alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Mengubah pola berpikir masyarakat yang statis
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbbcf83dad77014598b4567/mengubah-pola-berpikir-masyarakat-yang-statis

Mengubah pola berpikir masyarakat yang statis

2

Poll ini sudah ditutup - 0 Voters

Lihat poll
2
3
0%
3
0%
Permasalahan yang sering muncul di Indonesia saat ini ialah banyak dari kalangan masyarakat,khususnya golongan menengah ke bawah memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan dibangku perkuliahan, salah satu faktor penyebabnya ialah mahalnya biaya perkuliahan . Sehingga kebanyakan dari mereka memilih untuk bekerja bahkan menjadi TKW di luar negeri.
Mereka juga banyak yang beranggapan ”Percuma kuliah mahal habisin uang, ujung-ujung jadi pengangguran juga” menurut saya probematika ini begitu rumit untuk dicerrna, yaitu harus ada perhatian khusus untuk mengubah pola pikir masyarakat yang begitu statis.
Salah satu kontribusi yang harus dilakukan untuk mengurangi pola pemikiran masyarakat yang statis yaitu dengan membangun sumber daya manusia yang berkualitas melalui pendidikan karakter sejak dini, karena jika dimulai sejak dini anak tersebut akan terbiasa dengan kebiasan-kebiasan positif untuk kedepannya. Serta motivasi dorongan dari orang-orang terdekat sangat membantu dalam pembentukan karakter dan psikologis anak
Masyarakat harus diberi pemahaman tentang pentingnya sebuah pendidikan untuk menunjang masa depannya. Sehingga, tidak perlu khawatir akan mahalnya biaya pendidikan, karena pemerintah telah menyediakan berbagai macam beasiswa dan memberikan kemudahan-kemudahan lainnya seperti pembayaran kuliah untuk universitas negeri menggunakan sistem UKT yaitu pembayaran kuliah sesuai dengan penghasilan orang tua. yang terpenting ialah bagaimana cara kita memanfaatkan peluang yang ada dengan sebaik mungkin. Karena perkembangan iptek sudah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat, persaingan semakin ketat, dan kita tidak hanya bersaing dengan tenaga kerja yang ada didalam negeri saja bahkan yang berasal dari luar negeri. Oleh karena itu, harus mempersiapkannya mulai dari sekarang dengan menyusun strategi sebaik mungkin.
Jika masyarakat Indonesia banyak yang melanjutkan pendidikan maka akan menciptakan sumber daya manusia yang bermutu dan memiliki loyalitas yang tinggi, ingat bahwa pendidikan tidak hanya diperuntukan untuk kaum golongan atas saja, dan faktor ekonomi bukanlah penghambat untuk menempuh sebuah pendidikan. Sebab, setiap kalangan berhak mencicipi manisnya pendidikan.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di