alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Diatur PP, Kini Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbc897b9a0951b30d8b457e/diatur-pp-kini-pelapor-kasus-korupsi-bisa-dapat-rp-200-juta

Diatur PP, Kini Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta

Diatur PP, Kini Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta

Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2018 tentang tata cara pelaksanaan peran serta masyarakat dan pemberian penghargaan dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Dengan PP 43/2018 tersebut, masyarakat yang memberikan informasi kepada penegak hukum mengenai dugaan korupsi akan mendapatkan penghargaan dalam bentuk piagam dan premi yang besarannya maksimal Rp 200 juta.

Pasal 17 ayat (1) PP 43/2018 menyebutkan, besaran premi diberikan sebesar dua permil dari jumlah kerugian keuangan negara yang dapat dikembalikan kepada negara.

" Besaran premi yang diberikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling banyak Rp 200.000.000 (dua ratus juta) ," demikian bunyi pasal 17 ayat (2) PP tersebut, seperti dikutip dari laman Setneg.go.id , Selasa (9/10/2018).

Sementara untuk pelapor tindak pidana korupsi berupa suap, besar premi yang diberikan sebesar dua permil dari nilai uang suap dan/atau uang dari hasil lelang barang rampasan dengan nilai maksimal Rp 10 juta.

Peraturan tersebut diteken Presiden Joko Widodo dan diundangkan oleh Kementerian hukum dan HAM pada 18 September 2018. PP 43/2018 itu telah masuk dalam lembaran negara RI tahun 2018 nomor 157.

Menurut PP 43/2018 itu, masyarakat dapat memberikan informasi mengenai dugaan tindak pidana korupsi kepada pejabat yang berwenang pada badan publik atau pun penegak hukum.

Pemberian informasi kepada penegak hukum dapat berbentuk laporan tertulis atau lisan, baik melalui media elektronik maupun nonelektronik.

Laporan mengenai dugaan korupsi harus sedikit memuat identitas pelapor dan uraian mengenai fakta tentang dugaan telah terjadi korupsi.

Pelapor juga wajib melampirkan fotokopi KTP atau identitas diri lain dan dokumen atau keterangan terkait tindak pidana korupsi yang dilaporkan.

Nantinya, Pelapor juga berhak mengajukan pertanyaan tentang laporannya yang diberikan kepada Penegak Hukum. Setelah melaporkan, pelapor juga berhak mendapatkan perlindungan hukum.

Syarat

Namun, dalam PP itu disebutkan setiap pelapor kasus korupsi yang menerima penghargaan harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan pemerintah. Salah satunya, mendapat penilaian dari penegak hukum.

Penegak hukum akan melakukan penilaian terhadap tingkat kebenaran laporan yang disampaikan oleh pelapor dalam upaya pemberantasan atau pengungkapan tindak pidana korupsi.

Penilaian itu dilakukan dalam waktu paling lama 30 hari kerja terhitung sejak salinan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap diterima oleh jaksa.

Dalam memberikan penilaian, penegak hukum mempertimbangkan peran aktif pelapor dalam mengungkap tindak pidana korupsi, kualitas data laporan atau alat bukti, dan risiko bagi pelapor.

SUMBER : Diatur PP, Kini Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
wah lumayan tuh.
lanjutkan.
kurang segitu mah
mestinya ditambah sekian persen yang terbukti emoticon-Big Grin
Mantap nih bray...ayo ramekan berantas korupsi
Gak perlu hadiah juga pasti banyak yang lapor

Tp mungkin perlu juga untuk perlindungan dan jaminan saksi pelapor, apalagi urusan sama orang kayak Tomi

Wah kalau ana ngelaporin korupsi pembangunan lrt kira kira ana dapat berapa tuh
Quote:
Wah maren2 ada orang dinas kabupaten WA bapa gw nawarin jasa pns minta 70jt. Sayangnya gw ga punya bukti konkrit...
asik nih aturan..
Mantaaaaaaaap
Perlindungan saksi juga sangat perlu
Tapi Sepertinya sudah ada UU yang mengatur

emoticon-2 Jempol
Mantap makin banyak yang lapor nantiemoticon-Big Grin
Ga apa deh bagus, biar negara kita bersih dari para koruptor BUSUK.
mayan juga jika pelakunya banyak bakalan perkepala bisa dikaliin 200 jeti,bisa beli tanah ama bangun ruko emoticon-Big Grin
lanjutkan..
pingin liat beneran ada yg lapor..
Laporin korupsi selain polisi masih aman keknya.
Kl laporin polisi yg korup bisa bunuh diri emoticon-Big Grin
Duitnya Ada tanggal mau laporin apa engga
mantap emoticon-Betty
ane mau laporin temen ane yg makan gorengan 5 ngakunya 3

biadab bener...

emoticon-Embarrassment
klo pelapor kagak di lindungi .. kasihan juga
isa jadi klo bukti kagak lengkap bakal di laporkan balik


bisa jadi pelapor malah jadi tersangka



Balasan post ngeri.tenan
Quote:


klo laporan di terima ....

lo bakal dapat reward setengah gorengan


mayan emoticon-shakehand
Quote:


kalau ngerasa ada bukti ya lafor aja nyet emoticon-Leh Uga
jangan bacot gede doang ke kpk laporin sono emoticon-Leh Uga
Balasan post mas_paimin
Quote:


lah, katanya 200 juta?

itu kasus korupsi juga lho...

emoticon-Embarrassment

Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di