alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / ... / eSports /
5 Ihwal Seputar Fenomena Geliat E-Sports Di Indonesia Dan Dunia Hingga Saat Ini
3.75 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbc155296bde6517e8b4575/5-ihwal-seputar-fenomena-geliat-e-sports-di-indonesia-dan-dunia-hingga-saat-ini

5 Ihwal Seputar Fenomena Geliat E-Sports Di Indonesia Dan Dunia Hingga Saat Ini

5 Ihwal Seputar Fenomena Geliat E-Sports Di Indonesia Dan Dunia Hingga Saat Ini

Assalamu’alaikum, selamat pagi/siang/sore/malam, para Kaskuser sekalian dimana pun berada!
Ketemu lagi dengan ane, “solehikhsanudin”.
Kali ini dalam rangka turut meramaikan event TOP 5 Kasquiz Forum Games yang bertema E-Sports.

Yup, langsung saja masuk ke pembahasannya, gan/sist.
Kali ini ane mau sedikit memaparkan tentang 5 fakta seputar fenomena geliat E-Sports di Indonesia dan dunia hingga saat ini, yang secara garis besar akan ane bagi ke dalam 5 (lima) bagian, yaitu (1) Sejarah E-Sports; (2) Kontroversi seputar keberadaan E-Sports; (3) Perbedaan antara gaming dengan E-Sports; (4) Potensi E-Sports di Indonesia; dan (5) Imbas Mobile Legends terhadap gaung E-Sports.
Cekidot ...

SEJARAH E-SPORTS

Spoiler for :


Banyak pihak yang bertanya, kapan cikal-bakal munculnya makhluk yang namanya E-Sports ini?
Ada yang mengira bahwa fenomena E-Sport barulah bermula belum lama ini seiring perkembangan dunia games.
Namun, konon katanya, E-Sports ini cikal-bakalnya telah ada sejak kurun tahun 1970-an yang lalu, gan/sist. Katanya fenomena semacam E-Sport untuk pertama kali berlangsung di University of Standford. Padahal, pada zaman itu, tentunya masih sangat terbatas soal keberadaan komputer, apalagi jaringan dan teknologi peripheral-nya.

KONTROVERSI SEPUTAR KEBERADAAN E-SPORTS

Spoiler for :


Meskipun telah dilangsungnya eksibisi menyangkut kompetisi E-Sports di Olimpiade dan baru-baru ini di event Asian Games, namun ternyata masih banyak pro dan kontra seputar penetapan E-Sports sebagai olahraga.
Pihak pro menyebut bahwa E-Sports bisa saja menjadi suatu cabang olahraga, karena di dalamnya juga mencakup aspek keterampilan dan strategi yang bersifat fisik maupun pemikiran pemainnya.
Namun di sisi lain, pihak yang kontra berdalih bahwa secara filosofis, E-Sports tetaplah berbeda secara diametral dengan ragam olahraga yang telah sejak lama ada dan diakui dunia internasional.

PERBEDAAN ANTARA GAMING DENGAN E-SPORTS

Spoiler for :


Senada dengan kontroversi yang berkembang seiring dengan semakin menggeliatnya E-Sports di berbagai belahan dunia, ternyata masih ada juga sekelompok orang yang masih rancu menyangkut perbedaan (prinsip) antara gaming dengan E-Sports.
Menurut para pakar, perbedaan mendasar antara gaming dengan E-Sports terletak pada tujuannya.
Dalam hal ini, gaming lebih mengarah pada tujuan untuk refreshing dan kesenangan pribadi, sedang E-Sports lebih luas dan jauh bisa mengarah ke segi profesi yang dapat dijalankan secara profesional.

POTENSI E-SPORTS DI INDONESIA

Spoiler for :


Dengan banyaknya jumlah penduduk dan gencarnya perkembangan Information Technology (IT) di Indonesia, wajar saja jika negara kita memiliki potensi yang juga besar terkait fenomena E-Sports.
Tak dapat dipungkiri pula, bahwa hingga saat ini telah banyak muncul “atlet” atau gamers Indonesia yang mampu berjaya di kejuaraan games internasional.
Bukan tidak mungkin, dengan semakin banyaknya dukungan dan partisipasi dari pihak pemerintah maupun swasta, maka akan semakin banyak bermunculan pula bibit-bibit potensial yang mampu mengharumkan nama bangsa di kompetisi E-Sports dunia.

IMBAS MOBILE LEGENDS TERHADAP GAUNG E-SPORTS

Spoiler for :


Terakhir, tidak dapat dipungkiri juga bahwa geliat perkembangan E-Sports di Indonesia dan dunia akhir-akhir ini turut didongkrak oleh maraknya fenomena permainan game Mobile Legends (ML).
Melonjaknya peminat ML secara langsung maupun tidak langsung turut melejitkan nama E-Sports dalam kancah kompetisi yang berbasis games ini.
Dengan makin banyak dan besarnya sponsorship di kompetisi-kompetisi ML, bisa saja akan semakin bermunculan pula pemain-pemain ML profesional yang tertarik bergerak secara profesional dalam konsep E-Sports.

Demikian sekelumit pemaparan ane tentang 5 hal yang berhubungan sama fenomena E-Sports dan perkembangannya hingga saat ini gan/sist.
Semoga dapat sedikit menambah wawasan bagi para Kaskuser sekalian, dan mohon dimaafkan jika terdapat kesalahan!
Wassalam!!!

Sumber :
Narasi : pemikiran pribadi.
Ilustrasi : Google Images.
Halaman 1 dari 2
pertamax?
masih rancu memang karna basic nya permainan, kini jadi ajang olahraga.
HT sepi amat dah
emoticon-Jones
Balasan Post tebokribo
Quote:


bgmn dngn catur gan....??
Quote:


bridge? serupa tapi tak sama. makanya juga bingung.
esprot teyuss, entar yg menang event pasti nggak di duga2 isi tritnyaemoticon-Tepar
Kualifikasi sebuah game untuk bisa di jadikan e-sport apa ya?
HT krik krik
Spoiler for mulus:
Yg menyebabkan pro kontra karena banyak sisi negatifnya. Cabut sekolah, anak kecil begadang, ngambil duit emak buat main warnet, etc emoticon-Cool
Diubah oleh simel10
wah ini nih cikal bakal
Hmmm para player harus tau nih, jangan cuman maen doank emoticon-Big Grin
Btw, nanti game-game pionir eSport akan senasib dengan pionir hp gak ya emoticon-Games Tanya pada rumput yang gosong emoticon-Traveller
Diubah oleh akdamian
yang berbau esport pasti jadi ht
Balasan Post tebokribo
catur/bridge permainan atau olahraga ? emoticon-Hammer2
Quote:


tergantung tujuan nya emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
Kalo ada tournamen, hadiahnya itu lho gan menggiurkan banget
Top 5 kaskus tentang esport mulu. Males Ane emoticon-Cape d...
turut menyimak ihwal ihwal tersebut di atas
Balasan Post tebokribo
kalo menurut ane sih E-sport masuk olahraga buktinya aja udah di ujicoba di Asian Games lalu emoticon-I Love Indonesia
gemboked emoticon-Cool
hmmm nyimak
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di