alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Generasi Millennials, Atur Keuanganmu dengan 7 Tips Cerdas Ini!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbc5e0e9e74042a1b8b4568/generasi-millennials-atur-keuanganmu-dengan-7-tips-cerdas-ini

Generasi Millennials, Atur Keuanganmu dengan 7 Tips Cerdas Ini!

Generasi Millennials, Atur Keuanganmu dengan 7 Tips Cerdas Ini!

Agan dan sista yang merupakan salah satu dari generasi millennials, pastinya memiliki cara tersendiri untuk mengatur keuangan, bukan? Atau justru tidak? Apakah gansis termasuk tipe yang menghabiskan uang untuk travelling tanpa merencanakan keuangan di masa depan?

Travelling memang banyak dianjurkan ketika kita masih muda, tapi ingat, gansis nggak selamanya muda. Gansis juga harus memikirkan hari-hari tua saat sudah pensiun dan mungkin mulai sakit-sakitan.

Bukannya mendoakan, tapi persiapan perlu dilakukan sedini mungkin, gansis. Apalagi sebagai generasi millennials, perjalanan gansis masih panjang dengan tantangan dan kondisi dunia yang kian hari semakin tidak menentu.

Oleh sebab itu, mulailah membuat rencana keuangan dan atur uang dengan lebih cerdas. Rencana jangka panjang bisa dibuat secara perlahan, tapi untuk mengelola uang harian dan bulanan harus segera dilakukan.

Jika bingung, baca tips ini untuk referensi!

1. Alokasikan Pendapatan

Generasi Millennials, Atur Keuanganmu dengan 7 Tips Cerdas Ini!

Jangan sampai gaji bulanan gansis habis tanpa jejak yang jelas. Pastikan agan dan sista mengalokasikan setiap pendapatan yang diterima. Bagi setiap fungsi uang berdasarkan pengeluaran tiap bulannya. Perhitungkan uang yang diperlukan lalu anggarkan.

Dengan begini, uang terbagi dengan baik dan tidak ada kebutuhan yang terlewat. Gansis juga memiliki catatan yang jelas mengenai pengeluaran dan pendapatan tiap harinya. Selain itu, gansis juga bisa menghitung berapa banyak uang yang bisa ditabung dan investasikan.

2. Miliki Tujuan yang Jelas

Generasi Millennials, Atur Keuanganmu dengan 7 Tips Cerdas Ini!

Tidak hanya hidup yang harus punya tujuan. Menabung atau berinvestasi juga harus memiliki tujuan. Tetapkan tujuan jangka menengah dan jangka panjang sebagai motivasi.

Dengan begitu, mengelola uang untuk masa depan bisa lebih mudah. Gansis bisa menjadikan rencana masa depan sebagai tujuan, seperti membeli rumah pada usia 30 tahun.

Atau gansis ingin memiliki aset senilai 1 miliar sebelum pensiun. Tujuan gansis bisa apa saja dan berbeda tiap orangnya. Dengan mengetahui tujuan, gansis kemudian bisa memperhitungkan jumlah uang yang diinginkan dan berapa banyak yang harus didapatkan setiap tahunnya.

3. Ketahui Apa Saja Pengeluaranmu

Generasi Millennials, Atur Keuanganmu dengan 7 Tips Cerdas Ini!

Pernah nggak gansis merasa bingung kenapa uang sudah habis padahal tidak banyak barang yang dibeli? Itu artinya gansis tidak memperhitungkan setiap pengeluaran atau bahkan tidak mengetahui untuk apa saja uang gansis dibelanjakan.

Oleh sebab itu, gansis harus tahu apa saja pengeluaran harian dan bulanan. Jadi, sebelum membuat anggaran bulanan, terlebih dahulu buat daftar pengeluaran setiap hari dan bulan yang harus dilakukan.

Jika uang sudah dialokasikan, pengeluaran setiap harinya seharusnya tidak akan melebihi uang yang dianggarkan. Dengan begitu, tidak ada lagi cerita uang habis tanpa gansis sadari.

Gansis bisa menggunakan pembagian 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 20% untuk tabungan, investasi, atau tujuan finansial lain, dan 30% untuk kebutuhan pribadi.

Bisa juga membagi uang berdasarkan saran dari perencana dan edukator keuangan, Prita Ghozie, seperti dikutip dari Kompas.com, gansis bisa membagi uang, 5% untuk zakat, 10% untuk dana darurat dan premi asuransi, 30% untuk biaya hidup, 30% untuk cicilan pinjaman, 15 persen investasi, dan 10% untuk gaya hidup.

4. Pahami Perbedaan Simpanan, Tabungan, dan Investasi

Generasi Millennials, Atur Keuanganmu dengan 7 Tips Cerdas Ini!

Jangan kira simpanan dan tabungan itu sama. Meski keduanya bisa memiliki definisi yang mirip, nyatanya keduanya sangat berbeda.
Nah, untuk bisa atur keuangan dengan baik, gansis harus bisa membedakan apa itu simpanan, tabungan, dan investasi.

Simpanan merupakan uang yang sering diterima dan digunakan. Sementara tabungan, uang yang sering gansis tambah, tapi jarang dikeluarkan.

Investasi juga uang yang sering gansis tambahkan, tapi baru gansis gunakan setelah periode waktu tertentu, entah itu 5 atau 10 tahun kemudian.

Dengan mengetahui perbedaan ketiganya, sekarang gansis bisa membagi uang lebih efektif sehingga tidak akan tercampur.

5. Tidak Punya Utang Kecuali Utang Baik

Generasi Millennials, Atur Keuanganmu dengan 7 Tips Cerdas Ini!

Ane pernah bahas mengenai utang baik dan utang buruk, nih. Intinya, utang baik digunakan untuk meningkatkan taraf hidup tidak hanya sekarang, tapi juga nanti. Misalnya, ambil pinjaman untuk biaya pendidikan, membuka bisnis, membeli rumah, atau investasi.

Sementara utang buruk, nilainya hanya semakin berkurang dan setelah rusak gansis hanya bisa membuang atau menjual murah. Contohnya, barang habis pakai, kartu kredit, kredit barang.

Jadi, jangan ambil pinjaman hanya untuk membeli barang yang tidak bisa memberi manfaat untuk waktu yang lama. Gansis harus berpikir cerdas, gunakan uang tersebut hanya untuk barang atau kegiatan yang mendatangkan keuntungan!

6. Buat Daftar Prioritas

Generasi Millennials, Atur Keuanganmu dengan 7 Tips Cerdas Ini!

Tuntutan hidup di era ini sangat tinggi, gansis. Mulai dari gaya hidup, barang-barang, sampai pendidikan.

Namun, kabar baiknya gansis nggak perlu mengikuti semua tren yang berkembang atau membeli semua barang yang diiklankan.
Tentukan apa yang penting dan dibutuhkan. Di luar dari kebutuhan tersebut, tahan diri untuk mengeluarkan uang.

7. Siapkan Dana Darurat

Generasi Millennials, Atur Keuanganmu dengan 7 Tips Cerdas Ini!

Salah satu dana yang harus disiapkan dalam rencana keuangan gansis ialah dana darurat. Karena disebut darurat, situasi tersebut bisa terjadi kapan saja dan mungkin saat gansis sedang tidak ada uang.

Oleh sebab itu, pisahkan uang untuk kejadian tak terduga tersebut merupakan cara terbaik untuk mengantisipasinya.



==========

Jika gansis sudah memiliki penghasilan tetap, lebih cepat merencanakan keuangan lebih baik.

Selain uang yang dikumpulkan akan lebih banyak, uang yang dinvestasikan juga bisa bertambah besar nilainya.

Lagi pula, jika sudah bisa memulai rencana keuangan jangka menengah ataupun panjang, kenapa mesti ditunda?

Jadi, kapan mau mulai mengatur uang dengan lebih baik lagi, nih?



Sumber
Diubah oleh dimasgaharu
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
jangan ada utang 😆
kalo buat ngasih orang tua gimana gan?

emoticon-Bingung
Quote:


Yah tinggal kasih aja gan emoticon-Ngacir
ini sih tipsnya berlaku utk semua generasi ke generasi
heemmms


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di