alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
mantan Menkeu Fuad Bawazier: Rupiah Menuju 16.000 Per Dolar AS
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbcb05bdc06bd260c8b4567/mantan-menkeu--fuad-bawazier-rupiah-menuju-16000-per-dolar-as

mantan Menkeu Fuad Bawazier: Rupiah Menuju 16.000 Per Dolar AS

Rupiah Menuju 16.000 Per Dolar AS
 SELASA, 09 OKTOBER 2018 , 00:06:00 WIB | OLEH: FUAD BAWAZIER


mantan Menkeu Fuad Bawazier: Rupiah Menuju 16.000 Per Dolar AS
Ilustrasi

PADA Januari 2018 kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) masih di kisaran Rp13.200 lalu pada Mei tembus Rp14.000 dan Oktober ini sudah di kisaran Rp15.200. Artinya, rupiah sudah melemah sekitar Rp2000.

Celakanya faktor-faktor yang mendasari pelemahan rupiah masih utuh bahkan dengan kadar yang memburuk. Faktor itu adalah pasokan dolar (supply of) ke perekonomian Indonesia yang menurun sementara permintaan terhadap dolar (demand for) terus menguat sehingga gap atau defisitnya semakin melebar. Sementara obat (kebijakan) yang diambil pemerintah belum ada yang efektif bahkan cenderung memperburuk perekonomian Indonesia.

Untuk mempertahankan nilai tukar rupiah, BI telah intervensi pasar valas yang di perkirakan telah menghabiskan USD10 miliar cadangan devisa BI. Selain merangsang spekulan valas, intervensi  yang menurunkan cadangan valas itu justru semakin mengurangi kepercayaan pasar.

Sementara membela kurs rupiah dengan menaikkan suku bunga seperti yang selama ini ditempuh telah mengurangi daya saing dan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Dan langkah-langkah itu ternyata tidak efektif sebab hanya mampu mengobati gejolak pasar untuk sementara saja, tapi belum menyentuh pokok masalahnya, yaitu shortage atau kekurangan dolar di pasar.

Dalam kenyataannya, Defisit atau ketekoran dolar semakin membesar yg dapat di tunjukkan dengan semakin membesarnya defisit Neraca Perdagangan (Trade Balance) dari perkiraan awal tahun. Bahkan pertumbuhan impor sampai dengan akhir 2019 akan lebih tinggi dari pertumbuhan ekspor, yaitu 2019 impor diperkirakan tumbuh 7,1% sementara ekspor hanya 6,3%. Artinya, defisit Neraca Perdagangan akan membesar.

Begitu pula dengan Current Account deficit (CAD) yang semula di taksir paling tinggi 2,4% PDB, melihat data yang ada sampai  dengan September 2018, Menteri Keuangan Sri Mulyani akhirnya mengakui bahwa CAD akan melampaui 3% PDB. Dengan PDB Indonesia yang sudah mencapai USD1 triliun, berarti CAD akan defisit diatas USD30 miliar.

Seperti halnya yang terjadi di Itali, CAD yang melampaui 3% dan diiringi dengan defisit APBN, telah mampu mengguncangkan ekonomi Itali. Hal yang sama sebenarnya sedang di hadapi keuangan Indonesia. 
Sementara itu sentimen sentimen negatif membentang di depan mata atau pasar valas Indonesia yang semuanya mengarahkan pada pelemahan rupiah.

Pertama, utang jangka pendek valas kita yang USD50 miliar yang berarti pasar valas akan berebut dolar. Kedua, aliran dana masuk untuk investasi portofolio kenegara negara berkembang dalam 2 tahun ini di taksir akan berkurang USD70 miliar. Sejak tahun 2010 Indonesia adalah salah satu penikmat utama aliran dana hot money ini, sehingga pasti akan sangat terpukul.

Ketiga, akan terjadi penurunan nilai portofolio di pasar global yang berarti semakin sulit bagi pemerintah maupun swasta menerbitkan surat utang. Lagi lagi Indonesia yang selama ini menikmati hot money global ini akan semakin sulit menerbitkan surat utang dan harus membayar bunga  mahal atas surat utangnya. Sekarang saja yield surat utang negara sudah di atas 8%.

Keempat, diprediksi kedepan akan terjadi penundaan investasi di pasar global karena langkanya modal dan bunga yang tinggi. Kelima, minat yang melemah terhadap SBN menyebabkan harganya turun dan yieldnya naik.

Keenam, minat atau porsi kepemilikan asing dalam SBN menurun dari 39,82% (awal 2018) menjadi 36,89% (akhir Sept 2018). Meskipun nilai nominalnya (net) selama 9 bulan ini naik hampir Rp 15 triliun, tentu kenaikan absolut itu tidak berarti apa apa dibandingkan dengan kenaikan utang negara yg sekitar Rp1 triliun perhari. Artinya investor asing jelas sedang meninggalkan Indonesia. Media asing (CNBC Indonesia dan Reuters) melihatnya sebagai prospek ekonomi Indonesia yang kurang cerah.

Ketujuh, naiknya harga BBM dunia seperti minyak Brent yg mencapai USD80 sementara dalam RAPBN 2019 ditaksir USD68,7. Nilai tukar rupiah ditaksir hanya Rp14.400 sementara sekarang sudah Rp15.200. Begitu pula dengan asumsi asumsi makro lain dalam perhitungan RAPBN 2019 yang nampaknya akan meleset, akan semakin menyulitkan pencapaian target target di dalamnya. Dalam tahun anggaran 2018 ini di perkirakan target penerimaan pajak tidak akan tercapai meski mungkin tidak seburuk tahun tahun yang lalu. Tetapi tetap saja mengkawatirkan pemegang SBN Indonesia terhadap kemampuan negara memenuhi kewajiban utang dan bunganya.

Kedelapan, last but not least, dengan membaiknya ekonomi Amerika Serikat maka diprediksi The Fed masih akan menaikkan suku bunga dolar paling tidak dua kali lagi menuju acuan 3,25% yang pastinya akan semakin memperkuat USD dan mendorong pulang kampungnya dolar, meninggalkan pasar negara berkembang seperti Indonesia. Gejala-gejala ini sebenarnya sudah terasa dengan terjadinya capital outflows di pasar modal kita. Padahal selama ini, investasi hot money inilah yang berjasa atau diandalkan membantu memperkuat cadangan devisa kita.

Indikasi dan fakta ini nampaknya akan terus melemahkan kurs rupiah sehingga ceteris paribus, kurs rupiah sedang menuju ke batas psikologis barunya Rp16.000. Setelah mencapai angka itu, kepercayaan pasar menurun dan diperkirakan pasar valas (kurs) akan semakin sulit dikendalikan. Dan pemenangnya atau yang di untungkan adalah mereka pemegang dolar. Kini bola ada di tangan pemerintah dan BI. Semoga mampu mengatasinya.[***]

Penulis adalah pengamat ekonomi.


https://ekbis.rmol.co/read/2018/10/0...-Per-Dolar-AS-


------------------------

mantan Menkeu Fuad Bawazier: Rupiah Menuju 16.000 Per Dolar AS
source: https://www.bareksa.com/id/text/2015/06/01/prediksi-ekonom-singapura-rupiah-bisa-ambruk-ke-25000-ngawur-ini-datanya/10638/news


Pada tahun 2015 lalu bahkan ada ekonom dari negeri jiran Singapura yang bikin prediksi lebih parah lagoi, bahwa rupiah bisa terpuruk hingga Rp 25.000/US$. Nah, lhoooo ... namanya juga prediksi, suka-suka yang bikin prediksi ajalah!

emoticon-Wkwkwk
Urutan Terlama
trus nyapo.
wong sego pitik isih murah.
Quote:


Bakso masih 10rb






Bakso isi tepung doang tapi, ditambah perasa daging sebanyak2 nya

emoticon-Big Grin



wah makin meroket dong gan
Sepinter apapun
Secerdas apapun
Sehabat apapun

Klo analisa itu hebat berdasarkan data & fakta klo gk nempel sma penguasa gk bakal d denger


Jd lbh baik nonton aj
Tenang, sudah stresstest sampe 20 ribu.. Masih aman.. emoticon-Imlek
kurang dramatis pret
tanggung kalo cuma 16ribu
Prediksi pak Fuad ketingalan 16 000 vs 20 000emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Kata cawapres sebelah ny Klo soal dollar shut up
sudah gak berdaya
Bulan depan jamin 16000. Kalau jokoui pasti meroket.emoticon-Recommended Seller
kalo frediksi rufiah melemah itu wajar saja.. kalo frediksi menguat samfai 10rb itu gak wajar alias dunguemoticon-Big Grin
Harus dua periode gan biar bisa goceng
gak heran kan presidennya jokowi kalo prabowo pasti jadi 13rb

bisnis.tempo.co/amp/590988/prabowo-menang-rupiah-berpotensi-tembus-13-ribu[/url]
Diubah oleh cepute
analisa saya rupiah bisa tembus 16rb bahkan bisa sampai 18rb jika tidak ada perubahan secara fundamental baik didalam negeri/luar negeri,.
lalu upaya apa yang sudah kita dan pemerintah yang sudah kita lakukan untuk menjaga rupiaj sampai kesitu?

Dukung dan ramaikan AsianParaGames kawanhDukung dan ramaikan AsianParaGames kawan emoticon-Smilie emoticon-Smilie emoticon-Smilie
Balasan Post BMAGLY
anda tinggal dikampung ya ? kok kayaknya ga kena efek dollar.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di