alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Filosofi Pendidikan Perspektif Islam I
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbcde76dcd770ec398b4568/filosofi-pendidikan-perspektif-islam-i

Filosofi Pendidikan Perspektif Islam I

Pendidikan merupakan suatu proses internalisasi nilai-nilai dan norma-norma budi yang luhur agar tercapainya tujuan pendidikan itu sendiri.
Islam adalah agama samawi yang menjunjung tinggi ilmu, pengajar dan yang diajar. Hal ini di singgung dalam Al-Qur'an surat Al-Mujadalah ayat 11, yakni Allah akan mengangkat beberapa derajat orang yang berilmu.
Allah swt adalah tokoh pendidikan yang pertama dan yang utama. Tuhan semesta alam yang memiliki hak proregatif atas seluruh makhluk ciptaannya. Mulai dari manusia, jin dan hewan. Mereka diberikan wawasan untuk menjalani kehidupan agar selaras dengan aturan dan kehendak Tuhan.
Manusia sebagai salah satu peserta didik, seperti halnya Nabi Adam as yang diajarkan oleh Allah swt suatu pengetahuan dengan diberikan pengajaran perihal benda-benda dan pengetahuan tentang makhluk ciptaan-Nya ( Al-Baqarah Begitupun umat selanjutnya hingga umat akhir zaman yang akan menjadi pewaris lembaran-lembaran wahyu dari Allah swt sebagai wujud tarbiyah yang di berikan.
Al-Qur'an dan Hadis sebagai sumber hukum Islam yang utama dan sebagai bahan edukasi, mempunyai materi yang berisikan petunjuk teknis hidup, nilai-nilai moral, hukum, seni dan budaya. Dalam rangka proses edukatif yang mengarah kepada revolusi jiwa dan pemikiran peserta didik. Akal manusia yang begitu besar potensinya, memiliki daya untuk menyampaikan sesuatu yang ia dapatkan dari transformasi edukasi lembaran wahyu tersebut.
Pendidikan pada akhirnya bertujuan menghadirkan perubahan secara signifikan pada diri peserta didik, meliputi kepribadian, alam sekitarnya maupun pada pembelajaran itu sendiri. Oleh karena itu, tolak ukur keberhasilan dari pendidikan adanya aspek aksiologis yang terpatri pada peserta didik.Filosofi Pendidikan Perspektif Islam I
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di