alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Kota Palu mulai bersih-bersih
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbc355e60e24b1d078b456d/kota-palu-mulai-bersih-bersih

Kota Palu mulai bersih-bersih

Kota Palu mulai bersih-bersih
Aparat kepolisian dan warga sipil Kota Palu bersama-sama membersihkan jalanan setelah gempa. Aksi bersih-bersih ini hendak menunjukkan masyarakat Palu mulai bangkit dari bencana.
Kota Palu, Sulawesi Tengah mulai bersih-bersih dari sampah setelah 10 hari dilanda bencana. Aparat Polres Palu, Selasa (9/10/2018) mengerahkan 200 pasukannya untuk mengatasi sampah-sampah yang tersebar kota itu untuk menunjukkan bahwa Kota Palu sudah mulai bangkit.

Menurut Kepala Polres Palu, AKBP Mujianto menyatakan bersih-bersih ini menyasar titik-titik ekonomi dan tempat publik. Agar perdagangan dan aktivitas publik bisa segera normal kembali.

"Saya sudah bicara wali kota, sesuai perintah presiden, untuk menghidupkan kembali aktivitas perekonomian," ujarnya kepada Beritagar di Kota Palu, Selasa (9/10/2018).

Mujianto menyatakan, pembersihan baru bisa dilakukan karena selama ini peralatan dan personel belum tak memadai. Kini, dengan 20 truk dan satu ekskavator mereka mengangkut sampah-sampah yang menumpuk. Selain polisi, warga sipil juga dilibatkan menyapu sampah.

Wali Kota Palu Hidayat, Senin lalu meminta masyarakat pelaku ekonomi agar kembali ke Palu untuk menghidupkan lagi jual beli agar aktivitas ekonomi berjalan dan kebutuhan publik terpenuhi. "Tolonglah kembali buka ruko-ruko. Kita bangun kembali Kota Palu," ujarnya di kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Palu.

Mujianto menjelaskan, aksi bersih-bersih ini dilakukan bertahap. Jika kawasan perekonomian dan pusat aktivitas publik sudah tuntas, maka akan dilanjutkan dengan membersihkan bangunan yang terdampak gempa dan bencana.

Sebagian warga yang mengungsi sudah berpikir kembali ke rumah mereka walau masih masa tanggap darurat. Tanggap darurat rencananya akan berakhir pada Jumat (12/10/2018).

Meidy (34 tahun) warga yang mengungsi di alun-alun kota sudah mengemasi barang-barangnya di pengungsian. Sebab, menurut bapak 3 anak itu, kondisi sudah tenang. Rumahnya di Kampung Lere, Palu Barat masih tegak. Tapi barang-barang hancur.

"Belum tahu juga mau ngapain di rumah," kata dia. Sebab, pegawai di kantor Samsat Palu itu juga belum mendapatkan arahan untuk kerja kembali.

Namun ada juga korban yang tetap memilih pengungsi karena ada gempa lagi. Misalnya, Marvin Lahay (45 tahun). Warga jalan Patimura, Palu Selatan ini awalnya berniat pulang ke rumahnya hari ini. Namun, dua gempa yang menggoyang Palu subuh tadi mengurungkan niatnya. "Sebenarnya saya sudah berkemas. Tapi tak jadi karena gempa tadi pagi," kata pengungsi di alun-alun Kota Palu ini.

Tadi pagi, dua gempa sempat menggoyang Palu. Salah satunya berkekuatan 5,2 SR.
#Gempa Mag:5.2, 09-Okt-18 04:15:47 WIB, Lok:0.89 LS, 119.93 BT (Pusat gempa berada di darat 5 km TimurLaut Palu), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) IV Palu #BMKG pic.twitter.com/gIouRMJ9Hy@infobmkg
— Media Center (@infobencana) October 8, 2018
Mujianto menjamin Kota Palu sudah aman. Bahkan sudah tak ada penjarahan lagi. Polisi masih mengembangkan kasus penjarahan yang terjadi saat awal bencana. "Kami tangkap lagi 15 orang yang menumpuk hasil jarahan," ujarnya.

Mereka menemukan barang-barang yang dijarah bukan kebutuhan umum. Seperti coklat, genteng, triplek dan lain-lain. "Ada barang-barang yang sudah dijual," ujarnya. Total, kata dia sudah ada 101 orang yang ditahan.

Hingga Selasa siang ini, evakuasi masih dilakukan di beberapa tempat. Di Petobo, Palu Selatan, kawasan yang terdampak likuifaksi, Tim Basarnas menemukan lagi tiga korban meninggal dunia.
Kota Palu mulai bersih-bersih
Kawasan Petobo, Palu Selatan yang terkena bencana likuifaksi, Selasa (9/10/2018). Tim gabungan penyelamat masih mencari korban-korban yang tertimbun tanah dan bangunan.
Data per Senin kemarin, sudah ada 169 korban ditemukan. Dengan tambahan ini, maka di Petobo sudah ditemukan 172 korban. Evakuasi terus berjalan karena diperkirakan masih banyak korban yang tertimbun di daerah Petobo.

Rescue & Safety Officer BASARNAS Chandra Kresna menyatakan, hari ini evakuasi mengerahkan enam eskavator dan satu buldoser. Alat berat sudah bisa mulai masuk ke kawasan lumpur. Alat-alat berat itu kini harus membentuk akses masuk ke kawasan agar memudahkan evakuasi.
Kota Palu mulai bersih-bersih


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-bersih-bersih

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kota Palu mulai bersih-bersih Global pangkas pertumbuhan, Indonesia perkuat kebijakan

- Kota Palu mulai bersih-bersih Diskusi ekonomi dunia yang muram dibayangi perang dagang

- Kota Palu mulai bersih-bersih Luhut pastikan tak ada yang berlebihan di Bali

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di