alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bos BCA Khawatir Pelemahan Rupiah Berdampak ke Sektor Riil
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbd2bbbdad770721b8b4568/bos-bca-khawatir-pelemahan-rupiah-berdampak-ke-sektor-riil

Bos BCA Khawatir Pelemahan Rupiah Berdampak ke Sektor Riil

Pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) beberapa waktu terakhir diklaim tak berdampak terhadap lini bisnis PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Sebab, BCA telah belajar dari krisis moneter di Indonesia tahun 1998.

Menurut Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, kini pihaknya sudah tak terlalu banyak melakukan pinjaman dalam bentuk dolar AS. Dia menyebut selama tak ada kepanikan di pasar, pelemahan rupiah tak akan berdampak.
Namun demikian, dia berharap pelemahan rupiah tidak berdampak ke sektor riil karena sebagian bahan baku produk yang beredar di Indonesia berasal dari impor. Ketika dolar AS perkasa, harga bahan baku impor juga naik.

“Justru yang perlu diperhatikan adalah sektor riil, karena bahan baku dari produk kita itu masih impor. Itu sedikit banyak akan ada kenaikan pada harga,” ujarnya saat ditemui di Ritz Charlton Hotel, Kawasan SCBD, Jakarta, Selasa (9/10).

Jahja menambahkan ketika terdapat kenaikan harga barang, maka berpotensi membuat inflasi juga naik. Sementara saat harga barang melonjak namun daya beli masyarakat turun atau stagnan, hal itu bisa membuat kinerja keuangan produsen barang turun, atau bahkan bangkrut.

Petugas kasir menghitung mata uang dolar Amerika Serikat (AS) di tempat penukaran uang di kawasan Kwitang. (Foto:ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
BACA JUGA
BCA Cari 2.000 Hacker hingga Hipster IT dengan Gaji Menarik
Dana Nasabah BCA yang Lari ke ORI Capai Rp 1,3 Triliun
Rini: Pelemahan Rupiah Jadi Momentum Bagus Investor Asing Masuk ke RI

Hal tersebut dapat berdampak pada kinerja perbankan, misalnya produsen barang itu tak bisa membayar utang ke bank, atau jumlah perputaran uang yang ada di bank akan berkurang, sebab sebelumnya transaksi industri dalam membayarkan gaji, menerima atau membayar supplier melalui bank.

“Nah kenaikan harga itu harus dilihat dampak ke inflasi berapa besar, kita doakan kita bisa terus kendalikan inflasi, sehingga inflasi tidak terlalu tinggi,” beber Jahja.
Dia pun mengungkapkan, dana jangka panjang yang mengendap di BCA terbesar berasal dari pedagang atau pengusaha, bukan dana perusahaan untuk pembayaran gaji. Jahja mengatakan, dana gaji perusahaan hanya mengendap paling lama seminggu.

“Kebanyakan pedagang, pengusaha. Kalau pengusaha itu kan selalu perputaran dan bisnisnya berkembang, itu dana tetap jangka panjang. Kalau gaji perusahaan hanya seminggu, come and go,” tutupnya.


https://m.kumparan.com/@kumparanbisnis/bos-bca-khawatir-pelemahan-rupiah-berdampak-ke-sektor-riil-1539092326956250065?ref=relmedia


makar nih..jgn politisasi isu ekonomi tong, wong bakso masi 10rb kog emoticon-Blue Guy Bata (L)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:
riil nya sudah jelas ane tiap kirim ortu di indo biasa nya 13/14prdolar skrng kirm seratus dolar jdi 1.5haha
katanya si darmin sampai 20rb pun per dollar kita masih kayaaaa????
lah kata mentri ... rezim sekarang .. kuat kok sampe 20rb .....
















emoticon-Blue Guy Bata (L) mau di cap makar lo
naik berapa pun dollar nya tetap isi pertamax ceban emoticon-Stick Out Tongue
Itu bos BCA udh jd nasbung rupanya

Rupiah 20rb gk akan ad masalah
Selama bakso didepan komplek masih 10rb, berarti masih aman lah ekonomi kita
ada maunya kalo bca sudah begini mah.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di