang angkat kaki

















emoticon-Cool
prestasi mukidi nih
Balasan Post manbrotheking
Quote:

Hilih kintil

Gak usah munafik ente mesti milih sepatu nike Daripada Proatt emoticon-Traveller
Klo untk made in indo biasanya bwt ekspor, sini pasarnya yg made in china
Bukan karyawan Nike kok minta kompensasi emoticon-Busa emoticon-Busa
sefuluh juta lafangan kerja masih menanti
Make America Great Again
Quote:


lol,tau dr mana kon?
bagus paling lari ke Filipin atau Vietnam
Suruh rubah bikin daster aja, malu-maluin amat hidup bergantung sama kapir
emoticon-Traveller
Quote:


di eropa barang made in Indonesia sama Vietnam banyam om
Quote:


Nike mana mau terima pabrik cuman kasih kompensasi 1X gaji. Yang kaya gini pasti dianggap sebagai temuan audit sustainability. Pasti pabrik dituntut bayar pesangon 2 pmtk sesuai aturan negara.


Mosok ya selama 30 th cuma bikin Nike doang? 🤔
Apa nggak kepikiran diversifikasi bikin produk orisinil sendiri? 🤔
Wah yg di subang itu bisa tutup dong
Quote:


Salah.

Yg untuk ekspor yah di ekspor. Yg untuk penjualan lokal yah dari pabrik lgs dikirim ke gudang lokal yg udah ditunjuk nike. Dan tidak menutup kemungkinan keduanya item yg sama

Mana ada dikirim ke luar negeri, di re-label trus dikirim balik ke indo....... itu sih rumor ga bener
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di