alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Depresiasi Rupiah Berdampak Peningkatan Jumlah PHK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbc9262c2cb17a26c8b457b/depresiasi-rupiah-berdampak-peningkatan-jumlah-phk

Depresiasi Rupiah Berdampak Peningkatan Jumlah PHK

Depresiasi Rupiah Berdampak Peningkatan Jumlah PHK
 SELASA, 09 OKTOBER 2018 , 17:51:00 WIB | LAPORAN: WAHYU SABDA KUNCAHYO


Depresiasi Rupiah Berdampak Peningkatan Jumlah PHK
Heri Gunawan/Net

RMOL. Depresiasi rupiah saat ini telah meninggalkan jauh target pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Di RPJMN 2018, nilai tukar rupiah ditargetkan sebesar Rp 13.400 per dolar Amerika Serikat, namun saat ini sudah mencapai Rp 15.200.

Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan mengatakan, perkembangan terakhir rupiah bisa terus mengalami depresiasi hingga lebih dari 3,94 persen pekan ini dari pekan lalu yang sebesar 3,50 persen. Sehingga, diperkirakan sementara ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar bisa menyentuh level Rp 15.500. 

Hal itu juga dapat dilihat dari exchange forward bank BCA misalnya sebesar Rp 15.600 per dolar pada enam bulan ke depan. Ini bisa jadi baru permulaan karena The Fed akan kembali menaikkan suku bunga atau Fed Fund Rate beberapa kali lagi sampai tahun depan.

"Saat ini, secara total maka Rupiah telah terdepresiasi lebih dari 11 sampai 12 persen tahun ini," jelas Heri dalam keterangannya, Selasa (9/10).

Dia mengingatkan, dampak akibat depresiasi rupiah adalah cadangan devisa yang diprediksi akan terus turun ke level 115 miliar dolar AS sampai dengan akhir bulan Oktober. Karena cadangan devisa terus turun akibat pemerintah mengintervensi rupiah, ada wacana agar Indonesia menggunakan Asia’s Crisis Reserve Pool untuk menahan laju depresiasi rupiah.

"Asia Crisis Reserve Pool ini berjumlah 240 miliar dolar AS yang bisa dipinjam oleh negara-negara asia dalam keadaan darurat untuk mengatasi gejolak keuangan. Khusus untuk situasi Indonesia saat ini, dialokasikan 23 miliar dolar AS dari pool dana tersebut jika pemerintah Indonesia memerlukan," papar Heri.

Menurutnya, pelemahan rupiah juga bisa berdampak pada peningkatan pemutusan hubungan kerja (PHK). Terutama PHK terjadi pada industri yang selama ini menggantungkan bahan baku impor.

"Potensi PHK semakin membesar seiring dengan terus melemahnya mata uang rupiah terhadap dolar Amerika," kata Heri.

Heri menambahkan, depresiasi rupiah juga menyebabkan daya beli masyarakat menurun akibat meningkatnya harga-harga barang. Saat ini harga belum naik lantaran pedagang masih menggunakan stok lama.

"Dalam dua tiga bulan ke depan, ketika pedagang sudah membeli bahan baku baru maka kenaikan harga tidak bisa dihindarkan. Sekalipun tidak ada kenaikan volumenya pasti diturunkan," imbuh politisi Partai Gerindra tersebut

https://politik.rmol.co/read/2018/10/09/361173/Depresiasi-Rupiah-Berdampak-Peningkatan-Jumlah-PHK-

Tingkat Pengangguran Kota Malang Tertinggi di Jatim
Jumat 05 Okt 2018 13:04 WIB

Depresiasi Rupiah Berdampak Peningkatan Jumlah PHK
Seorang pencari kerja

Angka pengangguran di Kota Malang mencapai 7,22 persen

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo menyebut terdapat beberapa tugas berat yang akan dihadapi pimpinan baru Kota Malang. Salah satu di antaranya masalah pengangguran yang disebut-sebut tertinggi di Jatim.

"Angkanya 7,22 persen, pengangguran tertinggi di Jatim," kata pria yang biasa disapa Pakde Karwo ini saat ditemui wartawan di Gedung DPRD Kota Malang, Kamis (4/10).

Pakde Karwo menilai, permasalahan ini muncul sepertinya bukan karena keterbatasan lapangan kerja. Hal tersebut bisa juga berasal dari salah satu kelompok vokasional yang mengalami kesulitan mencari pekerjaan. Untuk itu, dia sangat mendorong agar Wali Kota Malang terpilih, Sutiaji bisa menelisik lebih dalam permasalahan ini.

Di kesempatan serupa, Wali Kota Malang Sutiaji berpendapat, angka 7,22 itu sebenarnya perihal pengangguran terbuka. Dengan kata lain, terdapat segelintir angkatan kerja di Kota Malang yang tidak mempunyai pekerjaan. Masalah ini muncul bisa karena beberapa faktor, baik dari itu individu sendiri maupun kesempatan yang belum diperoleh.

Menurut Sutiaji, jumlah pengangguran ini kemungkinan besar berasal dari alumnus Perguruan Tinggi (PT) di Kota Malang yang tidak mau pulang ke kampung halamannya. Mereka lebih memilih mencari pekerjaan di Kota Malang dengan beberapa alasan. Hal ini yang menyumbang angka pengangguran terbuka di Kota Malang cukup besar.

"Jumlah angkatan pekerjaan dan lapangan pekerjaan jadinya tidak sebanding," tambah dia.
https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/10/05/pg43k6335-tingkat-pengangguran-kota-malang-tertinggi-di-jatim



Fakta Mengenai Pengangguran di Indonesia Tahun 2018
JUL 17, 2018


Sempat Naik di Tahun 2017, Kini Jumlah Pengangguran Mengalami Penurunan

Pada Agustus 2017 lalu, BPS mengungkapkan bahwa jumlah pengangguran naik menjadi 7,04 juta jiwa, dari yang sebelumnya hanya 7,03 juta jiwa di bulan Agustus 2016. Peningkatan ini namun diiringi dengan penurunan angka Tingkat Pengangguran terbuka atau TPT, dari 5,61% menjadi 5,50%. TPT sendiri merupakan persentase jumlah pengangguran yang termasuk dalam penduduk usia kerja terhadap jumlah angkatan kerja.

Tahun ini, tepatnya pada bulan Februari 2018, BPS melaporkan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia berkurang sebanyak 140.000 jiwa. Persentase TPT yang juga turun ke angka 5,13% dari 5,33% pada Februari 2017. Total jumlah angkatan kerja tahun 2018 naik sebanyak 2,39 juta dari Februari 2017 menjadi 133,94 juta jiwa, dengan jumlah pengangguran sebanyak 6,87 juta dan yang bekerja sebanyak 127,07 juta jiwa.

Sebaran Jumlah Pengangguran di Indonesia

Kepala BPS, Suhariyanto, menyebutkan bahwa TPT terbanyak berada di Jawa Barat, yang berada di angka 8,16%. Di posisi kedua dan ketiga ada Banten di angka 7,72% dan Maluku di angka 7,38%. Persentase pengangguran paling rendah berada di Bali dengan 0,86%, Sulawesi Barat dengan 2,45%, dan Bengkulu dengan 2,70%. Sedangkan jika dilihat dari tingkat pendidikan, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK menyumbang porsi pengangguran terbanyak, yaitu sebesar 8,92%.

Depresiasi Rupiah Berdampak Peningkatan Jumlah PHK
sumber: cnbcindonesia.com

Alasan Masih Banyaknya Jumlah Penduduk yang Menganggur

Angka pengangguran yang mengalami penurunan ini sayangnya masih bisa dikatakan cukup banyak. Penyebabnya ternyata tak lain tak bukan adalah faktor preferensi, di mana masih banyak lulusan baru yang terlalu memilih-milih pekerjaan. Hal ini disampaikan sendiri oleh Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kerja dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, Bambang Satrio Lelono, pada tahun 2017 lalu. 

Menurutnya, masih banyak lulusan sarjana yang tidak mau melakukan sembarang pekerjaan karena dianggap tidak setara dengan kompetensi yang dimiliki. Alhasil, para lulusan ini malah menganggur dan tidak bekerja sama sekali.

Selain faktor tersebut, masih ada lagi faktor yang berperan dalam masalah pengangguran, yaitu tidak sesuainya kompetensi ilmu dengan kebutuhan di dunia kerja dan kualifikasi yang dimiliki. 

Kualifikasi yang dimaksud merupakan kemampuan yang tidak sesuai, seperti seorang sarjana dengan kompetensi rendah, sehingga mendapatkan pekerjaan dengan level yang tidak sesuai. Faktor ekonomi juga berperan dalam masalah satu ini. Di Indonesia, masih banyak masyarakat yang belum mampu membiayai pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi. 

Hal ini didukung dengan data dari Statistik Persekolahan SMA 2017/2018 yang dirilis Kemdikbud. Laporan ini menunjukkan sekitar 31.123 murid yang putus sekolah di jenjang SMA.
https://glints.com/id/lowongan/fakta...ran-indonesia/

---------------------------

berdoa saja segera ada perbaikan di negeri ini ...

emoticon-Takut

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nasbungtaik silahkan antri sefuluh jutak lafangan kerjak dari lord kitak
Depresiasi Rupiah Berdampak Peningkatan Jumlah PHK
emoticon-Ultah
Quote:
Quote:


Typical pemalas
Diubah oleh tanah.deli
Kirain banyak phk karena buruh demo mulu gegara dikibulin said iqbal.
Nggk papa bray nganggur,
Yang penting punya presiden kekinian,
emoticon-Leh Uga
Balasan post dmcarthur
Quote:



yg bisa jemping² dan stoppie emoticon-Leh Uga




×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di