alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Doa Rasulullah untuk Pejabat
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbbf17b1cbfaa6b4e8b4567/doa-rasulullah-untuk-pejabat

Doa Rasulullah untuk Pejabat

Perhatian Rasulullah terhadap masa depan umatnya sangat besar. Wujud perhatian beliau terefleksikan dalam banyak hal. Salah satunya dalam redaksi doa yang beliau ajarkan.

Salah satu doa yang sering beliau panjatkan adalah, "Ya Allah, siapa yang mengemban tugas mengurusi umatku kemudian ia menyusahkan mereka, maka susahkanlah dia; dan siapa yang mengemban tugas mengurusi umatku dan memudahkan mereka, maka mudahkanlah dia." (HR Muslim dan Ahmad)

Doa Rasulullah di atas menyiratkan dua tipikal pejabat yang akan selalu mengisi kehidupan ini. Ada pejabat yang menyusahkan rakyatnya dan ada pula yang memudahkan mereka.

Pejabat yang memudahkan rak yatnya akan mendapatkan doa ke mudahan dari beliau. Sebaliknya, pejabat yang menyusahkan rakyatnya akan mendapatkan doa supaya ia disusahkan. Kemudahan dan kesusah an yang dimaksud dalam hadis tadi bersifat umum, mencakup dunia akhirat.

As-Shan'ani berkata, "Kesusahan dalam hadis, mencakup kesusahan duniawi dan ukhrawi." Di antara bentuk kesusahan yang akan diterima oleh pejabat disebutkan dalam hadis lain. Rasulullah bersabda, "Siapa yang diamanahi mengurusi umat ku lalu menyusahkan mereka, ma ka baginya Bahlatullahi? Para sahabat bertanya, apakah itu Bah latul lahi? Ra sulullah menjawab, "Laknat Allah." (HR Abu Awanah dalam kitab sahihnya).

Orang yang dilaknat oleh Allah akan tersingkir dari pusaran rahmat dan kasih sayang-Nya. Padahal, jabatan adalah amanah yang sangat berat. Tak mungkin tertunaikan kecuali dengan bantuan dan pertolongan Allah. Pejabat itu bakal dikenang oleh rakyatnya sebagai pemimpin yang gagal. Pejabat seperti itu justru menjadi sasaran kemarahan rakyatnya.

Yang lebih mengerikan lagi, kesulitan itu akan terus berlanjut di akhirat. "Tidaklah seorang di amanahi memimpin suatu kaum ke mudian ia meninggal dalam keadaan cu rang terhadap rakyatnya maka diharamkan baginya surga." (Bukhari dan Muslim). Sebaliknya, jika seorang pejabat bisa memberikan kemudahan (yang tidak melanggar syariat) maka ia juga akan mendapatkan kemudahan berupa pertolongan Allah.
Bila pertolongan Allah sudah mengucur maka segala sesuatu akan terasa mudah. Kehidupan sang pemimpin juga akan selalu dinaungi dengan ketenangan. Rakyat mencintainya dan Allah mengasihinya. Di akhirat kelak akan mendapatkan penghargaan yang sangat istimewa dari Allah. Sebab itulah, sebenarnya hikmah di balik disyariatkannya kepemimpinan, yaitu untuk mempermudah urusan umat, bukan untuk membuat umat bertambah susah dengan permasalahan yang menimpanya.

tausiyah p0litik

Semoga dapet pemimpin yg lebih baek kedepannya emoticon-Big Grin

  • Komentar



Quote:
Diubah oleh: al.murtadho
Quote:
Jadi inget kisah seorang ksatria Inggris di jaman pemerintahan Raja John

Dari sebelum dia diangkat jadi Raja, Inggris sering berperang dengan Perancis kala itu

Inggris menghabiskan banyak uang untuk perang

Nah, pas si Raja John ini naik takhta, yg dibantu pangeran dari Perancis, yg akhirnya dikhianati, dia sering naikkan pajak dari rakyatnya

Petaninya dipajakkin, Ksatrianya dipajakkin, bangsawan yg gak bayar pajak dimusuhi

Sayangnya, uang pajaknya kali ini bukan untuk biaya perang, tapi untuk si Rajanya yg suka bersenang-senang

Tapi ketika Inggris diperangi oleh Perancis, si Raja John baru nyadar, dia butuh dukungan rakyatnya

Tapi rakyatnya juga gak mau dipajakin terus

Jadinya mereka bikin perjanjian

Kesetiaan rakyatnya untuk Raja John ditukar dengan kecintaan Raja John untuk rakyat Inggris

Jadi pas diserang Perancis, rakyat Inggris bisa bersatu

Padahal intelijen Perancis udah yakin itu rakyat Inggris terpecah-belah karena rakyatnya yg marah dipajakin terus sama rajanya

Tapi sayangnya, di akhir cerita, si Raja berkhianat

Nah, Ksatria Inggris yg dicerita tersebut adalah Ksatria yg berhasil menyatukan Raja John dan rakyatnya

Jadi hikmah dari kisah ini adalah pemimpin dan rakyatnya saling membutuhkan

Jadi doa Rasulullah ini memang benar adanya

Gak di Arab, gak di Inggris emoticon-thumbsup
Quote:


doa typical alias pasaran emoticon-Cape deeehh
ada juga yang udah dipecat ma atasannya, masih mewek mwek minta jabatannya diperpanjang selama 2 minggu emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
kalo gitu wowo g usah ikut pilpres ancamanny aja dunia akhirat, mending perdalam bacaan qur an dan gerakan salat diperbagus, insya allah dia akan aman dr dunia dan akhirat


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di