alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Sangkaan dobel dan perlawanan Irwandi Yusuf
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbc5e2512e25787138b456d/sangkaan-dobel-dan-perlawanan-irwandi-yusuf

Sangkaan dobel dan perlawanan Irwandi Yusuf

Sangkaan dobel dan perlawanan Irwandi Yusuf
Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf digelandang ke KPK, Rabu (4/7/2018).
Kasus dugaan korupsi yang melibatkan Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf terus berkembang. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan Irwandi Yusuf, sebagai tersangka.

KPK telah menetapkan Irwandi Yusuf sebagai tersangka dugaan suap pengucuran Dana Otonomi Khusus Aceh 2018 pada Rabu (4/7/2018) lalu. Dalam kasus ini, Irwandi diduga menerima duit suap Rp500 juta dari Bupati Bener Meriah nonaktif Ahmadi periode 2017-2022.

Tiga bulan berlalu, status tersangka Irwandi pun menjadi dobel. Pada Senin (8/10/2018) KPK kembali menetapkan Irwandi sebagai tersangka dalam proyek pembangunan dermaga Sabang. KPK juga menetapkan Izil Azhar dari unsur swasta atau orang kepercayaan Irwandi Yusuf.

Proyek pembangunan Dermaga Bongkar pada Kawasan Perdagangan Bebas dan pelabuhan bebas Sabang yang dibiayai APBN Tahun Anggaran 2006-2011.

"KPK menemukan bukti permulaan yang cukup untuk meningkatkan status penanganan kasus tersebut ke penyidikan dan menetapkan dua tersangka," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah.

Irwandi, selama menjadi Gubernur Aceh periode 2007-2012 diduga menerima gratifikasi sebesar Rp32 miliar dari pelaksanaan proyek pembangunan dermaga itu. KPK menduga ada kerugian keuangan negara Rp313 miliar karena adanya penyimpangan dalam proyek itu.

KPK sudah menguak laku culas dalam pembangunan pelabuhan itu sejak 2013. KPK telah menetapkan empat tersangka dan dua tersangka perusahaan sejak 2014. Dua korporasi yang menjadi tersangka adalah PT Nindya Karya dan PT Tuah Sejati.

Tersangka lain adalah Heru Sulaksono (mantan Kepala PT Nindya Karya cabang Sumatera Utara), Ramadhani Ismy (mantan Deputi Teknik Badan Pengusahaan Kawasan Sabang), Ruslan Abdul Gani (mantan kepala Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang 2010-2011), dan Teuku Syaiful Ahmad (mantan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang 2006-2010).

Heru Sulaksono telah divonis 9 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 4 bulan kurungan pada Desember 2014 lalu. Heru terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang. Pada tahun yang sama, Ramadhani Ismy juga mendapat vonis enam tahun penjara.

Pengadilan juga telah menjatuhkan vonis 5 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider 3 bulan kurungan terhadap Ruslan Abdul Gani. Bupati Bener Meriah periode 2012-2017 ini mendapat hukuman pidana tambahan berupa uang pengganti Rp4,36 miliar.

Adapun proses hukum Teuku Syaiful Ahmad terhenti karena menderita stroke. Syaiful meninggal pada November 2017.

Kasus pembangunan pelabuhan akhirnya merembet pula ke Irwandi yang tengah berupaya melakukan perlawanan hukum terhadap sangkaan pertama.

Pada 25 September lalu, hakim menolak gugatan praperadilan yang diajukan Yuni Eko Hariatna, Wakil Ketua Partai Nanggroe Aceh (PNA). Yuni mempersoalkan operasi tangkap tangan KPK terhadap Irwandi. Hakim menolak gugatan praperadilan itu karena Yuni tak memiliki kedudukan hukum.

KPK kembali menerima surat dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk sidang praperadilan dengan pemohon Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf. Juru Bicara KPK Febri Diansyah menuturkan, sidang praperadilan dijadwalkan pada Selasa (9/10/2018).

Febri mengatakan gugatan praperadilan diajukan mengenai penyidikan kasus suap terkait DOK Aceh. KPK, kata Febri, telah mengajukan permintaan pada PN Jaksel untuk mengundur waktu sidang selama 7 hari, yaitu pada 16 Oktober 2018.

Febri mengatakan, pihaknya sedang membaca permohonan praperadilan yang diajukan Irwandi. Menurut dia, ada sejumlah hal yang disampaikan dalam pokok permohonan. "Pada pokoknya pemohon meminta penangkapan, penahanan dan surat dalam penyidikan yang dilakukan oleh KPK tidak sah," kata Febri dikutip Kompas.com.
Sangkaan dobel dan perlawanan Irwandi Yusuf


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-irwandi-yusuf

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Sangkaan dobel dan perlawanan Irwandi Yusuf Hutan gunung Ciremai terbakar lagi, kali ini lebih luas

- Sangkaan dobel dan perlawanan Irwandi Yusuf Kota Palu mulai bersih-bersih

- Sangkaan dobel dan perlawanan Irwandi Yusuf Global pangkas pertumbuhan, Indonesia perkuat kebijakan

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di