alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rupiah Terendah Dua Dekade Terakhir, Investor Nantikan Rilis Penjualan Ritel
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbc8e7b529a45dd0a8b4568/rupiah-terendah-dua-dekade-terakhir-investor-nantikan-rilis-penjualan-ritel

Rupiah Terendah Dua Dekade Terakhir, Investor Nantikan Rilis Penjualan Ritel


Rupiah Terendah Dua Dekade Terakhir, Investor Nantikan Rilis Penjualan Ritel
Selasa, 09 Oktober 2018 17:53 WIB

AKURAT.CO Rupiah memasuki pekan perdagangan baru dalam tekanan jual yang semakin besar. Kurs rupiah merosot ke level terendah baru dalam dua dekade di level Rp15.248 per Dolar AS.

Research Analyst FXTM Lukman Otunuga mengatakan berbagai faktor menyebabkan sentimen investor terhadap pasar berkembang semakin meredup dalam beberapa pekan terakhir. Ini termasuk perkembangan situasi dagang, ekspektasi kenaikan suku bunga AS, dan apresiasi dolar.

" Walaupun depresiasi signifikan rupiah sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal, namun dampak negatifnya dapat merambat ke ekonomi Indonesia," ujarnya dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (9/10).

Ia menerangkan, perlu diperhatikan bahwa penurunan signifikan kurs rupiah dapat memberi tekanan semakin besar terhadap utang luar negeri Indonesia. Kenaikan suku bunga AS dan apresiasi dolar memukul negara dengan defisit transaksi berjalan dan uang luar negeri.

" Sehingga rupiah Indonesia tetap berada di posisi yang tidak menggembirakan," imbuhnya.

Ekspektasi semakin besar bahwa Bank Indonesia (BI) akan meningkatkan suku bunga acuan di kuartal ini guna menolong rupiah dan menghambat arus keluar modal. Meski demikian, langkah ini mungkin tidak terlalu membantu rupiah, karena BI sudah meningkatkan suku bunga sebanyak lima kali sejak Mei.

Namun demikian, kata dia, investor akan tetap sangat memperhatikan rilis data penjualan ritel bulan Agustus yang dapat memberi wawasan mengenai keadaan ekonomi Indonesia.

" Data penjualan ritel yang baik dapat meningkatkan sentimen terhadap ekonomi Indonesia dan mendukung rupiah, namun peningkatan akan tetap terancam oleh faktor eksternal," tuturnya.

Dari aspek teknis, USD/IDR tetap sangat bullish di grafik harian. Harga berada di kisaran Rp15.260 per Dolar AS (pada saat laporan ini dituliskan). Dolar yang menguat dapat mengangkat pasangan mata uang ini ke level yang tak pernah tersentuk sejak krisis keuangan 1998 yaitu Rp15.280 per Dolar AS.
https://akurat.co/ekonomi/id-345409-read-rupiah-terendah-dua-dekade-terakhir-investor-nantikan-rilis-penjualan-ritel

Rupiah lanjutkan pelemahan menjadi Rp15.219
Selasa, 9 Oktober 2018 17:50 WIB


 Rupiah Terendah Dua Dekade Terakhir, Investor Nantikan Rilis Penjualan Ritel
Petugas teller memperlihatkan pecahan uang dolar AS di Kantor Pusat Bank Mandiri, Dolar AS terus melanjutkan keperkasaannya terhadap rupiah. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Jakarta, (ANTARA News) - Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore melanjutkan pelemahan sebesar 24 poin menjadi Rp15.219 dibandingkan posisi sebelumnya Rp15.195 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra di Jakarta, mengatakan kebijakan bank sentral Tiongkok (People`s Bank of China/PBoC) menjadi salah satu faktor pemicu mata uang di kawasan Asia cenderung kembali melemah.

"Dengan latar belakang ketegangan perdagangan AS-Tiongkok, PBoC memutuskan untuk menurunkan rasio cadangan wajib untuk beberapa bank pemberi pinjaman sebesar 1 persen. Kebijakan moneter itu menekan yuan, dan berimbas ke mata uang negara berkembang," paparnya.

Ia menambahkan jika konfrontasi perdagangan antara Amerika Serikat-Tiongkok terus berlanjut, maka dapat memicu sejumlah masalah bagi ekonomi global yang akhirnya berdampak negatif bagi mata uang negara berkembang.

"Pergerakan nilai tukar rupiah saat ini terpengaruh sentimen eksternal," katanya.

Pengamat pasar uang Bank Woori Saudara Indonesia Tbk Rully Nova mengatakan data ekonomi Amerika Serikat yang cukup positif juga masih mempengaruhi pergerakan mata uang rupiah.

"Data ekonomi AS yang positif memicu spekulasi di pasar, the Fed akan kembali menaikan suku bunga acuannya pada akhir tahun ini,," katanya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari ini (9/10), tercatat mata uang rupiah melemah menjadi Rp15.233 dibanding sebelumnya (8/10) di posisi Rp15.193 per dolar AS.

https://www.antaranews.com/berita/75...enjadi-rp15219

Rupiah Terendah Dua Dekade Terakhir, Investor Nantikan Rilis Penjualan Ritel
source: CNN Indonesia
---------------------------

Daya beli masyarakat pun kini semakin terpuruk saja dari hari ke hari ...

emoticon-No Hope
Rupiah Terendah Dua Dekade Terakhir, Investor Nantikan Rilis Penjualan Ritel
Rupiah Terendah Dua Dekade Terakhir, Investor Nantikan Rilis Penjualan Ritel
emoticon-Imlek
Diubah oleh crottafterkiss
Quote:
Balasan Post 54m5u4d183
Inilah kenyataan di lapangan yang terus menerus di denial oleh fans2nya pertahana.
the fed tiap akhir tahun pasti naikikn sb. disitu bs dipastikan pergerakan paling pasti dolar menguat. dan pas bgt indonesia kena bwncana beruntun. masih ditambahi kelakuan nenek bikin rusuh


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di