alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Mengenal si Kantung Semar (Nepenthes) serta tips dan trik memeliharanya #Aslinyalo
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbc44f9947868d8238b4579/mengenal-si-kantung-semar-nepenthes-serta-tips-dan-trik-memeliharanya-aslinyalo

Mengenal si Kantung Semar (Nepenthes) serta tips dan trik memeliharanya #Aslinyalo

-HOLA AGAN AGAN SEKALIAN UDAH MAMPIR DI THREAD ANE-



Mengenal si Kantung Semar (Nepenthes) serta tips dan trik memeliharanya #Aslinyalo



Selamat datang para hadirin sekalian di thread pertama ane, semoga berkenan ya (jangan digalakin huhu)


Udah pada ngopi belum?...eh maksudnya udah pada kenal belum sama Nepenthes ?...apa tuh nepenthes, sejenis makanan kah?minuman?atau kendaraan? gatau deh TS bikin bingung hadeeuhh. Nah mungkin agan agan kenalnya dengan sebutan Kantong Semar kan. Nepenthes a.k.a kantong semar ini merupakan tanaman yang cukup terkenal di Indonesia pada awal abad 21 ini sebagai tanaman hias yang menurut TS pada masa itu jadi saingan anggrek sebagai primadona tanaman hias. Sesuai sebutannya, kantong semar ini ya pasti bagian kantongnya yang jadi bagian uniknya. Kantong dari Nepenthes ini merupakan bentuk adaptasi untuk menangkap serangga atau hewan kecil yang nanti dicerna jadi nutrisi bagi kantong semar. 

Indonesia merupakan rumah bagi sebagian besar jenis Nepenthes. Jadi sudah selayaknya kita bangga kekayaan bangsa ini. yuk deh daripada banyak ngejelasin, langsung aja TS kasih tips dan trik memelihara Nepenthes a.k.a Kantong semar supaya tampil cantik dan menggoda (apalah TS serah lu dah heu)...cekribrot.


Spoiler for Yang Pertama:


Spoiler for Yang Kedua:



Spoiler for yang ketiga:


Spoiler for Yang Keempat:


Spoiler for Yang Kelima:



Nah segitu dulu mungkin yang bisa TS sampaikan menurut pengalaman TS selama memelihara si Kantong Semar ini. Semoga tokcer deh cara-cara ini ngebuat kantong semar agan cantik nan rupawan, ati-ati kecantol ya hehe.
Diubah oleh ardika4321
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


oiya siap gan nanti di sticky hhe

tanamannya masih makan serangga kok biasa semut semut yang di dinding yang jadi santapannya
boljug nih, kek di plantzombie. emoticon-Takut
Mantap... Langsung Ane rate 5...
emoticon-Rate 5 Star
cakep emoticon-Wow
Quote:


makasih gan hhe
Quote:


perasaan ane ga bikin pantun gan hhe
Quote:


Sama2 Gan...
emoticon-I Love Indonesia
keren gan ane bantu emoticon-Rate 5 Star
sip mantep pak
Quote:


Makasih banyak bre
Quote:


Ok sip bre emoticon-2 Jempol
HT done yak emoticon-pencet
Ane kalo ke gunung biasanya nemu kantong semar gan..
Gunungnya pendek cuma sekitaran 1600an lah..
Ane nemunya di tengah tengah..
Gak tau deh di ketinggian berapa..
Tapi kecil banget gan..
Cuma segede jempol manusia..
Wait ya ane kasih mulustrasinya..

Mengenal si Kantung Semar (Nepenthes) serta tips dan trik memeliharanya #Aslinyalo

Nah itu gan nemu di gunung cuma segede jari..
Emang gak bisa lebih gede lagi ya gan tumbuhnya..
Kira kira kalo dari pengamatan agan itu jenis kantong semar apa gan..
Terus temen nya kantong semar yang kayak duri duri bisa nutup itu bisa di tanam di sekitar rumah gak?

Oh iya gan kantong semar harus kena panas kah..
Kalo semisal katong semarnya di taro di dalam rumah gapapa?

Hehehe.. maap banyak tanya ganemoticon-Peace
Diubah oleh lapar.bang
Mengenal si Kantung Semar (Nepenthes) serta tips dan trik memeliharanya #Aslinyalo
nemu tumbuh liar pas bulan puasa kmrn,kira2 jenis apa ya?mau ane pindahin takut mati....
Quote:


setelah nanyain ke komunitas kemungkinan itu jenis mirabilis gan, mirip mirip kaya yang punya ane hhe

mirabilis yang agan temuin ada kemungkinan bisa lebih gede, mirabilis emang nepe yang lumayan bandel jadi bisa di temuin juga di highland

temennya kantong semar? heum mungkin yang dimaksud agan tanaman venus kali ya, itu setau ku bisa dipelihara gan cuman lebih ekstra pemeliharaannya...ane dulu pernah melihara cuman ngga lama soalnya ngga terlalu paham caranya hhe (tanamnnya mati)

ngga selalu harus kena panas gan soalnya bisa kebakar bagian daun atau kantongnya akibat sinar sang surya, bisa juga disimpen di dalem rumah atau tempat yang teduh asal ada cahaya matahari yang cukup terang gan
Quote:


ini menurut warga komunitas juga masuk jenis mirabilis gan, cuman ada variasi warna kantong aja kalo dibanding sama yang ane pelihara

jangan dipindahin gan kasian, biarkan dia di alam liar membangun keluarga yang sakinah mawadah warohmah hhe
Media buat penyemaian biji pake apa ya ama komposisinya dan takaran airnya?
Quote:


kalo media penyemaian cukup pakai cocopeat aja gan, dan penyiraman bisa dilakukan secukupnya asal lembab ngga terlalu menggenang airnya di media...untuk lebih lengkapnya saya saranin liat di youtube gan ada channel orang indo yang buat penyemaian kantong semar (bukan promosi sekedar informasi)


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di