alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
GEMPA PALU: Ibu Kota Sulawesi Tengah Diusulkan Dipindah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbc2bf814088d6b5c8b4571/gempa-palu-ibu-kota-sulawesi-tengah-diusulkan-dipindah

GEMPA PALU: Ibu Kota Sulawesi Tengah Diusulkan Dipindah

GEMPA PALU: Ibu Kota Sulawesi Tengah Diusulkan Dipindah
Suasana jembatan Palu IV atau Panolele yang roboh akibat gempa dan tsunami di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). - ANTARA/Akbar Tado

Bencana gempa bumi dan tsunami yang disertai fenomena likuifaksi di Palu dan sekitarnya membuat sejumlah kalangan mengusulkan pemindahan pusat pemerintahan dan permukiman.

Kondisi geologis Palu yang rawan menjadi pertimbangan utama.

Mantan Menteri Negara Urusan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Emil Salim mengatakan bahwa berdasarkan pertimbangan para ahli, salah satunya geolog J.A. Katili, Palu tidak layak dibangun sebagai Ibu Kota provinsi.

"Jadi, apakah masih layak di Palu, pertimbangannya harus benar-benar sains, bukan politik," jelasnya dalam acara diskusi di Sekolah Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia, Senin (8/10/2018).

Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter melanda Palu dan sekitarnya pada 28 September 2018. Gempa tersebut disusul tsunami dan juga likuifaksi di beberapa lokasi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melansir, likuifaksi terjadi di tiga lokasi yakni Balaroa, Petobo, dan Kini Oge. Total area terdampak likuifaksi mencapai 427,8 hektare.

Anggota Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IAKI) Andi Renald mengungkapkan bahwa sejumlah kota di Indonesia tidak layak dibangun menjadi kota besar karena berada di lokasi rawan bencana.

Dia mencontohkan Padang dan Bengkulu juga rawan digoyang gempa karena terletak di patahan Sumatra.

"Padang juga tidak layak jadi Ibu Kota. Kalau kita terus membangun, kita seperti menaruh untuk diterjang [bencana]," jelasnya.

Kendati demikian, Andi menerangkan bahwa pemindahan pusat pemerintahan bukan pekerjaan mudah.

Dia menilai bahwa diperlukan perhitungan yang cermat sebelum hal itu dilakukan. Menurut Andi, relokasi permukiman menjadi solusi untuk menghindari potensi bencana di daerah rawan bencana.

Dia menekankan bahwa pemerintah perlu membuat zona bebas pembangunan dan menegakkan hukum secara tegas di area-area yang rawan. Hal ini diperlukan agar tidak terjadi pertumbuhan permukiman yang berpotensi dihantam bencana pada kemudian hari.

Pakar Geoteknik dan Manajemen Konstruksi dari Universitas Indonesia Budi Susilo Soepandji menilai bahwa usulan untuk memindahkan Ibu Kota Sulawesi Tengah terlalu dini.

Menurutnya, pemindahan pusat pemerintahan perlu dikaji secara komprehensif, termasuk aspek pertahanan.

Palu, kata Budi, mempunyai peran penting dalam pertahanan dan pelayaran karena terletak di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II. Alur ini melintasi Laut Sulawesi, Selat Makassar, Laut Flores, dan Selat Lombok.

"Dalam [aspek] pertahanan, ketika ada strike [serangan], kita harus menang," tuturnya.

Di sisi lain, fenomena likuifaksi bisa diatasi dengan dua pendekatan, yakni rekayasa sosial dan rekayasa teknik. Dalam rekayasa sosial, masyarakat harus bisa dipindahkan ke lokasi yang aman.

Pendekatan ini, menurut Budi, memerlukan upaya keras karena memindahkan masyarakat, terlebih yang memiliki kultur kedekatan dengan tempat tinggal bukan hal mudah.

Sementara itu, rekayasa teknik bisa dilakukan dengan beberapa metode, antara lain dynamic compaction dan vibroflotation.

Menurut Budi, rekayasa teknik pernah dilakukan di Indonesia untuk proyek infrastruktur seperti pelabuhan.

http://m.bisnis.com/industri/read/20181008/45/846861/gempa-palu-ibu-kota-sulawesi-tengah-diusulkan-dipindah

Kalimantan siap jadi ibukota seluruh provinsi Indonesia emoticon-Salaman

Kalimantan Paru-paru Dunia emoticon-Ultah

Kalimantan Cahaya Dunia emoticon-Selamat

Nasbung dan Nastak gak boleh ikut ngungsi ke Kalimantan emoticon-Blue Guy Bata (L)

Biarin hanyut diterjang tsunami emoticon-Marah
Diubah oleh: adamyvon
Halaman 1 dari 2
Quote:
Kalau rawan gempa ya dipindah emoticon-Smilie
Balasan Post 54m5u4d183
Ibarat menaruh bola dilautan

Membangun kota di jalur gempa sama dengan bunuh diri emoticon-Turut Berduka
kota dengan 100 % resiko jalur gempa. harus di relokasi. mungkin hambalang cocok karena infra sudah siap
paan sih, ngomongin ibukota sulteng

kok jadi kalimantan
klo memang baiknya seperti itu
cepat lantik gubernur anti gempa si congor bacot man
Balasan Post egoldnih
Quote:


GEMPA PALU: Ibu Kota Sulawesi Tengah Diusulkan Dipindah
Balasan Post godofarcher
Quote:


Ratusan pengungsi dr Lombok kmrn juga gak mau lg balik ke Lombok bray

Katanya sdh trauma dan enakan hidup di Kalimantan

Gak ada Nasbung dan Nastak emoticon-I Love Indonesia

GEMPA PALU: Ibu Kota Sulawesi Tengah Diusulkan Dipindah
Diubah oleh adamyvon
Palu, kata Budi, mempunyai peran penting dalam pertahanan dan pelayaran karena terletak di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II. Alur ini melintasi Laut Sulawesi, Selat Makassar, Laut Flores, dan Selat Lombok.

"Dalam [aspek] pertahanan, ketika ada strike [serangan], kita harus menang," tuturnya.




loh, emang kalau perang .. jika PALU jadi ibu kota apa bedanya dengan PALU tidak jadi ibukota propinsi?

Kalau jadi perang, yagn jadi pembeda itu pangkalan militermu, jumlah pasukan, alutsista, dll .. bukan dimana letak ibukota PALU emoticon-Cape d... (S)

Indonesia negara maritim kok konsepnya masih Infantri STRONG? kalau negara maritim kayak Indonesia sudah menggunakan Angkatan Daratnya dalam perang di wilayah kita sendiri, berarti itu sudah tanda2 kita mau kalah, karena berarti MUSUH sudah masuk ke daratan kita.

sebagai negara maritim harusnya kita memperkuat Angkatan Laut kita, dan juga Coast Guard untuk keamanan dalam masa non perang .. tapi syarat Angkatan Laut yang kuat adalah kita punya Angkatan Udara yang juga kuat .. karena AU lah yang bisa memberikan proteksi terhadap AL kita.

makanya kalau gw jadi presiden, gw pisahan tuh AL dan Marinir ..
AD? ke laut aja ,,
Quote:


AD ke laut aja? Sehat gan?
Balasan Post bhinnekax
Quote:


g bs dipisah om, emang ud gt porsinya
tp ane emang lebih simpati ke mariner dr pd AD
bayang2 98 masi g bs bohong emoticon-Embarrassment
Quote:


siapa bilang gak bisa? seharusnya bisa
kita gak perlu AD yang banyak, seharusnya daerah yang butuh AD itu Kalimantan dan NTT dan Papua, dimana ada perbatasan darat dengan negara lain .. di daerah2 lain juga perlu tapi seharusnya gak banyak. sebagian peran2 AD itu bisa diambil Marinir .. karena Marinir itu bisa di laut, darat dan udara. sesuatu yang sulit dilakukan oleh AD, AL dan AU ..



edan emang sekalian aja emoticon-Turut Berduka
Balasan Post bhinnekax
Quote:


cb tanyak anak formil om, setau ane g bs emoticon-Embarrassment
mending porsinya yg AD dikurangi dan porsi marinir ditambah emoticon-Embarrassment
Quote:


wah wah, kurang setuju ane
apa karena agama seberang jadi mayoritas di Palu?
jadinya yang bungsu agak susah unjuk gigi?
Kayaknya dulu awal berdiri sulteng diperdebatkan ibukota antara poso ma palu
Akhirnya kepilih palu
Padahal kalo di dilihat sisi sentrisnya lebih cocok di poso,apalagi kebanyakan penduduk bermukim disepanjang pantai teluk tomini daripada pesisir selat makasar emoticon-Traveller
Quote:


tapi poso dulu jadi tempat pelatihan teroris, dan banyak juga kisah2 kelam disana emoticon-Takut
dopos
Diubah oleh tiyorahmat
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di