alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
7 Nama tempat di Jakarta yang Punya Asal -Usul Menarik
4 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbc9d23620881872e8b457b/7-nama-tempat-di-jakarta-yang-punya-asal--usul-menarik

7 Nama tempat di Jakarta yang Punya Asal -Usul Menarik

Berawal dari celangak-celinguk ane diatas motor abang ojol ketika bawa ane pulang ke rumah..ane liat papan ijo gede tiap beberapa meter yang bertuliskan nama tempat di jakarta..yang kayak gini nih 

7 Nama tempat di Jakarta yang Punya Asal -Usul Menarik

Ane jadi kepikiran buat bikin thread ini..Ane jadi kepo kok namanya gitu yah..ada maknanya ga sik? ane jadi pengen cari tau dan pengen sharing ke ente-ente sekalian. Barangkali bermanfaat gitu..Dan dari banyaknya nama tempat di Jakarta yang terpampang di papan ijo itu..ada 7 nama tempat yang pengen banget ane tau makna dari namanya diantaranya nih gan 

1. Warung Buncit 


7 Nama tempat di Jakarta yang Punya Asal -Usul Menarik

Kalo yang ada dalam pikiran ane pas baca kalimat "warung buncit" pasti di tempat ini ada warung yang jagain perut orangnya buncit..sependapat ga sih? emoticon-Big Grin

Tapi ternyata keliru dikit, gan..bukan perutnya yang buncit..ternyata warung buncit yang dikenal sebagai jalan terusan dari Mampang ke arah Ragunan, kata Zaenuddin dulunya kawasan pertanian yang mayoritas penduduknya etnis Betawi. Nama asli kawasan ini adalah kampung Pulo Kalibata. Di kampung Pulo Kalibata itu lah berdiri sebuah warung—bukan satu-satunya warung—yang pemiliknya seorang beretnis Tionghoa bernama Buncit (Bun Tjit). Warung milik Bun Tjit itu kira-kira letaknya di perempatan Jalan Duren Tiga, perbatasan Jalan Mampang Prapatan dengan Jalan Warung Jati Barat (Warung Buncit). Warung itu menjual segala kebutuhan rumah tangga mulai dari pangan, minyak lampu, alat pertanian, hingga perkakas pertukangan.

gitu, gan ternyata maksudnya emoticon-Jempol


Nah lanjut yang berikutnya yah

2. Pluit 

7 Nama tempat di Jakarta yang Punya Asal -Usul Menarik

Kalo baca nama "Pluit" ini yang terlintas dalam pikiran ane..Di sekitar tempat ini orang-orangnya sering bunyiin priwitan, makanya disebut Pluit. Ternyata salah, gan.. Nama Pluit berasal dari kata fluitschip yang artinya kapal (layar) panjang berlunas ramping. Dulu Belanda meletakkan sebuah fluitschip bernama Het Whitte Paert, yang sudah tidak laik laut di pantai sebelah timur muara Kali Angke. Tempat ini dijadikan kubu pertahanan dalam menghadapi serangan pasukan Banten. Kubu ini dikenal dengan nama De Fluit. Sekarang kita mengenalnya sebagai kawasan Pluit.

oooh, ternyata ada sangkut pautnya sm kompeni, gan..

3. Tanah Abang

7 Nama tempat di Jakarta yang Punya Asal -Usul Menarik

Yang punya tanah itu abang-abang..itu kurang lebih yang ane pikirin kalo ada papan petunjuk tanah abang ini..Tapi ternyata setelah ane googling Tanah Abang itu diberi nama oleh orang-orang Mataram yang membuat pertahanan di daerah tersebut ketika menyerbu Kota Batavia Tahun 1628. Pasukan tentara Mataram tidak hanya datang melalui laut Jawa, melainkan juga melalui darat dari arah Selatan. Ada kemungkinan pasukan tentara Mataram itulah yang memberi nama Tanah Abang, karena tanahnya berwarna merah, atau abang (menurut bahasa Jawa).

Gitu gan ternyata.Jadi, Tanah Abang itu Tanah Merah.

Lanjut yah

4. Kuningan

7 Nama tempat di Jakarta yang Punya Asal -Usul Menarik

kalo ini ane penasaran karna ane kerja di daerah kuningan..kenapa bisa dibilang kuningan?mungkinkah karna warna aspalnya kekuningan? atau orang-orang sekitar sering pake baju kuning? 

Ternyata kalo kata mbah google Mengapa dinamai Kuningan? Masih menurut Zaenuddin, karena diperkirakan bahwa kawasan tersebut dahulunya banyak tinggal orang-orang dari daerah Kuningan, Jawa Barat.

Mereka menetap hingga punya anak dan keturunan, sehingga orang-orang di Jakarta tempo dulu menyebutnya kawasan Kuningan. Nama itu resmi dipakai sampai serakang, sebagai salah satu kawasan pusat bisnis terkemuka di Ibu Kota.

Oia, zaenudin siapa sih? Zaenuddin HM yang nulis bukunya “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.

Berarti emang masih ada kaitannya antara Kuningan, Jakarta Selatan sama Kuningan, Jawa Barat gan 

Okeh, next

5. Harmoni

7 Nama tempat di Jakarta yang Punya Asal -Usul Menarik

Se- Harmoni apa sih ini kota? kok bisa dinamain harmoni? Ternyata ga, masih Dalam buku berjudul  “212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe,” karya Zaenuddin HM, seorang jurnalis dan penulis buku Trilogi Jakarta, dijelaskan bahwa Harmoni berasal dari nama gedung.

Gedung tersebut sangat penting di zaman ketika Batavia dalam kekuasaan pemerintah Hindia Belanda, sekitar abad ke-17 dan ke-18.

Lebih lanjut buku setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada 2012 itu juga menjelaskan bahwa nama gedung yang sangat penting itu Sosietiet De Harmonie.

Gedung yang menjadi tempat berpestanya kaum sosialita Belanda, dilanjutkan saat Inggris berkuasa di Batavia. Mereka sering berkumpul, beramah-tamah, dan mencari jodoh.

Di gedung besar berarsitektur Belanda itu pula sering terjadi keributan karena yang pesta dan dansa mabuk minuman keras.

Namun, oleh Pemprov DKI Jakarta, gedung bersejarah itu akhirnya dibongkar pada 1985, persis ketika gedung yang pernah berjaya itu berumur 170 tahun.

Meski sudah tidak ada bangunan bersejarah tersebut, tempat dan kawasan itu tetap disebut Harmoni.

Lanjut yah, gan

6. Pinang Ranti 

7 Nama tempat di Jakarta yang Punya Asal -Usul Menarik

Yaps, betul..gara-gara ane dulu sering naik trans jakarta kalo ngantor,ane jd kepo sama si pinang ranti ini..apa ada anak gadis yang namanya ranti terus dipinang di kota ini?  Ternyata bukan, gan..Kalo kata wikipedia Nama Pinang Ranti Diambil Dari Nama Dua Tumbuhan Yaitu Pinang dan Ranti(Leunca). Dahulu Disini Banyak Sekali Pohon Pinang Yang Tumbuh Dan Juga Pohon Ranti(Leunca). Akhirnya Masyarakat Dulu Sepakat Menamai Daerah Ini Dengan Nama Desa Pinang Ranti.

oooh....baiiik...gt, gan ternyata...

Okeh, gan..yang terakhir ya 


7. Meruya

7 Nama tempat di Jakarta yang Punya Asal -Usul Menarik

Meruya? ane ga ada bayangan sih pas baca kata ini..cuma ane pengen tau aja kenapa namanya meruya..selain karena ane sering lewat daerah ini dan kayaknya susah ketebak aja ini artinya apa.

Setelah ane baca-baca artikel, ane nemu informasi kalo meruya tuh ada hubungannya dengan perempuan di sana, yang dulu terkenal murah. Maksudnya, murah hati dan selalu menyambut para tamu dengan senyuman yang meriah, penuh keramahan. Dari kata ’murah’, ’meriah’ dan ’ramah’ inilah akhirnya kampung ini disebut dengan Meruya.

hihi..dari 7 nama tempat yang ane penasaran asal usulnya..ane tertarik sama si meruya ini..ternyata itu asal usulnya, gan..menarik emoticon-2 Jempol


Nah udah gan..itu aja sharing ane..semoga bermanfaat yah 

setidaknya ketika liat papan penunjuk arah 7 tempat yang ane bahas ini, bisa bikin ente smua inget thread ane ini emoticon-Betty


Sumber :
Google
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
gunung sahari, ane ajak teman ane kejakarta, kata teman ane emang dijakarta ada gunung ya...itu tulisannya gunung sahari emoticon-Wakaka

Ane cuma ngakak
Mangga besar....
Dulu banyak pohon mangga berbuah besar2...
sampai sekarang banyak "buah" yg besar2..
Quote:


Waduhhh .. buah mangga yg bukan2 itu isi'nya emoticon-Betty
Marunda katanya berasal dari nama jagoan betawi bang ronda yg dulu menguasai tempat itu
emoticon-Toast
Quote:


Nggak emoticon-Cool
Meruya ternyata artinya gitu dah. Kirain nama orang atau apa gitu. emoticon-Big Grin
lanjut gan masih banyak nama2 yg lainnya
kalo pondok indah
Yang ane mau tanya, kenapa pasar di jakarta pake nama2 hari. Yg ga ada tuh pasar sabtu ama pasar selasa ya?
Quote:


Ini mungkin terkait jaman dulu it pasar cm buka di hari2 tertentu aj.
Quote:


hahaha...temen ente sungguh polos, gan emoticon-Cape d...


Quote:


Nice info, gan emoticon-2 Jempol



Quote:


mantabs, gan emoticon-Jempol


Quote:


iya, gan..ane juga tercengang sm asal-usulnya emoticon-Big Grin


Quote:


next thread mungkin, gan emoticon-Request

Quote:


kalo ane googling katanya gan Sengaja dinamakan pondok indah, karena di situ ada perumahan yang indah-indah.. emoticon-Betty



Quote:


nah, bikin threadny, gan..ane tunggu ya emoticon-Toast



alexis gak ada ya ganemoticon-Ngacir Tubrukan
kalo tanah kusir, ampera, ragunan, mampang, pulo gebang, pulo gadung, pondok labu, kp rambutan, it gimana gan ? emoticon-Bingung
kampung melayu gara2 banyak orang dari etnis melayu?
gue kira warung buncit karena buncit beneran
Kalo mangga besar mungkin didaerah situ banyak yg petik mangga malem2 emoticon-Stick Out Tongue
pondok cabe karena banyak cabe nya dulu?
Karet Tengsin gan..

CMIIW, dulunya di situ kebun karet. Salah satu tuan tanahnya, yang cukup sosial dan murah hati, namanya Tan Teng Sien. Thus, nama daerahnya lama2 disebut Karet Tengsin. Area rumahnya Tan Teng Sien sekarang jadi Apartemen Batavia.
Unik juga ya.
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di